10 Cara Ampuh Mencegah Batu Ginjal Secara Alami

by

Batu ginjal adalah penyakit yang tak bisa Anda biarkan begitu saja. Ketika bahan kimia tertentu dalam urin menjadi terlalu terkonsentrasi, mereka membentuk kristal yang dikenal sebagai batu ginjal. Lama kelamaan, batu terbentuk ketika kalsium oksalat menggabungkan diri dengan fosfor.

Tak hanya itu, batu ginjal juga dapat terjadi karena asam urat yang berlebih yang dapat menimbulkan adanya tibunan batu. Menurut studi, kaum pria lebih rentan terhadap batu ginjal dibandingkan wanita dan mereka yang paling mungkin terjadi antara usia 20 dan 40 tahun.

10 Cara Ampuh Mencegah Batu Ginjal Secara Alami
Rasa sakit akibat batu ginjal umumnya dapat tak tertahankan dan sering datang. Biasanya batu-batu kecil melewati tubuh Anda dengan air seni tanpa menyebabkan banyak masalah, tetapi saat mereka tumbuh menjadi bentukan yang lebih besar, mereka bisa terjebak di suatu tempat di saluran kemih Anda dan bahkan menghalangi aliran urin.

Batu-batu besar itu bahkan dapat merusak saluran kemih dan dapat menimbulkan peradangan. Hal itulah yang justru berbahaya. Nah, sebelum semuanya terlambat, beberapa cara sehat berikut ini bisa Anda coba untuk menghindarkan diri Anda dari penyakit batu ginjal.

1. Minum cukup air

Asupan air yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada ginjal dan bahkan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi terkena dan terinfeksi batu ginjal. Asupan air yang baik membantu ginjal memproses sisa metabolisme dengan menyiram sisa tersebut keluar dari tubuh.

Menurut National Kidney Foundation, konsumsi cairan yang tinggi secara signifikan mengurangi risiko batu ginjal. Warna urin Anda dapat memberikan petunjuk tentang cairannya. Urine biasanya memiliki warna kuning gelap di pagi hari karena penumpukan produk limbah yang dihasilkan tubuh Anda dalam semalam.

2. Makan makanan yang kaya kalsium untuk mengurangi tingkat oksalat
Kurang kalsium dalam diet Anda meningkatkan timbunan oksalat dalam tubuh, yang dapat menyebabkan batu ginjal. Diet kalsium oksalat dengan mengikatnya di usus Anda, dapat mencegah terjadinya timbunan batu ginjal. Sebuah studi tahun 1997 yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine mencatat bahwa asupan tinggi kalsium membantu mengurangi risiko batu ginjal.

3. Batasi kandung oksalat dalam tubuh Anda
Mengonsumsi makanan yang kaya oksalat dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Oksalat mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh Anda, yang pada gilirannya membentuk batu kalsium oksalat. Beberapa makanan yang kaya oksalat adalah bayam, kangkung, ubi, seledri, cokelat, susu kedelai, dan strawberi.

4. Batasi asupan garam untuk mengurangi tingkat sodium dalam tubuh

Makanan yang kaya natrium dapat mendukung pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan kandungan kalsium dalam urin Anda. Hal ini juga meningkatkan jumlah protein urin, yang dapat menyebabkan penyakit ginjal. Makan diet rendah sodium untuk mengurangi risiko batu ginjal. Jumlah yang disarankan yakni kandungan garam tidak lebih dari 5 gram per hari.

5. Batasi asupan gula dan pemanis buatan
Minuman yang memiliki kadar gula tinggi, termasuk dari sirup jagung yang tinggi fruktosa, juga dapat menyebabkan batu ginjal. Asupan gula yang tinggi mungkin menyebabkan ketidakseimbangan hubungan mineral dengan mengganggu penyerapan kalsium dan magnesium.

Dalam beberapa kasus, fruktosa dapat dimetabolisme menjadi oksalat. Selain itu, pemanis buatan yang tidak baik untuk ginjal Anda karena mereka berkontribusi pada penurunan fungsi ginjal.

6. Batasi konsumsi daging merah

Protein memang baik untuk kesehatan Anda, tetapi asupan yang berlebihan dari daging merah dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit ginjal. Asupan protein yang tinggi meningkatkan beban metabolik pada ginjal, dan ginjal mungkin menjadi tidak dapat memetabolisme dan mengeluarkan nitrogen dari pencernaan protein.

7. Latihan harian untuk menjaga berat badan
Kelebihan berat badan meningkatkan risiko batu ginjal, sehingga latihan fisik dalam rutinitas harian Anda sangat diperlukan untuk mengurangi berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Selanjutnya, obesitas dikaitkan dengan diet yang tidak sehat, yang sering kali berisi makanan berlemak, gula halus dan asupan cairan yang rendah. Semua ini buruk bagi ginjal Anda.

8. Hindari soda dan minuman berkarbonasi

Soda mengandung asam fosfat yang yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Minuman tersebut bahkan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis.

9. Hindari penggunaan air yang berfluoride

Minum air fluoride juga dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Sebuah studi 2001, menunjukkan bahwa air minum dengan tingkat fluoride yang tinggi dikaitkan dengan batu ginjal.

10. Makan banyak buah dan sayuran
Makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Sebagian besar buah dan sayuran kaya akan magnesium, serat, kalium, sitrat dan antioksidan yang dapat membantu mencegah batu ginjal.

Baca juga:
Nah, itu tadi beberapa tips alami menjaga kesehatan ginjal. Menerapkan pola hidup sehat merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Kurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan penimbunan kristal-kristal batu dalam ginjal Anda. (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *