10 Bahan Alami untuk Meredakan Panas Dalam

by

Anda mungkin tidak menyukai keadaan berkeringat. Tapi tahukah Anda, bila berkeringat adalah salah satu cara untuk membuang panas di dalam tubuh Anda secara alami. Temperatur normal tubuh manusia adalah 36 hingga 37 derajat celscius. Bila di atas itu, berarti panas tubuh Anda meningkat.

10 Bahan Alami untuk Meredakan Panas Dalam
Adapun faktor-faktor yang dapat menyebabkan panas di dalam tubuh meningkat diantaranya adalah paparan sinar matahari, baju yang terlalu ketat, aktivitas yang berlebihan, dan sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan secara alami untuk menurunkan panas tubuh Anda.

1. Air dingin
Ini adalah hal lazim yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Air memang akan membantu menurunkan panas tubuh. Ketika Anda merasakan panas tubuh tiba-tiba, segeralah untuk meminum segelas air dingin. Setelah itu, Anda bisa mengompres atau membasuh perlahan bagian-bagian tubuh Anda dengan air dingin tersebut.

2. Air kelapa
Minum air kelapa juga dapat membantu Anda untuk menurunkan panas tubuh. Tak hanya itu, air kelapa juga bebas kolesterol dan rendah kalori. Anda dapat meminum tiga hingga empat gelas air kelapa untuk membantu menurunkan panas tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi pisang. Pisang sangat kaya akan potassium, yaitu mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh.

3. Air lemon
Minum air lemon dapat membantu mengurangi panas tubuh. Lemon mengandung vitamin C yang baik untuk mengurangi panas tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi lemon juga dapat membantu menambah suplai vitamin C di dalam tubuh Anda.

4. Semangka
Ketika terjadi kenaikan panas tubuh, Anda dapat mengonsumsi buah semangka. Semangka mengandung banyak air yang dapat membantu mendinginkan tubuh. Semangka mengandung 95% air. Dan ketika panas tubuh Anda naik, tak ada salahnya untuk mengonsumsi semangka.

5. Jus mentimun
Selain semangka, timun juga merupakan salah satu yang bisa Anda gunakan untuk membantu menurunkan panas tubuh. Selain itu, timun juga membantu Anda untuk membuang zat racun yang ada di dalam tubuh dalam proses detoksifikasi. Mentimun merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori, rendah gula, rendah karbohidrat dam rendah lemak.

6. Lobak
Salah satu sayur yang bisa digunakan untuk menurunkan panas dalam adalah lobak. Lobak merupakan sayuran yang renyah. Meski tidak sepopuler timun, lobak memiliki khasiat yang sama untuk menurunkan panas tubuh. Selain itu, lobak memiliki kandungan vitamin C banyak dan bisa untuk mencukupi suplai vitamin C yang ada di tubuh Anda.

7. Peppermint
Sudah menjadi fakta bahwa mint dan peppermint merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk meredakan panas dalam. Setelah menggunakan bahan tersebut, Anda akan merasa segar kembali.

8. Delima
Kandungan air yang tinggi pada delima juga menjadi salah satu faktor yang baik untuk menurunkan panas tubuh. Delima sendiri merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain vitamin dan mineral, delima juga kaya akan zat antioksidan, potasium, dan zat anti-viral, dan juga anti-bakterial.

9. Tebu
Tebu juga membantu Anda untuk menurunkan panas tubuh. Anda dapat meminum air tebu untuk dapat menurunkan panas tubuh Anda.

10. Pisang

Seperti yang telah disebutkan di atas, pisang memang memiliki kandungan vitamin C yang banyak dan juga mineral yang banyak pula. Pisang juga merupakan salah satu buah yang dapat membantu dalam menurunkan panas dalam secara alami. (mw/kr)

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *