Ini Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara Caesar

by

Jika tidak ada komplikasi terhadap kehamilan Anda, tentunya melahirkan secara normal jauh lebih aman daripada melahirkan secara operasi caesar. Tak hanya itu, melahirkan secara normal akan cenderung lebih tidak berisiko terhadap kehamilan-kehamilan Anda berikutnya, serta terhadap kesuburan Anda.

Akan tetapi, jika kehamilan Anda memiliki masalah yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal, maka melahirkan secara operasi caesar pun harus dilakukan. Yang perlu Anda ketahui, melahirkan secara operasi caesar ternyata memiliki manfaat dan risiko tersendiri.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Secara Caesar
via pixabay.com
Semua jenis operasi yang dilakukan dokter, pasti memiliki risiko sendiri-sendiri. Tak terkecuali operasi caesar. Operasi caesar termasuk dalam salah satu operasi mayor yang berada di daerah perut dan area pelvis. Operasi caesar tersebut biasanya dilakukan karena sebelumnya terdapat masalah pada kehamilan dan dilakukan guna menyelamatkan keduanya, baik ibu maupun sang bayi.

Nah, karena operasi caesar ini tergolong salah satu jenis operasi, tentunya terdapat manfaat dan risiko yang akan dihadapi. Berikut ini adalah beberapa risiko dan manfaat yang ada dalam melahirkan secara caesar.

Risiko melahirkan secara caesar:

1. Rasa sakit pasca operasi
Tentu saja rasa sakit pasca operasi akan Anda rasakan. Luka bekas operasi tersebut akan membutuhkan waktu lebih dalam proses penyembuhan, dibanding Anda melahirkan secara normal. Untuk menanggulangi itu, dokter biasanya akan memberikan obat untuk membantu proses penyembuhan tersebut.

2. Risiko adanya infeksi
Sebelum melakukan operasi caesar, Anda akan diberi beberapa antibiotik yang berfungsi untuk mencegah adanya infeksi. Namun terkadang, meski telah diberi beberapa antibiotik, Anda pun tetap terkena infeksi. Beberapa gejala infeksi bisa terjadi perdarahan, dan demam. Saat itu terjadi, alangkah baiknya bila Anda segera menghubungi dokter.

3. Adanya gumpalan darah beku
Beberapa operasi akan membentuk peluang di tubuh Anda dalam meningkatkan risiko adanya gumpalan darah beku. Gumpalan darah beku ini tak bisa disepelekan begitu saja. Gumpalan darah beku tersebut dapat menyumbat organ penting Anda, dan dapat mengganggu kerja organ Anda.

4. Adanya adhesi
Operasi caesar sangat mungkin membuat organ Anda mengalami adhesi. Adhesi adalah perlekatan antar satu organ dengan organ lainnya yang berbahaya, sebab mengganggu fungsi kerja organ satu dan lainnya.

5. Efek dari anastesi
Kebanyakan dari operasi caesar menggunakan anestesi epidural. Penggunaan anastesi epidural atau spinal tersebut memang lebih aman digunakan, tetapi memiliki efek samping yang cukup buruk bila tidak digunakan dengan bijaksana, yakni sakit kepala yang hebat, serta adanya efek jangka panjang berupa gangguan saraf.

Manfaat melahirkan secara caesar:

Ketika Anda merencanakan melahirkan secara caesar, berarti Anda telah mengetahui waktu kapan bayi Anda akan lahir. Anda tidak akan mengalami kontraksi, atau merasakan kesakitan karena kontraksi tersebut seperti yang dirasakan saat akan melahirakan secara normal. Operasi caesar pun akan membantu Anda untuk tidak mengalami slip uterus yang dapat mengakibatkan prolaps vagina.

Baca juga:
Melahirkan secara normal maupun secara operasi caesar dilakukan dengan tujuan masing-masing. Operasi caesar biasanya pun dilakukan bila melahirkan secara normal tidak memungkinkan untuk dilakukan. Anda dapat sebelumnya berkonsultasi dengan dokter Anda tentang adakah masalah yang akan Anda hadapi pada persalinan nanti, sehingga Anda harus melahirkan dengan melakukan operasi caesar atau tidak. Demikianlah beberapa manfaat dan risiko dari operasi caesar yang belum banyak orang ketahui. Semoga membantu! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *