7 Jenis Kanker Mematikan yang Hanya Menyerang Wanita

by

Selain serangan jantung, kanker merupakan penyakit kedua terbesar di dunia yang menyebabkan kematian pada wanita. Di berbagai belahan dunia, kaum wanita harus berjuang melawan sekitar 6-7 jenis kanker, salah satunya yang paling berbahaya adalah kanker payudara.

Sementara itu, kanker paru-paru mempengaruhi lebih dari 10 ribu wanita setiap tahunnya, diikuti kanker kolorektal dan kanker ovarium. Khusus untuk wanita Asia Pasifik, termasuk Indonesia, kanker uterus adalah jenis kanker yang banyak merenggut nyawa, yaitu lebih dari 2.000 jiwa tiap tahunnya.

7 Jenis Kanker yang Hanya Menyerang Wanita
Kanker merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapapun, baik pria maupun wanita. Namun ada jenis kanker tertentu yang berisiko lebih tinggi hanya dialami kaum wanita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu melakukan medical checkup secara rutin. Berikut jenis-jenis kanker yang umumnya hanya diderita oleh wanita.

1. Kanker Serviks

Jenis kanker ini disebabkan karena aktivitas seksual di usia dini, berganti-ganti pasangan, serta daya tahan tubuh yang lemah. Selain itu, infeksi HIV juga penyebab lain kanker serviks pada wanita. Selengkapnya: Ini Gejala Kanker Serviks yang Anda Tahu

2. Kanker Payudara

Faktor keturunan atau genetik dan kehamilan di usia lanjut adalah beberapa penyebab utama kanker payudara pada wanita. Jika ingin terhindar dari kanker ini, deteksi dini sangat penting dilakukan. Para wanita juga harus rutin melakukan pengecekan kondisi payudara mereka agar terhindar dari ancaman penyakit ini.

3. Kanker Usus

Kanker usus adalah jenis kanker yang mempengaruhi banyak wanita di dunia. Kanker usus juga mempengaruhi orang yang mempunyai polip di usus dan rektum. Di samping itu, penyakit ini juga berisiko dialami wanita yang mempunyai radang usus, kelebihan berat badan, dan sering mengonsumsi makanan berlemak.

4. Kanker Ovarium

Kanker tipe ini biasanya diderita wanita berusi 55 tahu ke atas. Wanita yang tidak bisa memiliki anak serta wanita yang punya anak pertama di usia lebih dari 30 tahun juga berisiko tinggi terkena kanker ovarium.

5. Kanker Kulit

Menurut penelitian terbaru, wanita yang memiliki kulit putih serta rambut pirang yang kerap berada di bawah sinar matahari berisiko tinggi terserang kanker kulit. Adapun penyebab lain jenis kanker ini dikarenakan anggota keluarga pernah menderita melanoma.

6. Kanker Paru-Paru

Tidak hanya pada orang yang merokok, penyakit ini juga bisa diderita orang sama sekali tidak bersentuhan dengan rokok. Wanita yang terkena kanker paru-paru biasanya menjadi perokok pasif dalam waktu yang lama. Statistik menunjukkan bahwa 8 dari 10 wanita berpotensi terkena kanker paru-paru karena kebiasaan merokok yang dilakukan pasangan mereka.

7. Kanker Endometrium

Jenis kanker mematikan ini umumnya mempengaruhi wanita berumur 55 tahun ke atas. Penyebab kanker endometrium biasanya karena riwayat infertilitas, keterlambatan menopause, tidak pernah melahirkan, dan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Nah, itu tadi beberapa jenis kanker yang hanya diderita oleh kaum wanita. Sebelum terlambat, lakukan pengecekan kesehatan secara teratur. Selain itu, melakukan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi juga sangat dianjurkan untuk mencegah jenis-jenis kanker tersebut. (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *