10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

by

Pori-pori yang terbuka atau pori-pori besar pada kulit adalah masalah kecantikan yang sering dihadapi banyak wanita. Pori-pori wajah besar dapat menjadi penyebab masalah seperti jerawat dan komedo, terutama bagi orang dengan kulit berminyak.

Minyak berlebih, bersama dengan kotoran dan bakteri, akan membuat pori-pori tersumbat. Parahnya lagi, komedo yang muncul membuat pori-pori terlihat lebih besar. Paparan sinar matahari berkepanjangan dapat berkontribusi untuk membuka pori-pori karena kerusakan kolagen, sehingga mengurangi elastisitas dinding kanal pori.

10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah
Demikian pula, terbukanya pori-pori kian memburuk dengan bertambahnya usia kulit karena kehilangan elastisitas. Genetika, stres, dan rutinitas perawatan kulit yang buruk juga berperan dalam membuat pori-pori terbuka lebar.

Meskipun ada beberapa produk kosmetik di pasar untuk menangani masalah ini, ingatlah bahwa pori-pori adalah bagian alami dari kulit Anda dan tidak bisa sepenuhnya dihilangkan. Berikut adalah 10 bahan alami untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit Anda.

10 Bahan Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Es

Es bekerja sebagai obat rumahan yang sederhana namun efektif untuk membantu mengecilkan pori-pori besar karena efeknya mengencangkan kulit. Es ini sering digunakan untuk meminimalkan pori-pori membesar sebelum menerapkan makeup. Es juga akan merangsang sirkulasi dan mempromosikan kulit yang lebih sehat.

Cuka sari apel 

Cuka sari apel bekerja sebagai astringent dan toner kulit alami. Efeknya, dapat mengencangkan kulit Anda, mengurangi pori-pori besar, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit. Dan juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu mengobati jerawat.

Putih telur

Putih telur juga banyak digunakan untuk mengecilkan pori-pori membesar karena kandungannya dapat mengencangkan kulit. Masker putih telur juga bagus untuk mengurangi kelebihan minyak dari kulit berminyak.

Scrub gula

Scrub gula buatan sendiri bisa sangat membantu dalam mengurangi pori-pori besar. Pasalnya, ramuan ini dapat mengelupaskan kulit mati dan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran.

Campur dua sendok makan gula, satu sendok makan minyak zaitun dan beberapa tetes jus lemon. Secara lembut, gosokkan pada kulit Anda selama 20 sampai 30 detik, dan kemudian cuci dengan air dingin. Gunakan secara teratur, sekali atau dua kali seminggu.

Baking soda

Baking soda bekerja sebagai agen pengelupasan yang lembut, menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan puing-puing dari kulit Anda. Baking soda juga membantu menyeimbangkan kadar pH kulit dan mengurangi masalah seperti jerawat karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Multani mitti

Multani mitti, adalah satu lagi obat alami yang berguna untuk mengecilkan pori-pori karena menyerap minyak berlebih dan membantu mengelupas kulit mati. Selain itu, membantu mengurangi bekas luka dan noda dan baik untuk memperbaiki kulit rusak karena sinar matahari.

Jus lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu pengelupasan kulit Anda dan meminimalkan munculnya pori-pori terbuka. Ini juga akan membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda dan menghapus bintik hitam karena efek pemutihannya.

Mentimun

Mentimun bekerja sebagai astringent alami untuk membantu mengecilkan pori-pori terbuka. Dan juga mentimun akan meningkatkan tekstur kulit Anda dan membantu memberikan kesegaran pada wajah Anda.

Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang menghilangkan kelebihan minyak, kotoran dan sel kulit mati, sehingga meminimalkan munculnya pori-pori terbuka. Ini juga akan mengurangi keriput dan garis-garis halus.

Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk pengelupasan kulit dan juga menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang berlebihan yang membuat pori-pori terbuka terlihat lebih besar. Keuntungan lain dari oatmeal adalah membantu menenangkan kulit dan dapat digunakan untuk kulit sensitif juga.

Demikian tadi 10 bahan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Selamat mencoba!


Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • tekstur kulit wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *