10 Makanan yang Berkhasiat Membersihkan Hati

by

Hati atau liver adalah salah satu organ vital tubuh. Hati bertanggung jawab dalam berbagai fungsi penting yang berhubungan dengan pencernaan, metabolisme, imunitas dan penyimpanan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup.

Selain itu, hati adalah kelenjar yang mengeluarkan bahan kimia yang dibutuhkan oleh bagian lain dari tubuh. Bahkan, hati adalah satu-satunya bagian tubuh Anda yang memiliki andil besar untuk kesehatan organ dan kelenjar lain.

10 Makanan yang Berkhasiat Membersihkan Hati
Hati yang sehat mengatur komposisi darah, menghilangkan racun berbahaya dari darah dan mengkonversi nutrisi diserap oleh usus selama proses pencernaan menjadi bentuk yang dapat digunakan tubuh. Hati juga menyimpan beberapa vitamin, zat besi dan glukosa gula sederhana.

Hati juga bertanggung jawab untuk zat-zat berikut tersedia dalam jumlah sedikit di tubuh, yakni insulin, hemoglobin dan hormon lainnya. Selain itu, hati membantu menghancurkan sel-sel darah merah tua dan menghasilkan bahan kimia yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

Karena hati memiliki begitu banyak fungsi vital, penting pula untuk Anda tetap menjaga kesehatan hati. Banyak makanan yang dapat membantu membersihkan, meremajakan dan detoksifikasi hati Anda. Ini akan membantu sekaligus menjaga hati Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Berikut 10 bahan makanan yang berguna untuk membersihkan organ hati secara alami.

Bawang putih

Bawang putih sangat bagus untuk membersihkan hati atau liver Anda. Bawang putih membantu mengaktifkan enzim dalam hati yang membantu racun keluar. Bawang putih juga berisi dua senyawa alami yang disebut allicin dan selenium, yang membantu dalam proses pembersihan hati dan melindungi hati dari kerusakan beracun. Tak hanya itu, bawang putih dapat mengurangi kolesterol dan trigliserida, yang dapat membebani hati dan menghambat fungsinya.

Anggur

Anggur menjadi sumber yang baik dari vitamin C, pektin dan antioksidan, jeruk pun juga membantu proses pembersihan alami dari hati. Anggur juga mengandung glutathione, antioksidan kuat yang menetralisir radikal bebas dan mendetoksifikasi hati. Glutathione juga berguna dalam detoksifikasi logam berat. Selain itu, naringenin flavonoid dalam jeruk dan anggur membantu memecah lemak.

Umbi

Umbi adalah makanan lain yang kuat untuk membersihkan dan mendukung fungsi hati. Tinggi flavonoid pada tanaman dan beta-karoten, membantu merangsang dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan. Selain itu, umbi adalah pemurni darah alami.

Lemon

Lemon membantu detoksifikasi hati terutama karena antioksidan D-Limonene ada di dalamnya, yang membantu mengaktifkan enzim dalam hati dan membantu proses detoksifikasi.

Teh hijau

Dengan minum teh hijau setiap hari, Anda dapat membantu tubuh Anda dalam proses pembuangan racun dan timbunan lemak, sekaligus meningkatkan tingkat hidrasi. Teh hijau juga bermanfaat dalam mengobati atau mencegah penyakit liver. Menurut sebuah studi tahun 2009, orang yang minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah menderita kanker hati.

Alpukat

Alpukat mengandung bahan kimia kuat yang dapat mengurangi kerusakan hati. Menurut sebuah studi 2000 oleh American Chemical Society, buah ini kaya glutathione, senyawa yang dibutuhkan oleh hati untuk membersihkan racun berbahaya dan berfungsi dengan baik.

Kunyit

Kunyit populer dan efektif untuk membantu proses pembersihan organ hati. Kunyit juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna lemak.

Apel

Apel merupakan sumber yang baik dari pektin, serat larut yang membantu mengeluarkan racun dari saluran pencernaan dan kolesterol dari darah, dan juga dapat membantu pembersihan organ hati atau liver. Selain itu, apel mengandung asam malat, nutrisi pembersihan alami yang menghilangkan karsinogen dan racun lainnya dari darah.

Kenari

Tingginya jumlah asam amino l-arginin dalam kenari membantu hati dalam mendetoksifikasi amonia. Selain itu, kenari mengandung glutathione dan asam lemak omega-3, yang membantu proses pembersihan hati secara alami.

Brokoli

Brokoli mendukung proses pembersihan hati secara alami dengan memasukkan brokoli dalam menu konsumsi Anda. Brokoli juga kaya akan glucosinolates, membantu membuang zat karsinogen dan racun berbahaya lainnya dari tubuh.

Untuk menjaga hati atau liver Anda tetap sehat, para ahli kesehatan merekomendasikan Anda untuk menghilangkan atau mengurangi makanan hewani serta alkohol, gula halus, kelebihan kafein dan makanan olahan dari asupan sehari-hari Anda. Di samping itu, berhenti merokok juga penting karena menyebabkan kerusakan yang signifikan pada organ tubuh yang berbeda, termasuk hati. Selamat mencoba! (mw/kr)


Baca juga:

Informasi Kesehatan:

  • pembersihan lemak hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *