7 Tips Ampuh Mengatasi Flu Saat Hamil

by
Kehamilan adalah fase paling menarik sekaligus mendebarkan dalam kehidupan setiap wanita. Saat Anda hamil, penting untuk selalu menjaga kesehatan diri dan si jabang bayi. Ketika telah melewati enam bulan masa kehamilan, Anda berarti telah menyelesaikan trimester kedua dan masukkan trimester ketiga, yakni trimester yang paling penting. 

Anda harus tetap berhati-hati untuk menjaga bayi Anda tetap aman dan sehat selama periode itu. Karena, selain Anda membawa kehidupan baru dalam rahim Anda, tubuh Anda cenderung untuk menekan sistem kekebalan tubuh dalam tingkat tertentu untuk menjaga bayi Anda tetap dalam keadaan terbaiknya.

7 Tips Ampuh Mengatasi Flu Saat Hamil
Hal ini akan membuat Anda berisiko terkena infeksi tertentu seperti infeksi jamur, infeksi saluran kemih, batuk dan flu. Batuk dan flu adalah masalah kesehatan yang paling umum yang wanita hamil alami.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana untuk mengobati batuk dan pilek selama kehamilan, Anda bisa mencoba untuk pengobatan di rumah secara alami. Sebab, meminum obat dari resep dapat berbahaya bagi kehamilan Anda karena adanya efek samping tertentu. Dan juga, selalu ingat untuk tidak mencoba-coba mengonsumsi obat, karena hal ini akan membahayakan janin Anda.

Solusi yang sangat dianjurkan untuk mengatasi batuk, pilek, dan flu adalah dengan mengonsumsi obat herbal. Berikut ini ada tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi flu Anda saat hamil.

Cara Ampuh Atasi Flu Saat Hamil

1. Saline Nasal Drops

Hidung tersumbat adalah gejala umum yang sering muncul ketika akan terkena pilek dan flu. Anda dapat mencoba tetes hidung saline untuk membuka saluran udara Anda. Saline nasal drops atau tetes hidung saline adalah pilihan yang aman untuk diri Anda maupun si bayi.

2. Steaming

Steaming adalah salah satu cara efektif dan metode yang paling umum direkomendasikan untuk mengobati penyumbatan hidung. Tapi, ingat bahwa menambahkan obat-obatan ke air dapat membalikkan efeknya. Jadi, jangan pernah menambahkan sesuatu ke air untuk proses steaming Anda tanpa persetujuan dari dokter.

3. Istirahat yang cukup

Ambil istirahat yang cukup selama kehamilan bisa menjadi situasi yang sulit, terutama jika Anda seorang wanita yang aktif bekerja dan beraktivitas. Tapi, lebih baik untuk memberikan waktu bagi tubuh Anda untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Beristirahat dan tinggalkan sebentar kegiatan yang membebani tubuh Anda.

4. Air garam

Dengan air garam, sakit tenggorokan yang datang bersama dengan flu dan batuk dapat diobati. Anda dapat mencobanya dengan berkumur air garam. Tambahkan garam ke air hangat dan gunakan ini untuk membantu menghilangkan gatal di tenggorokan Anda. Kumur setidaknya tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik. Anda juga dapat menambahkan beberapa siung bawang putih ke dalam air.

5. Teh jahe

Teh jahe adalah pilihan pertama untuk mengobati batuk dan pilek selama kehamilan. Hal ini sangat efektif untuk pilek dan akan membuat Anda merasa lebih baik dalam waktu tiga atau empat hari. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana untuk mengobati batuk dan pilek selama kehamilan, cobalah teh jahe.

6. Madu

Madu adalah salah satu bahan favorit untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Ambil satu sendok teh madu secara langsung atau tambahkan madu ke dalam teh Anda. Mencampur madu dan lemon bersama-sama juga merupakan solusi yang sangat baik untuk batuk dan flu selama kehamilan.

7. Peppermint

Jika Anda berpikir bagaimana mengobati batuk dan flu selama kehamilan, cobalah peppermint. Peppermint adalah salah satu cara untuk mengobati flu dan batuk selama kehamilan. Mentol dalam peppermint akan bertindak mengobati gatal tenggorokan dan meredakan batuk.

Baca artikel menarik lainnya:
Itu tadi beberapa cara dan bahan alami untuk mengobati flu selama masa kehamilan. Tetap sehat dan dan jangan lupa untuk menikmati proses kehamilan Anda, ya. Selamat mencoba! (mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *