Ini Pose Yoga Terbaik untuk Memperkuat Tulang

by

Tulang yang kuat menyeimbangkan tubuh kita dan membantu kita menjaga postur tubuh yang benar. Struktur rangka tegak memungkinkan kita untuk bergerak, berdiri dan berjalan dengan baik, membuat kita merasa dan tampak energik serta lebih muda.

Kebanyakan orang percaya bahwa melemahnya tulang adalah kondisi yang berkaitan dengan usia yang tak terelakkan. Bahkan, kebiasaan makan yang buruk, kurangnya latihan fisik, obat-obatan tertentu, merokok berlebihan dan riwayat keluarga yang memiliki penyakit tulang adalah beberapa penyebab umum kerusakan tulang.

Ini Pose Yoga Terbaik untuk Memperkuat Tulang
Penelitian telah menunjukkan bahwa kelemahan tulang dan osteoporosis dapat dicegah dengan diet bergizi dan aktivitas fisik. Yoga merupakan kegiatan yang sangat baik bagi orang-orang dari segala usia yang ingin memperkuat tulang dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Topik Geriatri Rehabilitasi menunjukkan bahwa yoga adalah cara yang efektif untuk membangun kepadatan mineral tulang setelah menopause.

Para peneliti di Columbia College di New York melakukan studi 2 tahun pada pasien dengan penyakit tulang melemah, yang berlatih 10 menit yoga setiap hari. Hasil menunjukkan perbaikan di tulang dan kepadatan tulang pinggul pada beberapa pasien, dan pengurangan tingkat keparahan melemahnya tulang pada beberapa orang lain.

Untuk menjaga tulang yang kuat dan mencegah masalah tulang, mempraktikkan gerakan yoga ke dalam kehidupan sehari-hari Anda adalah salah satu pilihan yang tepat. Berikut adalah pose yoga terbaik untuk mempertahankan kekuatan tulang.

1. Tree Pose

Pose ini merangsang tulang belakang, tulang pinggul, tulang panggul dan tulang bahu, membantu orang yang menderita cacat tulang, rheumatoid arthritis, kelemahan tulang pada tulang kaki dan bahu. Pose ini juga mempromosikan keseimbangan yang lebih baik dengan memperkuat tulang dan lengkungan kaki.

2. Chair Pose

Latihan ini memperkuat tulang tubuh bagian bawah, khususnya paha, pergelangan kaki, pinggul dan kaki. Latihan pose ini membentangkan otot betis dan tendon Achilles, sehingga sangat bermanfaat untuk kaki datar (kurangnya lengkungan di kaki). Utkatasana juga membantu memperbaiki flexes bahu dan dada, serta otot-otot seluruh tubuh Anda, meningkatkan stamina dan memperkuat tulang.

3. Cobra Pose

Pose ini meningkatkan kekuatan tulang Anda, memungkinkan dukungan yang lebih rendah dengan lebih baik dan tentunya membuat postur tubuh Anda lebih tegak. Pose ini juga membantu orang-orang dengan cacat tulang belakang karena dapat membantu memperkuat tulang punggung. Karena titik berat diberikan pada tangan, lengan dan panggul, Cobra Pose juga memperkuat tulang di daerah-daerah tangan dan mengurangi pergelangan tangan dan jari arthritis.

4. Downward Facing Dog-Pose

Pose ini membentang antara lengan, kaki, betis dan tulang belakang, mengerahkan tekanan pada tulang dan melawan kelemahan. Dengan membangun kekuatan otot dan kepadatan tubuh bagian atas, latihan ini meningkatkan pembaharuan jaringan tulang tubuh bagian atas. Latihan ini mempertahankan kekuatan tulang, mencegah penyakit seperti arthritis dan osteoporosis.

5. Bridge Pose

Dengan peregangan otot dan anggota badan, latihan ini memperkuat tulang di dada, paha dan pinggul, dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru. Latihan ini juga memperkuat tulang punggung. Latihan yoga ini sangat bagus untuk membangun ketahanan tulang, efektif dalam membalikkan osteoporosis primer dalam jangka panjang dengan memerangi kelemahan tulang.

6. Locust Pose

Ketika dilakukan secara teratur, Locust Pose dapat meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan memperkuat tulang paha. Pose ini merangsang tulang punggung dan menguatkan tulang-tulang di lengan dan kaki dengan mengerahkan berat di daerah-daerah tersebut.

Nah itu tadi beberapa gerakan yoga yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Praktikkan secara rutin dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba! (mw/kr)


Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *