10 Manfaat Super Pijat Refleksi untuk Kesehatan

by

Pijat refleksi adalah teknik pengobatan alternatif berdasarkan pada keyakinan bahwa menekan pada daerah tertentu pada tangan, kaki atau telinga dapat memiliki efek terapi pada bagian lain dari tubuh. Ada beberapa ujung saraf yang disebut refleks berjalan, yakni sepanjang kaki, tangan dan telinga yang sesuai dengan sistem yang berbeda dan organ dalam tubuh Anda. Menekan titik-titik refleks merangsang sistem dan energi jalur saraf yang mungkin padat. 

10 Manfaat Super Pijat Refleksi untuk Kesehatan
Meskipun kurang populer dibanding akupuntur, pijat refleksi adalah pengobatan yang sama efektif dan holistiknya dengan akupuntur. Perlu diingat bahwa refleksologi tidak membuat klaim bahwa pijat tersebut akan menyembuhkan suatu penyakit. Sebaliknya, pijat refleksi membantu mengembalikan keseimbangan penyembuhan alami tubuh Anda dan memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dan gejala psikologis lainnya. Berikut adalah 10 manfaat pijat refleksi yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Penting Pijat Refleksi

1. Mengatasi depresi
Depresi dapat menjadi salah satu dari dua jenis berikut: reaktif atau klinis. Depresi reaktif disebabkan oleh faktor eksternal seperti tragedi pribadi, sementara depresi klinis adalah hasil dari bahan kimia yang tidak menentu dan aktivitas hormon dalam tubuh Anda.

Misalnya, rendahnya tingkat serotonin dapat menyebabkan serangan depresi klinis. Serotonin, yang mempromosikan kebahagiaan, dilepaskan oleh neuron di otak. Memijat bagian atas jari kaki Anda, di mana refleks otak berada, meningkatkan produksi serotonin. Ulangi latihan ini setidaknya tiga kali.

2. Mengatasi mual
Reflexology atau pijat refleksi dapat membantu mereda gejala mual. Pusat-pusat rumah sakit di seluruh dunia menawarkan refleksologi sebagai terapi pengobatan untuk memerangi mual pada pasien kanker. Pijat perut dan kaki dalam gerakan melingkar akan meredakan gejala mual.

3. Mengatasi Osteoarthritis & Rheumatoid Arthritis
Pijat refleksi pada tangan dan kaki membantu meringankan gejala nyeri osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (RA), meminimalkan kerusakan sendi dan mengurangi kecemasan. Osteoarthritis adalah penyakit yang berhubungan dengan usia ditandai dengan nyeri sendi, terutama di tangan, lutut, tulang belakang dan pinggul. RA adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan peradangan sendi, dan imobilitas jangka panjang dan cacat.

4. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi
Dalam pengobatan refleksologi, refleksologi Anda akan dimulai dengan santai dengan refleks diafragma Anda pada rongga dada dan merangsang pernapasan yang lebih baik. Sebuah studi 2002 yang diterbitkan dalam Jurnal Akademi Keperawatan Kesehatan Masyarakat Korea mencatat bahwa refleksologi secara signifikan menurunkan hipertensi pada kelompok karyawan yang menderita stres kerja.

5. Mengurangi kram karena menstruasi
Perempuan di seluruh dunia pasti pernah mengalami kram karena menstruasi. Pijat refleksi kaki dan tangan membuktikan alternatif yang lebih murah, lebih nyaman dan non-invasif untuk obat meringankan kram menstruasi.

6. Mengatasi insomnia
Insomnia adalah suatu kondisi medis yang sangat mempengaruhi kualitas hidup. Rutinitas tidur yang tepat diperlukan untuk fungsi normal dari semua proses tubuh. Anda yang menderita insomnia dapat menggunakan teknik pijat refleksi untuk tidur lebih baik.

Kelenjar pineal menghasilkan hormon melatonin yang menginduksi tidur. Pijat refleksi merangsang refleks kelenjar pineal pada kaki dan tangan mengaktifkan kelenjar dan mempromosikan produksi melatonin.

7. Mengatasi migrain
Rasa sakit membakar pada salah satu atau kedua sisi kepala adalah ciri migrain. Perasaan mual sering menyertai migrain. Pijat bagian atas dengan setiap jari di kepala untuk merangsang refleks kepala / otak untuk mendorong relaksasi dan sirkulasi darah yang tepat.

8. Mengatasi pilek
Reflexology adalah teknik yang dapat Anda gunakan untuk meringankan gejala flu. Pijat refleksi ini juga membantu merangsang refleks tenggorokan.

9. Mengatasi asma
Reflexology adalah teknik yang pun Anda lakukan untuk membantu menghilangkan asma. Namun, untuk hal ini, Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter Anda.

10. Infertilitas
Refleksologi dapat menjadi teknik yang efektif untuk mengobati infertilitas pada pria dan wanita. Perkembangan terbaru di bidang refleksologi menunjukkan bahwa menggunakan tangan dan kaki saat refleksologi untuk merangsang refleks reproduksi organ, seperti rahim dan refleks ovarium pada wanita, serta prostat dan testis refleks pada pria, dapat membantu kehamilan dan meningkatkan libido.

Nah, itu tadi beberapa manfaat pijat refleksi untuk kesehatan. Lakukan pijat refleksi setidaknya 30-60 menit di berbagai titik di tubuh Anda setiap harinya. Anda bisa menggunakan bantuan minyak atau lotion aroma terapi untuk menambah rileks tubuh Anda. Selamat mencoba! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *