10 Cara Mengurangi Lemak di Perut dengan Makanan

by

Lemak perut, yang juga dikenal sebagai lemak visceral, adalah lemak yang terakumulasi di sekitar bagian tengah tubuh. Tidak hanya lemak perut yang membuat sosok Anda tidak menarik, tetapi juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit hati berlemak.

Banyak orang mencoba diet untuk menurunkan lemak perut, tapi justru bukan solusi optimal. Cara ideal untuk menyingkirkan lemak perut adalah dengan memilih makanan Anda dengan bijaksana dan melakukan beberapa latihan fisik sehari-hari.

10 Cara Mengurangi Lemak di Perut dengan Makanan
Mengetahui makanan apa yang baik untuk menjadi asupan Anda sehari-hari, sama baiknya dengan mengetahui latihan apa yang juga cocok untuk Anda lakukan sehari-hari. Makanan tertentu benar-benar membantu mengurangi lemak perut Anda dan selain sehat, tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi ramping. Nah, berikut ini adalah 10 makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi lemak perut.

10 Makanan Sehat Pembakar Lemak Perut

1. Almond 

Almond mengandung lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Kedua lemak membantu mencegah Anda makan berlebihan. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition telah membuktikan bahwa makan almond menekan rasa lapar. Mereka juga membantu memerangi penyakit jantung.

2. Semangka

The American Dietetic Association menyatakan semangka sebagai makanan yang sempurna untuk mengurangi lemak perut. Semangka mengandung air 91 persen dan ketika Anda makan semangka sebelum makan besar, maka semangka dapat mengisi perut Anda tanpa menambahkan sejumlah besar kalori untuk Anda.

3. Kacang

Konsumsi rutin dari berbagai jenis kacang-kacangan membantu mengurangi lemak tubuh, mengembangkan otot dan meningkatkan proses pencernaan. Kacang juga membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama, sehingga menjaga Anda dari makan berlebihan.

4. Seledri

Untuk mendapatkan perut datar, Anda dapat mengisi piring Anda dengan sayuran berdaun hijau seperti seledri. Seledri sangat rendah kalori, penuh serat, dan mengandung kalsium dan vitamin C yang membantu dalam penurunan berat badan.

5. Mentimun

Mentimun adalah makanan yang sangat menyegarkan dan rendah kalori. 100 gram mentimun mengandung sekitar 96 persen air dan hanya sekitar 45 kalori. Buah ini juga mengandung mineral, serat makanan dan vitamin yang tinggi.

6. Tomat

Satu tomat besar hanya memiliki 33 kalori. Tomat berisi senyawa yang dikenal sebagai 9-okso-ODA yang membantu mengurangi lemak dalam darah, yang bermanfaat dalam mengontrol lemak perut. Antioksidan lycopene dalam tomat menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan seperti mengurangi keriput, melawan kanker dan mengurangi kadar kolesterol. Buah tomat sumber yang sangat baik dari nutrisi seperti zat besi dan kalium, serta kaya akan vitamin A dan C.

7. Alpukat

Asam amino penting yang dikenal sebagai lesitin dalam alpukat membantu dalam mengelola berat badan. Juga merupakan sumber lemak baik tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Alpukat membantu membakar lemak perut dengan mudah. Kandungan serat yang kaya juga membantu menjaga Anda dari merasa lapar.

8. Apel

Apel yang tinggi serat diet, flavonoid, fitosterol, dan beta-karoten, yang membuat perut Anda merasa kenyang dan membantu Anda menghindari makan berlebihan. Menurut sebuah studi Brasil, wanita yang makan tiga atau lebih buah apel sehari kehilangan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak.

9. Kue yang mengandung buah chery

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan menyimpulkan bahwa makanan yang mengandung chery tart mengurangi risiko penyakit jantung dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik meningkatkan jumlah lemak perut serta risiko penyakit jantung dan diabetes. Chery ini mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan dapat mengurangi lemak tubuh.

10. Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Enzim ini memetabolisme protein yang memberikan kontribusi untuk membentuk perut datar. Penelitian yang dilakukan University of Maryland mengungkapkan bahwa sifat antibakteri bromelain pada nanas juga membantu memerangi bakteri yang menyebabkan diare dan juga sangat efektif dalam penyembuhan gangguan usus.

Nah, itu tadi daftar makanan untuk mengurangi lemak di perut Anda. Dengan makanan ini, Anda bisa melawan lemak perut dan dapat menikmati pinggang ramping. Namun, makanan ini hanya akan memainkan peran utama dalam mencapai angka timbangan yang lebih baik ketika digabungkan dengan olahraga teratur. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *