10 Obat Herbal untuk Melancarkan Aliran Darah

by

Arteri adalah pembuluh darah mengalirkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke berbagai jaringan di seluruh tubuh. Setiap arteri adalah tabung berotot yang terdiri dari tiga lapisan, yakni Intima (lapisan dalam), Media (lapisan otot yang menangani tekanan tinggi dari jantung), dan Adventisia (jaringan ikat yang menghubungkan arteri ke jaringan terdekat).

 10 Obat Herbal untuk Melancarkan Aliran Darah
Arteri terbesar adalah aorta. Ia memiliki jaringan arteri yang lebih kecil, yang dikenal sebagai arteriol dan kapiler, yang panjang ke seluruh tubuh. Arteri yang sehat memiliki dinding bagian dalam halus dan mengalir darah dengan mudah.

Namun, ketika plak menumpuk di dinding bagian dalam, arteri menjadi tersumbat dan menghambat aliran darah. Plak terbuat dari zat yang berbeda yang beredar dalam darah seperti lemak, kolesterol, kalsium, limbah selular, dan fibrin. Ternyata, bahan-bahan yang Anda temukan di rumah berikut dapat membantu Anda untuk melancarkan aliran darah. Apa saja?

10 Bahan Alami Melancarkan Aliran Darah

1. Bawang putih

Salah satu cara mudah untuk membersihkan arteri Anda secara alami adalah untuk memasukkan bawang putih dalam menu diet Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Jantung Farmakologi di Mainz, Jerman, peneliti menemukan bahwa asupan rutin bawang putih dapat membantu mencegah pengerasan aorta. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan arteri Anda dengan mengurangi tingkat kolesterol jahat LDL.

2. Delima

Buah eksotis ini juga membantu membersihkan arteri Anda. Menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, para ilmuwan percaya bahwa antioksidan yang tinggi (terutama vitamin C dan polifenol) di delima merangsang produksi oksida nitrat, yang pada gilirannya membantu menjaga darah mengalir dan arteri terbuka. Buah ini bahkan dapat mengurangi formasi plak yang ada di arteri.

3. Salmon

Salmon adalah ikan yang berfungsi untuk jantung sehat dan dapat memainkan peran kunci dalam menjaga arteri Anda bebas dari penumpukan plak. Salmon kaya asam lemak omega-3 yang sehat serta docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL, menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan peradangan pembuluh darah dan pembentukan bekuan darah di arteri. Asam lemak ini bahkan dapat menurunkan tekanan darah.

4. Kunyit

Bumbu kunyit adalah agen anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menjaga arteri bebas dari segala jenis penyumbatan. Kunyit berisi kurkumin, yang menurunkan peradangan, penyebab utama di balik pengerasan arteri.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun, minyak zaitun terutama extra-virgin, baik untuk kesehatan jantung. Minyak ini kaya antioksidan yang disebut polifenol, serta lemak tak jenuh tunggal. Kombinasi unik dari antioksidan dan lemak sehat membantu mengurangi LDL dan meningkatkan tingkat HDL. Minyak zaitun nantinya juga membantu mengurangi penumpukan plak di arteri Anda.

6. Alpukat

Studi menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mengurangi kolesterol LDL. Tingkat kolesterol LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan plak di sepanjang dinding arteri. Selain itu, alpukat dapat meningkatkan tingkat HDL dalam tubuh.

7. Semangka

Semangka adalah buah yang baik untuk arteri Anda. Sebuah studi 2011 oleh University of Kentucky peneliti menemukan bahwa semangka membantu mengurangi aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) pada hewan. Selain itu, asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam semangka membantu menurunkan tekanan darah. Ini membantu memperlebar pembuluh darah dengan merangsang produksi oksida nitrat.

8. Almond

Almond sangat baik untuk jantung Anda. Kacang ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi LDL dan meningkatkan kadar HDL. Almond dapat mengurangi kemungkinan penumpukan plak di arteri. Selain itu, magnesium dalam almond juga mencegah pembentukan plak dan membuat tekanan darah stabil.

9. Brokoli

Para peneliti di Imperial College London mengatakan bahwa makan setidaknya 1 cangkir brokoli setiap hari bisa mencegah penyumbatan arteri. Sayuran ini kaya akan sulforaphane yang membantu tubuh menggunakan protein untuk mencegah pembentukan plak di arteri.

10. Asparagus

Asparagus, sayuran hijau sehat, juga bekerja sebagai makanan yang dapat membantu pembersihan arteri. Asparagus meningkatkan produksi glutathione pada tubuh Anda, dan antioksidan yang membantu melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang merusak, yang dapat menyebabkan tersumbat atau diblokir arteri.

Nah demikian 10 bahan alami untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Tak hanya mengonsumsi makanan di atas, latihan fisik yang rutin serta olahraga teratur juga merupakan salah satu faktor untuk menjaga agar pembuluh Anda tetap sehat dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan lancar. Selamat mencoba! (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • obat herbal untuk melancarkan peredaran darah
  • herbal untuk memperlancar peredaran darah
  • obat herbal pelancar aliran darah pada hewan
  • obat herbal memperlancar peredaran dara
  • obat herbal mempelancar aliran darah
  • obat alternatif untuk melancarkan peredaran darah
  • obat alami untuk melancarkan darah
  • Obat alami untk melancarkan darah
  • obat alami melancarkan darah
  • minyak Pelancar aliran darah tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *