10 Cara Alami untuk Menyembuhkan Eksim

by

Eksim adalah salah satu jenis penyakit kronis yang menyebabkan peradangan pada kulit. Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui tetapi bisa dipicu oleh stres yang berlebihan, alergi, iritasi, mikroba, perubahan cuaca, perubahan hormonal dalam tubuh dan faktor lainnya.

Gejala eksim biasanya kulit berwarna kemerahan, gatal, kekeringan, ruam dan gelap, patch kasar. Seringkali eksim meninggalkan bekas luka yang jelek dan membutuhkan banyak waktu untuk menghilangkan luka tersebut.

10 Cara Alami untuk Menyembuhkan Eksim
Selain obat-obatan yang biasa Anda gunakan atau lotion, Anda pun dapat mencoba beberapa pengobatan alami yang mudah untuk menghilangkan bekas luka eksim. Perawatan ini dapat memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dan gatal yang terkait dengan eksim dan meringankan atau menghilangkan bekas luka dari eksim yang tak sedap dipandang.

Nah, berikut ini adalah 10 bahan alami yang dapat Anda temukan di sekitar Anda untuk membantu menyembuhkan serta menghilangkan bekas luka eksim.

10 Obat Herbal untuk Menyembuhkan Eksim

1. Madu

Madu digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit termasuk eksim. Sifat menenangkan, antiseptik dan antibakteri dalam madu dapat mengurangi eksim dan menyembuhkan bekas luka eksim untuk sebagian besar luka yang dihasilkan. Secara rutin, Anda dapat menerapkan madu langsung ke daerah kulit yang terkena setelah mencuci luka tersebut secara menyeluruh.

Anda juga dapat membuat scrub dengan menggunakan madu dan gula yang mengkristal. Menggosok daerah yang terkena eksim dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian bilas. Lakukan ini beberapa kali seminggu sampai bekas luka benar-benar hilang.

Simak juga: Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Diet Madu

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengurangi eksim serta bekas luka eksim. Campur dua sendok teh cuka sari apel tanpa filter dan madu mentah dalam segelas air dan minum tiga kali sehari. Cara ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang secara bertahap akan mengurangi peradangan kulit dan jaringan parut.

Anda juga dapat menerapkan cuka sari apel langsung ke kulit dengan mencampur satu bagian cuka dan satu bagian air. Ini akan membantu mengurangi rasa gatal dan kekeringan.

3. Daun nimba

Daun nimba juga adalah salah satu yang terbaik yang bisa Anda gunakan untuk eksim karena membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan. Campurkan satu sendok makan setiap daun nimba yang telah dihancurkan dan kunyit. Tambahkan minyak wijen sedikit ke campuran. Anda dapat menerapkannya pada daerah yang terkena dan biarkan selama setidaknya 30 menit sebelum membilasnya

4. Oatmeal

Luluran memakai oatmeal teratur akan membantu menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Oatmeal juga mengandung zat-zat pembersih alami yang mengurangi bekas luka. Caranya, Anda dapat menggiling 1-2 cangkir oatmeal dalam blender atau penggiling kopi dan menambahkannya untuk menghangatkan air mandi. Rendam tubuh Anda dalam mandi oatmeal selama 20 sampai 30 menit. Keringkan kulit Anda menggunakan handuk yang sangat lembut.

5. Lidah buaya

Bahan alami lain yang populer untuk bekas luka eksim adalah lidah buaya. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam lidah buaya dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh eksim dan secara bertahap meringankan bekas luka gelap. Oleskan gel lidah buaya langsung ke daerah-daerah yang terkena eksim. Lakukan ini beberapa kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

6. Baking soda

Baking soda dapat digunakan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan gatal-gatal. Bahkan, baking soda juga membantu mengurangi gatal. Cobalah untuk memanfaatkan baking soda untuk menyembuhkan penyakit eksim yang Anda derita.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki efek anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu meringankan gejala eksim. Minyak zaitun pun dapat melembutkan kulit, mengurangi kemerahan dan memudar bekas luka. 
Kandungan asam dari jeruk nipis bertindak sebagai antiseptik alami yang dapat meringankan bekas luka eksim tua. Vitamin C hadir dalam jeruk nipis juga membantu tubuh Anda membuat sel-sel kulit baru dan mencerahkan warna kulit.

9. Cocoa butter

Cocoa butter sering dianggap sebagai salep restoratif untuk kulit yang dapat meringankan bekas luka gelap. Terapkan cocoa butter murni pada bekas luka setiap hari dan dari waktu ke waktu Anda akan melihat bekas luka tersebut semakin hilang.

10. Minyak ikan

Asupan minyak ikan juga dapat membantu menyembuhkan bekas luka eksim. Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan juga menyembuhkan gejala inflamasi yang terkait dengan eksim.

Nah, itu tadi beberapa cara ampuh menyembuhkan penyakit eksim secara alami. Untuk menyingkirkan penyakit ini, kuncinya adalah sabar dan telaten melakukan pengobatan hingga penyakit tersebut benar-benar sembuh. Selamat mencoba! (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • menghilangkan bekas eksim dengan kunyit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *