10 Cara Alami Meredakan Nyeri Gigi Habis Dicabut

by

Dry socket atau juga dikenal sebagai osteitis alveolar, adalah masalah gigi yang menyakitkan. Nyeri gigi ini dapat terjadi 4 sampai 5 hari setelah gigi dicabut. Setelah ekstraksi gigi, gumpalan darah terbentuk di lokasi untuk melindungi tulang dan saraf ujung. Nyeri gigi terjadi ketika bekuan darah ini akan copot atau larut sebelum luka telah sembuh.

Para ahli tidak tahu penyebabnya secara pasti. Namun, penyebabnya bisa jadi karena infeksi bakteri, tulang dan trauma jaringan selama ekstraksi gigi dan sepotong kecil tulang yang tersisa di luka setelah ekstraksi. Selain itu, ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya dry socket, seperti merokok, memiliki tulang rahang yang padat, sejarah masa lalu memiliki dry socket atau jenis infeksi oral dan penggunaan kortikosteroid.

10 Cara Alami Meredakan Nyeri Gigi Habis Dicabut
Nah, untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi Dry Socket atau rasa nyeri setelah dicabutnya gigi.

Obat Alami Menyembuhkan Nyeri Gigi

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan dry socket. Anestesi dan sifat analgesik membantu mengurangi rasa sakit berdenyut. Minyak cengkeh bertindak sebagai penghalang fisik antara tulang yang terkena bersama dengan ujung saraf yang terkena di area sekitar mulut. Minyak cengkeh juga terbukti ampuh untuk pertolongan pertama sakit gigi.

Kompres dingin

Nyeri pada rahang dan pipi umumnya diderita mereka yang menderita dry socket. Lakukan kompres dengan es untuk mengurangi rasa sakit. Suhu dingin memiliki efek mati rasa pada saraf, yang mengurangi rasa sakit.

Air garam hangat 

Dengan lembut bilas mulut Anda dengan air garam hangat 24 jam setelah pencabutan gigi sangat efektif untuk mencegah dry socket. Rasa hangat akan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Sementara garam akan membantu mencegah infeksi.

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil merupakan antiseptik alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah gigi seperti dry socket. Bahkan dapat mencegah infeksi pada gigi dan gusi jika kotoran terjebak di dalam gigi yang berlubang. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Farmakognosi Brasil menganalisis pengaruh tea tree oil pada penyembuhan alveoli gigi yang terinfeksi dan menyimpulkan bahwa ia bekerja sebagai pengobatan luka yang menjanjikan.

Kantong teh

Anda dapat menggunakan kantong teh hitam untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh dry socket. Kehadiran asam tanat dalam kantong teh bekerja seperti antibiotik alami dan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Hindari tembakau

Baik itu merokok atau mengunyah tembakau, dapat meningkatkan risiko dry socket. Bahan kimia berbahaya dan racun dalam rokok dan bentuk lain dari tembakau dapat memperlambat proses penyembuhan. Tembakau bahkan dapat mencemari gigi yang terpengaruh dan memperlambat proses penyembuhan.

Selain itu, merokok atau mengunyah tembakau dapat secara fisik menghambat gumpalan darah. Sebuah studi 2011 mencatat bahwa merokok bersama dengan trauma bedah dan ekstraksi tunggal adalah faktor predisposisi terjadinya dry socket. Oleh karena itu, dianjurkan untuk berhenti merokok sepenuhnya sebelum dan sesudah ekstraksi.

Kunyit

Kunyit adalah analgesik dan anti-inflamasi herbal yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dry socket pada gigi. Selain mengurangi rasa sakit, kunyit akan mempercepat proses penyembuhan. 
Seperti kunyit, bawang putih juga merupakan anti-inflamasi dan antibiotik alami, juga efektif dalam mengurangi rasa sakit pada gusi dan gigi karena dry socket. Bawang putih bahkan bisa mengurangi risiko infeksi.

Cuka sari apel

Membersihkan mulut Anda dengan cuka sari apel dapat membantu mencegah infeksi setelah pencabutan gigi, berkat antibakteri dan sifat anti-inflamasi.

Makanan yang lembut

Setelah gigi Anda dicabut, adalah penting untuk tetap terhidrasi, untuk mengurangi risiko dry socket. Kurangnya air dalam tubuh akan menghentikan migrasi sel, penurunan oksigenasi dari darah dan menunda penyembuhan luka.

Simak juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Sakit Gigi

Nah, itu tadi bebeapa cara praktis menyembuhkan nyeri gigi setelah dicabut secara alami. Gunakan metode yang pas buat Anda dan tentunya dengan bahan yang mudah Anda temui. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • bagaimana cara meredakan sakit gigi yg habis di cabut?
  • cara menghilangkan sakit gigi setelah di cabut debgan vara tradisional
  • cara menghilangkan sakit gigi setelah dicabut
  • cara menhilangkan sakit gigi habis di cabut
  • cara meredakan sakit karna gigi di cabut
  • cara obati gigi yg baru dicabut
  • gimana meyembuhkan gigi baru dicabut
  • meredakan nyeri setelah gigi di cabut
  • obat sakit gigi habis dicabut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *