10 Cara Alami Mencegah Gastroparesis

by

Gastroparesis, juga dikenal sebagai tertundanya pengosongan lambung, terjadi ketika perut terlalu lama kosong dan tak menerima makanan. Para ahli menyebutkan belum jelas apa yang menyebabkan terjadinya gastroparesis.

Namun, gangguan tersebut bisa dikarenakan oleh kerusakan pada saraf vagus yang mengendalikan otot-otot perut. Kerusakan seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk diabetes yang tidak terkontrol, operasi perut, terapi radiasi, hipotiroidisme dan beberapa penyakit sistem saraf, seperti Parkinson atau multiple sclerosis.

10 Cara Alami Mencegah Gastroparesis
Gangguan makanan seperti anoreksia dan bulimia juga meningkatkan risiko mengembangkan gastroparesis. Beberapa gejala umum dari gastroparesis adalah nyeri perut bagian atas, mual, muntah, mulas, kembung, nafsu makan rendah, perut bengkak, fluktuasi kadar gula darah, merasa penuh bahkan hanya setelah makan jumlah yang sangat kecil dari makanan, kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.

Gejala-gejala ini dapat berkisar dari ringan sampai berat dan dapat bervariasi dari orang ke orang. Penting untuk mendapatkan bantuan medis untuk gastroparesis, karena dapat menyebabkan dehidrasi yang parah, malnutrisi, fluktuasi gula darah dan mempengaruhi kualitas hidup Anda. Berikut adalah solusi 10 bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk gastroparesis.

Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan banyak manfaat pencernaan bila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Mikroorganisme ini membantu tubuh Anda memecah makanan dan menyerap nutrisi. Makanlah makanan probiotik, seperti yoghurt, kefir, sauerkraut, kimchi, tempe, buttermilk, dan acar asam. Anda juga dapat mencoba suplemen probiotik, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Aloe vera

Lidah buaya sangat baik untuk orang yang menderita gastroparesis. Ini membantu pencernaan dan mengatur gerakan usus. Sifat pencahar yang mendukung berfungsinya sistem pencernaan dan membantu mengurangi rasa kembung dan sakit perut. Minum segelas jus lidah buaya setiap pagi setelah bangun tidur untuk gerakan usus yang tepat.

Cuka sari apel

Cuka sari apel juga efektif untuk mengobati gastroparesis. Ini memiliki efek alkalis dalam tubuh yang membantu meringankan sakit perut, mulas dan kembung, serta meningkatkan pencernaan. Sebuah studi 2007 yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Gastroenterology menganalisis efek cuka sari apel. Para peneliti menemukan efek cuka pada tingkat pengosongan lambung secara statistik signifikan.

Vitamin D

Mempertahankan tingkat vitamin D yang baik dalam tubuh adalah suatu keharusan bagi orang yang menderita gastroparesis. Sinar matahari, yang mengandung vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan sistem saraf enterik.

Akupresur dan akupunktur

Akupresur dan teknik pengobatan akupunktur alternatif di mana titik akupuntur ditekan dengan jari atau jarum tipis dimasukkan dalam garis-garis pada meridian tubuh, dapat meringankan gejala gastroparesis seperti mual, muntah, dan kembung. Jenis pengobatan ini juga membantu meningkatkan fungsi neurologis serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Pernapasan

Bernapas yang dalam adalah cara yang efektif untuk menangani sistem pencernaan lemah. Hal ini dapat membantu merangsang syaraf vagus dan meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan untuk memastikan pencernaan dan gerakan usus yang teratur.

Minyak kelapa

Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa sangat baik untuk sistem pencernaan. Asam lemak ini tidak memerlukan enzim pankreas dan garam empedu untuk pencernaan mereka. Minyak kelapa juga membantu melawan peradangan dan membangun sistem kekebalan tubuh, yang sangat penting untuk keseluruhan serta kesehatan pencernaan.

Jahe

Pengobatan alami lain yang baik untuk gastroparesis adalah jahe. Ini merangsang cairan pencernaan dan aliran enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Hal ini pada gilirannya mempercepat pengosongan lambung secara alami. Ia bahkan bisa menyingkirkan mual.

Peppermint

Peppermint membantu meringankan mual dan muntah, dua dari gejala gastroparesis paling umum. Hal ini juga membantu pencernaan dan membantu mengurangi kembung dan kram usus.

Cairan

Orang yang menderita gastroparesis harus minum banyak cairan, terutama air. Air membantu mencegah katup pilorus dari pembukaan. Hal ini pada gilirannya nanti akan mengurangi keparahan, ketidaknyamanan terkait dengan gastroparesis.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *