10 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung

by

Mengenakan gaun ke acar pesta dengan gaun yang agak terbuka punggungnya akan membuat Anda kelihatan cantik dan elegan. Tapi, beberapa perempuan terkadang tak percaya diri dengan model baju seperti itu karena masalah yang ada di punggung. Ya, terkadang muncul jerawat di punggung karena keringat, atau kotoran atau minyak berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Hal tersebut justru akan mengganggu penampilan karena punggung tak mulus lagi.

Tak hanya mengganggu, kadang perempuan yang mengalami jerawat di punggung atau biasa juga disebut bacne (back acne) merasa sakit dan gatal bila jerawat tersebut meradang. Keadaan tak nyaman pun tentunya akan menghantui. Apa lagi jika jerawat tersbeut pecah dan menimbulkan bekas luka yang bertahan lama, yang dapat membuat punggung tak secantik semula. Tapi jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa cara untuk mencegah jerawat dari meletus dan untuk menghilangkan jerawat yang ada di punggung serta mencegahnya agar tak kembali lagi.

1. Perhatikan pakaian Anda
Bila Anda termasuk seseorang yang memproduksi banyak kelenjar keringat, mulai sekarang Anda harus mulai memperhatikan pakaian yang Anda kenakan. Keringat yang menutup pori dapat menyebabkan jerawat di punggung. Pilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat. Saat berolah raga, pilihlah pakaian yang berbahan katun atau kaos, yang dapat menyerap keringat yang Anda keluarkan saat berolah raga dengan baik.

2. Hati-hati saat menggunakan pelembut pakaian
Pelembut pakaian memang berfungsi untuk melembutkan pakaian Anda saat dicuci, namun pelembut pakaian juga dapat meninggalkan bahan-bahan kimia yang justru merusak atau memperburuk kondisi kulit Anda. Pastikan untuk membilas sampai bersih pakaian Anda saat mencucinya agar bahan-bahan kimia tersebut tak tertinggal.

3. Hilangkan juga ketombe di rambut Anda
Bakteri berjalan dari kepala, lalau ke leher, kemudian ke punggung. Bila Anda tidak membesihkan ketombe di kulit kepala Anda, bisa jadi bakteri dari ketombe tersebut akan bergerak menuju punggung dan menyebabkan jerawat di sana.

4. Ikat rambut panjang Anda
Hairspray dan segala bahan kimia yang Anda gunakan untuk merawat rambut bisa menjadi salah sebab yang dapat menyebabkan jerawat di punggung. Maka, ikat rambut Anda agar helai-helai rambut Anda tidak mengenai punggung, dan tak menyebabkan jerawat.

5. Segera mandi setelah berolahraga
Setelah berolahraga, segeralah mandi, untuk menghilangkan keringat yang melekat di tubuh. Keringat-keringat tersebut tentunya akan membuat jerawat di punggung Anda bila tidak segera dibilas dengan air dan sabun.

6. Perhatikan asupan makanan Anda
Seperti jerawat yang ada di wajah, Anda harus dapat mengurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Seperti asupan makanan berminyak atau yang mengandung lemak jahat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

7. Gosok perlahan punggung Anda
Beri gosokan yang lembut sesekali pada punggung Anda. Hal tersebut akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori, yang justru bisa menimbulkan jerawat.

8. Gunakan sabun dengan kandungan antibakteri
Salah satu pencegahan agar jerawat tak mengganggu punggung Anda adalah dengan tidak menggunakan sembarang sabun. Gunakan sabun antibakteri yang baik untuk kulit, sehingga akan mencegah timbulnya bakteri yang dapat menumbuhkan jerawat di punggung Anda.

9. Gunakan produk yang benar-benar membasmi jerawat
Bila sabun antibakteri saja tak cukup, Anda bisa menggunakan produk-produk yang bisa menghilangkan jerawat, seperti yang mengandung salisil.

10. Kunjungi Dermatologis
Bila jerawat semakin parah, kunjungi dokter kulit atau dermatologis. Kulit setiap orang memiliki karakter sendiri-sendiri, biarkan dokter Anda yang memberikan treatment atau pengobatan yang tepat untuk masalah jerawat di punggung Anda.

Tips-tips di atas akan membantu Anda untuk menghilangkan jerwat di punggung, serta mengembalikan rasa percaya diri Anda, sehingga Anda tak lagi takut mengenakan gaun pesta favorit Anda. Selamat mencoba! (mw/kr)


Baca juga seputar tips jerawat lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *