10 Cara Alami Mengatasi Bintitan di Mata

by

Bintitan (timbilan), atau istilah medis disebut sebagai hordeolum, adalah infeksi akut pada kelenjar minyak kelopak mata yang menghasilkan sebuah benjolan merah pada kelopak mata. Timbilan disebabkan oleh kotoran, make up, atau kotoran lain yang menghalangi dan menginfeksi kelenjar minyak dengan bakteri.

Bakteri yang dikenal sebagai staphylococcus ini bertanggung jawab untuk 90 sampai 95 persen dari bintitan. Bakteri lain mungkin juga terlibat dalam beberapa kasus.

10 Cara Alami Mengatasi Bintitan di Mata
Orang berada pada risiko tinggi memiliki timbilan jika mereka menderita kondisi yang disebut blepharitis, yang menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata. Faktor-faktor seperti kebersihan yang buruk, stres dan perubahan hormonal juga dapat menyebabkan masalah ini.

Biasanya, timbilan berisi nanah dan tampak seperti jerawat di kelopak mata. Gejalanya termasuk rasa sakit, bengkak, nyeri, rasa terbakar, gatal, kesulitan berkedip, peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, dan lendir dari mata yang terkena.

Timbilan biasanya mereda sendiri dalam satu atau dua minggu. Namun, beberapa solusi yang mudah dan alami dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Berikut adalah 10 bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati timbilan.

Obat Alami Menyembuhkan Timbilen

1. Kompres hangat

Menerapkan kompres hangat pada daerah yang terkena atau di kelopak mata adalah salah satu solusi terbaik untuk timbilan. Panas akan meningkatkan sirkulasi ke daerah yang terkena dan mempercepat pecah dan drainase nanah dari timbilan tersebut. Ini juga akan mengurangi gejala seperti rasa sakit dan pembengkakan.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki senyawa anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan dan mengurangi timbilan. Selain itu, kaya akan asam tanat yang efektif dalam menjaga infeksi di mata. Teh hijau juga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang berkontribusi terhadap penyembuhan dan pemulihan.

3. Biji ketumbar

Biji ketumbar adalah perawatan tradisional untuk timbilan karena sifat anti-inflamasi. Biji ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, kemerahan dan bengkak, sehingga membuat Anda merasa jauh lebih baik dalam beberapa hari.

4. Kunyit

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit dapat membantu menyingkirkan timbilan dengan cepat. Kunyit dapat mengurangi peradangan dan menghilangkan unsur-unsur penyebab infeksi yang mungkin berkontribusi terhadap kondisi tersebut.

5. Shampoo bayi

Untuk pemulihan cepat dari timbilan, adalah penting untuk menjaga daerah yang terkena bersih dan bebas dari debu dan iritan lainnya. Anda dapat melakukan ini dengan mencuci mata yang terkena dengan shampoo bayi.

6. Aloe vera

Lidah buaya adalah pengobatan lain yang populer untuk timbilan karena sifat yang menenangkan, sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Lidah buaya dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan dan peradangan serta proses penyembuhan mempercepat.
Minyak jarak memiliki asam risinoleat, yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi. Inilah sebabnya mengapa minyak jarak membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan secara efektif.

8. Daun jambu biji

Karena kekuatan penyembuhan alami mereka, daun jambu biji dianggap sebagai obat rumah yang baik untuk timbilan. Daun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan kemerahan dan pembengkakan kelopak mata yang terkena timbilan.

9. Kentang

Kentang juga obat yang biasa digunakan untuk timbilan. Karena sifat zat kentang yang membantu mengurangi iritasi kulit. Dan juga kentang membantu penurunan peradangan dan nyeri.

10. Cengkeh

Cengkeh bekerja sebagai pereda nyeri dan iritasi kulit, karenanya dianggap sebagai obat yang efektif untuk timbilan. Cengkeh juga dapat membantu mencegah penyebaran infeksi mata karena zat antibakteri.

Jika timbilan Anda terus meradang dan tak juga sembuh meski telah diobati dengan obat alami di atas, berkonsultasi dengan dokter mata. Pada saat yang sama, Anda dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah atau menghentikan penyebaran infeksi mata dan bintitan. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *