10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mata

by

Selain buku, mata adalah juga jendela dunia. Tentunya Anda harus menjaga sepasang organ tersebut agar tetap sehat dan tak bermasalah. Untuk menjaga kesehatan mata, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan.

10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Mata
Selain itu, Anda dapat menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak mata. Nah, di bawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat hindari agar Anda dapat menjaga kesehatan mata Anda. Apa saja?

1. Bekerja di bawah lampu remang-remang
Hal tersebut dapat merusak mata Anda. Mengapa demikian? Mata Anda akan bekerja lebih keras untuk menjaga agar Anda tetap melihat dalam cahaya yang kurang saat bekerja di bawah lampu yang remang. Lama kelamaan hal tersebut akan mengganggu dan merusak mata Anda.

2. Membaca di bawah lampu yang kurang terang
Sama halnya dengan bekerja di bawah lampu yang remang, membaca di lampu yang kurang terang pun dapat merusak mata Anda. Jika Anda ingin membaca, pastikan Anda mendapat cahaya lampu yang cukup terang, sehingga Anda dapat membaca dengan nyaman, dan mata Anda pun akan terjaga.

3. Menatap matahari secara langsung
Hindari menatap matahari secara langsung karena itu berbahaya. Gunakan selalu kacamata hitam yang memang memiliki proteksi terhadap sinar ultraviolet bila Anda berkegiatan siang yang mengharuskan Anda untuk menatap matahari. Sebab, cahaya matahari yang mengandung sinar ultraviolet dalam kadar yang tinggi akan merusak retina Anda.

4. Menggunakan lensa kontak saat tidur
Hal tersebut seharus Anda hindari, kecuali bila dokter menganjurkan Anda untuk tetap menggunakan lensa kontak saat tidur. Sebab, mata Anda harus tetap dapat mengalirkan oksigen meskipun Anda sedang tidur. Bila Anda menggunakan lensa kontak, pengaliran oksigen tersebut bisa terganggu.

5. Menggunakan lensa kontak saat berenang
Jangan menggunakan lensa kontak saat berenang. Mengapa demikian? Karena kolam renang mengandung banyak parasit dan bakteri, bila ada yang sampai masuk ke mata, lensa kontak akan menjadi salah satu tempat untuk bertumbuhnya bakteri dan parasit tersebut. Gunakan kacamata renang bila perlu.

6. Jangan mengucek mata
Kadang, bila gatal, tangan Anda akan tiba-tiba mengucek mata untuk meredakan gatal tersebut. Jangan melakukan kebiasaan ini. Sebab, pembuluh darah di bawah kelopak mata Anda akan rusak bila Anda menguceknya.

7. Menatap layar komputer atau posel terlalu lama
Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama juga dapat merusak mata Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan mata Anda kering. Sering-seringlah mengistirahatkan mata Anda bila Anda diharuskan untuk menatap komputer atau ponsel dalam waktu yang lama. 

Baca juga: 10 Tips Sederhana Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

8. Menggunakan obat tetes mata yang salah
Jangan sembarangan menggunakan obat tetes mata yang Anda temui di apotek begitu saja. Ada baiknya Anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter mata Anda untuk pilihan obat tetes mata yang seperti apa yang harus Anda gunakan.

9. Menggunakan maskara yang terlalu lama
Kosmetik Anda mengandung bahan-bahan kimia yang memiliki waktu dan tanggal kadaluarsa. Cek maskara Anda, bila sudah saatnya kadaluarsa, Anda harus membuangnya, karena bila Anda memakainya, mata Anda bisa saja terkontaminasi.

10. Tidak mengunjungi dokter mata bila ada masalah pada mata
Kebanyakan orang akan lebih sering mengunjungi apotek untuk membeli obat tetes mata bila masalah pada mata terjadi, daripada mengunjungi dokter mata. Anda harus terlebih dahulu mengunjungi dokter mata bila ada masalah di mata Anda, agar mendapat solusi yang tepat.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan negative yang dapat membahayakan kesehatan mata. Mata adalah organ vital dari tubuh Anda. Untuk itu, menjaga mata adalah suatu keharusan dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti yang tertulis di atas. (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *