10 Manfaat Menakjubkan Tangkai Seledri untuk Kesehatan

by

Biasanya Anda menggunakan daun seledri untuk pelengkap masakan ataupun sebagai bahan masakan yang akan menjadikan sajian Anda nantinya lezat dan menggugah selera. Tahukah Anda bila ternyata tak hanya daunnya, Anda juga bisa memiliki manfaat yang luar biasa dari tangkai seledri.

10 Manfaat Menakjubkan Tangkai Seledri untuk Kesehatan
Adapun beberapa khasiat tangkai seledri diantaranya untuk meredakan peradangan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Apa saja itu? Berikut 10 manfaat menakjubkan tangkai seledri untuk kesehatan.

1. Melancarkan pencernaan
Seledri kaya akan air dan mineral yang membantu penyerapan nutrisi makanan yang dilakukan oleh usus pada sistem pencernaan Anda. Tangkai seledri pun memiliki banyak kandungan air sehingga sama bermanfaatnya seperti daun seledri. Tangkai seledri bermanfaat pula untuk mencegah konstipasi.

2. Meredakan peradangan
Tangkai seledri memiliki kandungan zat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dapat digunakan untuk peradangan yang disebabkan oleh luka. Selain itu, seledri juga memiliki zat yang dapat membantu memunculkan hormon kortison dari dalam tubuh. Hormon kortison yaitu hormon yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan yang terjadi.

3. Mencegah hilangnya memori
Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi seledri dapat mencegah kanker. Selain itu zat luteolin yang ada dalam seledri juga mampu mengobati peradangan, dan juga membantu otak mencegah hilangnya memori.

4. Menurunkan tekanan darah
Seledri memiliki kandungan zat potasium yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Selain itu zat tersebut juga membantu untuk merelaksasikan pembuluh darah Anda.

5. Mengurangi kolesterol jahat
Seledri juga dipercaya membantu untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Kandungan fiber atau serat yang tinggi dapat membantu mengurangi adanya kolesterol jahat pada tubuh yang juga disebut LDL. Phthalide, yaitu senyawa kimia yang ada dalam seledri pun juga berkontribusi terhadap pengurangan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

6. Menghidrasi tubuh Anda
Hidrasi tubuh adalah salah satu poin penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan metabolisme Anda. Seledri yang memang mengandung banyak kandungan air berperan penting untuk mengurangi dehidrasi, dan dapat pula menghindarkan Anda dari kulit kering, sakit kepala, sembelit atau konstipasi, kram otot, pusing, dan juga kelelahan akibat aktivitas yang berlebih.

7. Membantu menurunkan berat badan
Seledri kaya akan serat. Itulah mengapa jika mengonsumsi seledri kana memberikan sensasi kenyang dan juga akan mencegah rasa lapar Anda. Seledri juga sangat rendah kalori. Seledri dapat Anda gunakan untuk diet rendah kalori dan membantu menurunkan berat badan Anda.

8. Meningkatkan imunitas tubuh
Yang menarik lagi dari seledri adalah tanaman ini kaya akan zat antioksidan flavonoid yang dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas, mencegah sakit, dan juga membantu dalam pencegahan penyakit kanker. Mengonsumsi seledri secara rutin dapat berfungsi sebagi pelindung tubuh Anda.

9. Menghasilkan minyak atsiri
Minyak atsiri adalah salah satu minyak yang dihasilkan dari ekstraksi tanaman seledri yang sangat baik digunakan saat keadaan gugup dan dapat pula digunakan untuk mengobat osteoarthritis. Anda dapat membuat ekstraksi sendiri dari seledri ini atau dapat pula membeli minyak atsiri di toko-toko obat terdekat.

10. Mengurangi kerontokan rambut
Seledri ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kesehatan kulit kepala. Menggunakan daun seledri beserta tangkai seledri dapat membantu Anda mencegah kerontokan rambut. Seledri juga berkhasiat untuk memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok.

Nah, itulah 10 khasiat mujarab tangkai seledri untuk kesehatan tubuh. Terbukti kan kalau tanaman seledri tak hanya daunnya saja yang bermanfaat, tetapi juga tangkainya. Siap untuk mencoba ramuan tangkai seledri yang bermanfat tersebut? Selamat mencoba ya! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *