10 Cara Alami Mengobati Keracunan Makanan

by

Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami keracunan makanan. Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri, virus atau racun lainnya dalam makanan. Beberapa gejala adalah mual, muntah, sakit kepala, pusing, perut kram dan diare.

Keracunan makanan tidak boleh diabaikan begitu saja. Ketika Anda menderita keracunan makanan, tubuh Anda mungkin kehilangan lebih banyak air dari biasanya. Jadi minum lebih banyak air untuk tetap terhidrasi. Ini juga akan membantu membuang racun yang menyebabkan gejala keracunan muncul.

10 Cara Alami Mengobati Keracunan Makanan
Bahkan, ketika mengalami diare dan muntah, yang terbaik adalah untuk meningkatkan asupan cairan Anda dengan air dan cairan jernih dan menghindari makanan padat. Tak hanya itu, bahan-bahan berikut ini yang sering Anda temukan di sekitar Anda juga dapat membantu mengatasi keracunan. Berikut adalah 10 bahan alami untuk mengatasi keracunan makanan.

1. Jahe

Jahe merupakan obat rumah yang sangat baik untuk menyembuhkan hampir semua jenis masalah pencernaan, termasuk yang disebabkan oleh keracunan makanan. Minum satu cangkir teh jahe setelah makan siang atau makan malam untuk menghentikan mulas, mual dan gejala lain yang berhubungan dengan keracunan makanan. 
Untuk membuat teh jahe, rebus satu sendok teh jahe parut dalam secangkir air selama beberapa menit, tambahkan sedikit gula atau madu dan teh Anda siap.

2. Cuka sari apel 

Meskipun asam, dalam cuka sari apel alam memiliki efek alkali karena dimetabolisme dalam tubuh. Dengan demikian, dapat meringankan berbagai gejala keracunan makanan. Hal ini dapat menenangkan lapisan saluran pencernaan dan membunuh bakteri.

3. Yoghurt

Yoghurt memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu melawan bakteri penyebab keracunan makanan.

4. Lemon

Anti-inflamasi, antivirus, dan sifat antibakteri dalam lemon dapat memberikan banyak bantuan. Asam di lemon membantu membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

5. Kemangi

Basil atau kemangi adalah ramuan yang sangat baik untuk menenangkan perut tidak nyaman yang disebabkan oleh keracunan makanan. Ia juga memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan mikroorganisme Anda bisa mendapatkan manfaat dari kemangi dalam beberapa cara. Minum jus kemangi yang diambil dari beberapa daun kemangi dengan satu sendok makan madu beberapa kali sehari. Anda juga dapat menambahkan beberapa jus ketumbar segar.

6. Bawang putih

Bawang putih juga sangat efektif dalam memerangi keracunan makanan karena antivirus yang kuat, antibakteri dan antijamur. Hal ini juga mengurangi gejala seperti diare dan sakit perut.

7. Pisang

Pisang mudah larut pada perut Anda karena mereka mudah dicerna. Pisang kaya akan kalium, mereka membantu mensuplai kalium Anda yang habis karena muntah dan diare. Makan hanya satu pisang juga akan membantu mengembalikan tingkat energi Anda. Anda hanya bisa makan pisang matang atau membuat shake pisang lezat dan sehat dan minum dua sampai tiga kali sehari.

8. Air kelapa muda

Air kelapa muda sejak dahulu digunakan untuk mengatasi berbagai jenis keracunan makanan. Sebab, air kepala mengandung zat tannin yang bersifat antiracun. Di samping itu, air kepala muda juga mengandung elektronit yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh.

9. Teh herbal

Menghirup teh herbal dapat membantu menenangkan sistem yang terganggu dan menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Teh peppermint memiliki efek menenangkan pada perut dan dapat meredakan kram perut. Jika Anda mengalami mual, cobalah teh licorice atau teh chamomile karena teh ini akan mengurangi peradangan dan menenangkan perut Anda.

10. Madu

Madu memiliki kedua zat, yakni antijamur dan antibakteri yang efektif untuk mengobati gangguan pencernaan dan gejala keracunan makanan lainnya. Madu sebagai obat alami dapat diambil dalam bentuk murni atau ditambahkan ke teh.

Baca juga: Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Madu
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *