10 Cara Ini Terbukti Ampuh Mengusir Kantuk

by

Dalam pengertian simpel, mengantuk berarti merasa ingin merebahkan tubuh karena perlahan mata sudah ingin memejam dan tak bisa lagi diajak untuk berkompromi. Orang merasa mengantuk bisa jatuh tertidur pada waktu yang tidak tepat. Kondisi ini juga disebut hipersomnia.

Mengantuk paling sering disebabkan karena tidur yang tidak berkualitas atau kurang tidur. Bahkan, siang hari mengantuk yang berlebihan dapat menjadi tanda gangguan tidur. Keadaan emosional termasuk depresi, kecemasan, stres dan kebosanan juga bisa menyebabkan seseorang sering merasa mengantuk.

10 Cara Ini Terbukti Ampuh Mengusir Kantuk
Tak hanya itu, mengantuk juga dapat menjadi efek samping dari obat tertentu. Penyebab lainnya dari mengantuk yaitu pola makan yang buruk, gangguan makan, sakit kronis, kurang olahraga, penyalahgunaan alkohol, diabetes dan tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme). Beberapa gejala mengantuk berat di siang hari biasanya lesu, gampang marah, pelupa dan kurang energi.

Mengantuk tentunya dapat mempengaruhi produktivitas Anda dan bahkan menyebabkan kerugian waktu dalam kehidupan pribadi Anda. Dengan perubahan gaya hidup, pola makan yang sehat dan pola tidur yang tepat, Anda sebenarnya dapat dengan mudah melawan rasa kantuk. Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk melawan rasa kantuk.

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kantuk Hebat

1. Berkomitmen untuk menyusun jadwal tidur yang teratur
Kurang tidur dan tidur terganggu adalah dua alasan utama di balik kantuk di siang hari. Oleh karena itu, pengaturan jadwal tidur yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah siang mengantuk. Tidur yang tepat bahkan akan membantu melawan energi yang rendah, kelelahan, depresi dan stres.

2. Mulailah hari dengan berjemur di bawah sinar matahari
Anda harus mendapatkan sinar matahari setiap hari dan setiap pagi. Ini akan membantu Anda tetap waspada dan energik sepanjang hari dan melawan kantuk di siang hari. Bahkan, sinar matahari membantu mengatur siklus tidur-bangun karena membantu mendaftar otak Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun.

3. Basuh wajah Anda dengan air dingin
Setiap kali Anda merasa mengantuk, percikan air dingin pada wajah Anda. Perubahan suhu yang mendadak membantu menghilangkan perasaan mengantuk dan meningkatkan tingkat energi Anda serta fokus mental. Setelah percikan wajah Anda dengan air dingin, berdiri di depan AC, terapi ini bahkan lebih efektif.

4. Minum teh hijau setelah bangun tidur
Teh hijau memberikan Anda dorongan energi dan stamina yang berlangsung berjam-jam dan mencegah rasa kantuk. Hal ini bahkan efektif untuk memerangi kelelahan dan stres sementara meningkatkan fokus mental. Selain itu, polifenol di dalamnya membantu mempromosikan tidur yang lebih baik.

5. Minum air lemon

Minum air lemon di pagi hari adalah cara lain yang sangat baik untuk menyingkirkan kantuk di siang hari. Ini membantu menjaga tubuh terhidrasi dan membuang racun berbahaya. Dehidrasi mempengaruhi oksigenasi otak, membuat Anda merasa lebih lelah dan mengantuk di siang hari.

6. Makan sarapan sehat dan kue

Untuk mencegah rasa kantuk di siang hari, jangan pernah melewatkan sarapan. Makan sarapan namun ringan yang sehat akan membuat Anda tetap aktif di pagi hari dan lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari Anda. Selain itu, melewatkan sarapan berarti gula darah Anda akan rendah di tingkat pagi dan energi pun akan ikut rendah.

7. Olahraga di pagi hari

Olahraga teratur selama 30 menit, 5 kali seminggu, dapat sangat membantu meningkatkan kewaspadaan dan energi dan melawan kantuk di siang hari. Hal ini juga meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Latihan di luar ruangan memberikan manfaat paling besar bagi tubuh Anda.

8. Nikmati aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu mengurangi mengantuk di siang hari serta sifat mudah marah, energi rendah, kelelahan dan sakit kepala. Beberapa yang terbaik dari minyak esensial untuk aromaterapi termasuk rosemary, basil dan peppermint dapat Anda coba untuk mengatasi hal tersebut.

9. Konsumsi makanan kaya omega-3

Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda waspada secara mental sepanjang hari. Selain itu, asam lemak omega-3 akan membantu Anda untuk menceah dan melawan kantuk di siang hari.

10. Hindarai makanan yang menyebabkan kantuk 

Seiring dengan makan sehat, Anda perlu menyadari dari makanan yang menyebabkan mengantuk dan kemudian menghindarinya. Hindari pasta, kentang, dan nasi putih di siang hari karena mereka membuat Anda mengantuk. Hindari minuman berkafein di pagi hari.

Nah, itu tadi beberapa cara ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Anda dapat mulai mengatur pola hidup sehat untuk harian Anda sehingga hidup Anda lebih produktif. Alhasil, Anda akan terhindar dari rasa kantuk serta memiliki kualitas tidur yang baik. Selamat mencoba! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *