10 Manfaat Ajaib Lidah Buaya Bagi Kesehatan

by

Lidah buaya dianggap sebagai tanaman keajaiban karena banyak manfaat kuratif dan berguna untuk penyembuhan. Daun lidah buaya mengandung gel yang kaya vitamin seperti A, B1, B2, B3, B6, asam folat B12, C dan E. Adapun mineral penting yang ditemukan di jus lidah buaya adalah tembaga, besi, natrium, kalsium, seng, kalium, kromium, magnesium dan mangan. Semua nutrisi ini memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

10 Manfaat Ajaib Lidah Buaya Bagi Kesehatan
Para ahli kesehatan menganggap lidah buaya sebagai ramuan yang sangat serba guna. Ramuan ini aman digunakan secara eksternal dan internal. Orang di seluruh dunia menggunakan ramuan ini untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan dari luka bakar ringan hingga penyakit kanker yang mematikan.

Uniknya, tanaman lidah buaya ini justru tak sulit Anda temukan. Di halaman depan rumah, hingga di dalam supermarket, Anda akan menemukan tanaman yang unik namun berkhasiat tinggi ini. Nah, berikut ini adalah manfaat dari lidah buaya yang sangat berguna bagi kesehatan Anda.

1. Menjaga imunitas tubuh

Lidah buaya penuh dengan kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan alami serta membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa tidak stabil yang buruk bagi kesehatan Anda dan berperan dalam proses penuaan. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur akan memberikan tubuh pasokan antioksidan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Merawat kesehatan kulit

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit dan kecantikan. Lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit, menghidrasi kulit, memelihara dan mempercepat regenerasi jaringan kulit baru.

Di samping itu, lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar matahari, lecet, gigitan serangga, reaksi alergi, luka bakar ringan, radang dan banyak lagi. Bahkan orang-orang yang memiliki kulit sensitif dapat memanfaatkan lidah buaya tanpa masalah.

3. Mengatur berat badan dan tingkat energi

Minum perasan air lidah buaya bermanfaat untuk pembersihan alami dari sistem pencernaan. Ada banyak zat makanan yang dapat menyebabkan kelelahan, Anda dapat memerangi kelelahan tersebut dengan minum jus lidah buaya. Bila dikonsumsi secara teratur, jus lidah buaya akan membantu meningkatkan level energi Anda dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal.

4. Antimikroba

Lidah buaya sangat membantu menyembuhkan penyakit mulut dan gusi Anda karena sifat antibakteri alami dan sifat antimikroba. Lidah buaya juga mengandung vitamin dan mineral yang mempromosikan pertumbuhan sel dan penyembuhan gusi berdarah dan sariawan.

5. Membantu mengatasi sembelit

Jus lidah buaya memiliki serat alami yang membantu pencernaan dan meningkatkan gerakan usus. Menjadi pencahar alami, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati sembelit.

6. Menghentikan peradangan

Lidah buaya dapat dimanfaatkan secara eksternal untuk meringankan peradangan sendi. Anda juga bisa minum air lidah buaya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Orang yang minum jus lidah buaya selama dua minggu biasanya mulai mengalami penurunan yang signifikan dari peradangan dan nyeri gejala. Segera buktikan!

7. Menyembuhkan jerawat

Aloe vera gel kerap dipakai sebagai produk perawatan kulit serta mengobati berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum di mana kelenjar sebaceous menjadi lebih aktif dan menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak yang bercampur dengan kulit mati, kotoran dan bakteri untuk memblokir pori-pori kulit, menyebabkan peradangan dan menyebabkan jerawat.
Baca juga: 10 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung

8. Membuat rambut halus dan berkilau

Lidah buaya memiliki kandungan emolien yang melembabkan, serta membantu membuat rambut Anda halus dan mengkilap. Bahkan membantu menjaga keseimbangan pH rambut.

9. Menstabilkan gula darah

Jus lidah buaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2 dengan menstabilkan tingkat gula darah dan mengurangi trigliserida. Untuk hasil terbaik, minum jus lidah buaya secara teratur selama tiga bulan untuk melihat penurunan yang signifikan dalam kadar gula darah.

10. Mengurangi kolesterol

Beberapa studi menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Asupan rutin ramuan ajaib ini dapat membantu produksi hati yang memproduksi kolesterol lebih rendah, yakni sekitar 30 persen.
Simak juga: 5 Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Kesimpulannya, karena potensi obat lidah buaya, adalah penting untuk memiliki ramuan ini di kebun dapur, atau di halaman rumah Anda. Ramuan lidah buaya ini akan membantu Anda memecahkan banyak masalah kesehatan di rumah tanpa perlu pergi ke dokter. Selamat mencoba! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *