10 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Diare

by

Diare terjadi ketika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, sehingga sering buang air besar, tiga kali atau lebih dalam sehari. Penyebab utama diare adalah infeksi virus, infeksi bakteri, konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi, kecemasan, intoleransi makanan, dan penyakit usus seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Diare dapat disertai dengan gejala seperti sakit perut, kembung, mual dan dapat menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi.

10 Bahan Alami Ini Ampuh Mengatasi Diare

Biasanya diperlukan waktu 2-4 hari untuk menyembuhkan diare dan gejala yang menyertainya menghilang sepenuhnya, tergantung pada intensitas masalah. Anda dapat memerangi diare dengan berbagai bahan alami dan pengobatan rumah untuk melawan infeksi serta memberikan bantuan untuk menghilangkan gejala. Nah, berikut adalah adalah 10 bahan yang bisa Anda temukan sehari-hari yang ternyata bermanfaat untuk menyingkirkan diare.

Obat Alami untuk Sembuhkan Diare

1. Yoghurt

Yoghurt, terutama yang di dalamnya terdapat kultur bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium adalah obat alami yang baik untuk diare. Yoghurt dapat membantu memulihkan bakteri ‘baik’ dalam usus dan menghancurkan bakteri ‘buruk’ yang menyebabkan diare.

Dalam sebuah riset tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, para peneliti menemukan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi diare terkait fungsinya yang juga sebagai antibiotik.

2. Jahe

Jahe digunakan dalam pengobatan keracunan makanan dan juga dapat membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut. Parut sepotong kecil jahe dan tambahkan satu sendok teh madu. Anda juga bisa minum teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk menyembuhkan diare.

Mengiris salah satu bagian kecil dari jahe dan menambahkannya ke satu cangkir air. Rebus air selama beberapa menit, saring dan tambahkan madu sebelum diminum. Jika jahe segar tidak tersedia, Anda dapat menggunakan bubuk jahe dari rak bumbu Anda.

3. Daun jambu biji

Sejak dahulu kala daun jambu biji kerap dipakai untuk mengobati diare. Caranya, cuci bersih daun yang baru dipetik dari pohonnya, lalu olesi dengan sedikit garam dapur. Konsumsi daun dengan cara mengunyahnya sampai habis.

4. Cuka sari apel

Obat rumahan lain yang efektif untuk diare adalah cuka sari apel. Cuka sari apel juga bertindak sebagai agen efektif yang melawan bakteri penyebab diare. Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel untuk segelas air. Minum larutan sekali atau dua kali sehari sampai diare Anda reda.

5. Pisang

Ketika berhadapan dengan diare, dianjurkan untuk makan pisang matang karena kandungan pektin tinggi. Pektin adalah serat larut dalam air yang membantu mengurangi diare. Pisang juga tinggi kalium, elektrolit yang mendukung sejumlah fungsi penting dalam tubuh. Makan pisang masak beberapa hari sampai diare Anda reda.

6. Teh hambar

Diare juga bisa diatasi dengan meminum teh hambar. Sifat antispasmodic yang dapat memberikan bantuan dari sakit perut yang menyertai gangguan perut termasuk diare. Bahan ini juga membantu dalam mengurangi peradangan usus. Minum teh beberapa kali sehari. Anda juga bisa minum teh hijau untuk membantu fungsi sistem pencernaan Anda dengan benar.

7. Nasi putih

Nasi putih adalah salah satu makanan hambar yang dianjurkan untuk dimakan selama diare karena mudah dicerna. Selain itu, dapat membantu mengurangi jumlah feses. Makan dalam jumlah kecil nasi putih, secara bertahap meningkatkan jumlah beras dan diare Anda akan membaik.

8. Minyak Habbatussauda

Black seed atau minyak habbatussauda juga digunakan dalam pengobatan berbagai masalah kesehatan seperti gas, kolik, asma, sembelit dan diare. Untuk mengobati diare, menggunakan minyak biji hitam.

9. Sup wortel

Sup wortel adalah makanan tinggi massal dan diyakini memiliki efek antidyspeptic. Sup wortel sangat baik untuk anak-anak memulihkan diri dari diare karena memberikan nutrisi penting yang hilang selama diare.

10. Minum air putih

Diare dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Minum setidaknya delapan gelas air bersama dengan air kelapa, kaldu, sup sayuran, dan soda tanpa kafein ketika menderita diare. Anda juga bisa minum minuman olahraga yang tidak mengandung kafein.

Nah itu tadi beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan diare. Kuncinya, ketika Anda mengalami diare, usahakan asupan cairan tubuh Anda tercukupi. Jika tidak, Anda akan mengalami dehidrasi yang membahayakan keselamatan jiwa.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *