10 Cara Ampuh Mengobati Kista Ganglion Secara Alami

by

Kista ganglion, berbentuk kecil, kantung bulat atau benjolan berisi cairan sinovial kental. Ukuran benjolan dapat berkisar dari ukuran kacang hampir berdiameter satu inci. Penyakit ini biasanya membentuk lebih dari satu sendi atau tendon di jari, pergelangan tangan, pergelangan kaki atau telapak kaki.

Gejala yang paling umum dari kista ganglion adalah rasa sakit dan ketidaknyamanan bersama dengan sensasi kesemutan, mati rasa atau kelemahan otot. Penyebab pasti dari pengembangan kista ganglion tidak diketahui, tetapi setiap iritasi sendi atau tendon atau perubahan mekanik dapat memicu masalah ini.

10 Cara Ampuh Mengobati Kista Ganglion Secara Alami
Kista ini umumnya menyerang usia 15 dan 40, terutama perempuan dan pesenam. Dalam kasus yang jarang terjadi, kista ganglion dapat terjadi pada anak berusia lebih muda dari 10 tahun. Orang yang menderita osteoarthritis atau mereka yang memiliki cedera sendi atau tendon juga lebih mungkin untuk terkena kista ini.

Seringkali, kista ganglion sembuh dengan obat sederhana dan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah, namun dalam beberapa kasus operasi pengangkatan dianggap pilihan terbaik. Nah, berikut ini adalah solusi bahan-bahan rumah yang sering Anda temukan di dapur, yang dapat digunakan untuk mengobati kista ganglion. 

10 Obat Alami Mengobati Kista Ganglion

Kompres dengan air hangat

Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan karena kista ganglion dengan penggunaan air hangat yang dijadikan kompres. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena kista ganglion dan mengalirkan drainase cairan. Ini juga akan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Kantung teh hitam

Zat asam teh hitam membantu menyembuhkan kista ganglion dan mencegah dari keadaan yang semakin buruk. Sifat anti-inflamasi teh juga memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Minyak kemenyan

Minyak kemenyan merupakan zat yang efektif yang dapat membantu mengurangi ukuran kista ganglion dan mencegah dari berulangnya kejadian kista ganglion dalam tubuh Anda. Minyak kemenyan juga dapat mengurangi rasa sakit.

Jahe

Jika kista ganglion Anda menyebabkan rasa sakit tak tertahankan, Anda bisa menggunakan jahe untuk menguranginya. Zat anti-inflamasi pada jahe membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Fitoterapia menunjukkan bahwa jahe merupakan agen anti-inflamasi yang dapat memblok aktifitas Cox-2, yang kemungkinan menyebabkan rasa sakit.

Simak juga: Manfaat Ajaib Jahe untuk Kesehatan

Kunyit

Anda juga dapat menggunakan kunyit untuk meredakan nyeri akibat kista ganglion. Tanaman ini memiliki efek positif pada peradangan dan nyeri. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Biochemistry & Biologi Cell menunjukkan bahwa curcumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas anti-inflamasi dengan mengatur sitokin, status redoks, protein kinase, molekul adhesi, enzim dan banyak faktor transkripsi yang terkait dengan peradangan.

Echinacea

Echinacea meningkatkan tingkat bahan kimia properdine dalam tubuh Anda, yang merangsang sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mengecilkan kista ganglion. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam The Journal of Medicine Alternatif mencatat bahwa penggunaan echinacea peningkatan produksi properdine.

Lidah buaya

Zat anti-inflamasi lidah buaya dapat merangsang penyembuhan kista ganglion. Zat ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Baca juga: 10 Manfaat Super Lidah Buaya untuk Kesehatan

Arnica

Arnica adalah agen anti-inflamasi yang sangat baik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Arnica juga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu kista lebih cepat sembuh.

Garam

Garam adalah agen penyembuhan luka yang akan membantu mengurangi dan menyembuhkan kista dalam beberapa hari. Ini juga akan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait.

Makanan anti-inflamasi

Untuk meminimalkan rasa sakit dan bengkak akibat kista ganglion, makan lebih banyak makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa makanan anti-inflamasi yang baik adalah salmon, biji rami, alpukat, jahe, kunyit, minyak zaitun, ceri tart, kenari, blueberry, blackberry, ubi jalar dan bayam.

Nah itulah beberapa cara alami untuk mengatasi kista ganglion. Selain itu, hindari makan atau minum makanan yang memperburuk inflamasi seperti produk tepung, nasi putih, makanan manis, soda dan makanan kaya lemak jenuh. Selamat mencoba!

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara menghilangkan ganglion
  • cara mengobati kista ganglion
  • cara mengobati ganglion secara alami
  • cara mengobati ganglion
  • Cara menghilangkan ganglion tanpa oprasi
  • cara menghilangkan ganglioan secara alami
  • cara mengecilkan kista ganglion
  • cara alami obati ganglion
  • cara alami menghilangkan benjolan ganglion
  • cara alamai mengobati kista ginglion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *