10 Cara Ini Ampuh untuk Memperkuat Lutut

by

Lutut adalah sendi terbesar dalam tubuh. Sendi ini memberikan topangan yang stabil untuk seluruh tubuh Anda. Lutut juga memberikan fleksibilitas dan stabilitas di kaki Anda sehingga Anda dapat berdiri, berjalan, berlari, berjongkok, melompat dan berbalik dengan mudah.

Itu sebabnya, penting untuk menjaga lutut Anda kuat dan sehat. Lutut menjadi lemah seiring dengan bertambahnya usia, tapi masalah lutut bisa dialami oleh siapapun pada usia berapa pun. Lutut lemah dapat mempengaruhi mobilitas Anda dan membuat sulit bagi Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

10 Cara Ini Ampuh untuk Memperkuat Lutut
Biasanya, lutut lemah dapat terjadi sebagai akibat dari cedera atau ketegangan pada lutut, kekurangan gizi, gaya hidup dan asupan natrium berlebih, merokok atau minum minuman beralkohol. Masalah lutut juga dapat disebabkan oleh osteoarthritis pada lutut, yang dihasilkan dari keausan pada bagian-bagiannya.

Jika Anda menderita lutut yang lemah atau sakit, Anda dapat mengubah gaya hidup dan pola makan untuk memperkuat lutut Anda. Nah, di bawah ini adalah tips-tips yang terbukti ampuh untuk memperkuat lutut Anda.

1. Latihan penguatan lutut

Ada banyak latihan yang berguna untuk menguatkan lutut lemah. Latihan tersebut membantu memperkuat otot-otot sekitar sendi, memelihara agar sendi bekerja dengan selaras dan posisi serta memperkuat tulang di lutut Anda. Beberapa latihan yang baik untuk lutut meliputi sit-up, lunges, squats single-foot, hamstring membentang dengan paha terkontraksi, menekuk lutut dan jongkok dengan menggunakan media bola. Untuk hasil terbaik, cobalah untuk 30 menit latihan lutut penguatan setidaknya 4 atau 5 kali seminggu.

2. Pijat

Terapi pijat adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk menambahkan kekuatan lutut dan mengatasi nyeri lutut Anda. Pijat biasa membantu meningkatkan sirkulasi sehingga lebih banyak nutrisi mencapai otot dan sendi untuk membuat mereka lebih kuat.

3. Garam

Orang yang memiliki lutut lemah atau menderita nyeri lutut karena kondisi seperti osteoporosis dan rheumatoid arthritis sering memiliki kandungan magnesium yang rendah. Dalam situasi seperti itu, garam dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dengan memberikan asupan magnesium yang cukup. Larutkan 2 sendok makan garam dengan setengah cangkir air hangat. Gunakan kain lap, dan oleskan pada lutut dan menunggu 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

4. Berenang

Berenang adalah latihan aerobik yang dapat diterapkan untuk lutut lemah. Hal ini memungkinkan Anda untuk berolahraga lutut dengan sedikit tekanan pada sendi, sehingga cara ini bisa menjadi opsi yang bagus untuk orang yang menderita nyeri lutut atau arthritis.

5. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan defisiensi zat tersebut justru yang dapat menyebabkan penipisan dan melemahnya tulang dan osteoporosis. Karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium alami, sumber makanan dan suplemen adalah pilihan terbaik untuk mencegah defisiensinya.

6. Vitamin D

Untuk tulang yang optimal dan kesehatan sendi, vitamin D dianggap sebagai nutrisi yang tak boleh sampai habis di ambang batas. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan hilangnya kekuatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Tubuh tidak dapat menyerap kalsium yang cukup tanpa jumlah yang cukup vitamin D.

7. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang disebut eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dapat membantu memperkuat sendi lutut dan meningkatkan kepadatan tulang. Bahkan dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi karena sifat anti-inflamasi.

8. Vitamin C

Vitamin C penting dalam pembentukan kolagen, komponen utama dari tulang rawan lutut. Hal ini penting untuk sintesis kolagen, kualitas matriks tulang dan perkembangan tulang yang normal. Selanjutnya, vitamin esensial ini meningkatkan kepadatan massa tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

9. Berat badan yang normal

Semakin tubuh Anda berat, sendi Anda harus bekerja berat pula. Jika Anda kelebihan berat badan, lutut akan menjadi lemah karena stres membawa beban berat. Selain itu, obesitas meningkatkan risiko lutut atau penggantian pinggul.

10. Makanan anti-inflamasi

Lutut Anda dapat menjadi lemah dan sakit karena peradangan. Untuk melawan peradangan dan pembengkakan, tambahkan makanan dengan sifat anti-inflamasi atau anti-oksidan yang tinggi.

Nah, itulah beberapa cara dan makanan yang berguna untuk memperkuat lutut Anda. Selain makanan dan trik di atas yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat tulang Anda, jangan lupa untuk selalu terus berolahraga untuk menjaga lutut Anda tetap fleksibel dan lentur. (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara menambah sumsum lutut
  • cara mengatasi lutut lemas
  • cara pengobatan buat lutut yang lemas
  • cara melatih dengkul
  • cara biar dengkul berisi
  • tulang tempurung lutut lemah
  • cara agar tulang lutut tudak letoy
  • cara agar lutut lebih kuat setelah cedera
  • cara agar lutut kuat
  • Cara agar dengkul tidak lemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *