10 Kesalahan Menyikat Gigi yang Harus Anda Hindari

by

Menyikat gigi setiap pagi dan sore hari memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan gigi. Menyikat gigi membantu Anda menjaga kesehatan mulut yang baik dengan menghapus partikel makanan, puing-puing dan plak dari gigi dan bakteri dari mulut Anda.

Kesehatan mulut juga berdampak baik kesehatan Anda secara menyeluruh. Mulut dan gigi yang sehat membantu dalam mencegah penyakit pernapasan, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan fungsi kognitif, serta mencegah gangguan perut.

10 Kesalahan Menyikat Gigi yang Harus Anda Hindari
Meskipun menyikat gigi sudah menjadi rutinitas harian, banyak dari kita tidak melakukannya dengan benar. Ada banyak kesalahan umum yang kita semua sering lakukan dalam menyikat gigi. Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, Anda harus menyadari kesalahan-kesalahan ini dan menghindarinya. Berikut adalah 10 kesalahan menyikat gigi yang harus Anda hindari.

10 Kesalahan Umum Membersihkan Mulut & Gigi

Menggunakan sikat gigi yang salah

Sikat gigi terdiri dalam berbagai ukuran, dan kebanyakan orang tidak paham mana ukuran yang baik untuk dibeli dan sering tidak memberikan pemikiran apapun. Untuk membersihkan gigi Anda dengan benar, Anda perlu menggunakan sikat gigi yang berukuran benar. 
Jika terlalu besar, Anda mungkin harus meregangkan mulut Anda tetap terbuka. Jika terlalu kecil, maka proses pembersihannya tidak akan maksimal. Ketika sikat gigi terasa enak di tangan dan mulut dan menjangkau setiap gigi, maka itu adalah ukuran yang tepat.

Memilih bulu sikat yang salah

Sama seperti ukuran yang berbeda dari sikat gigi, sikat juga dibuat dengan bulu yang berbeda. Bulu sikat ada yang lurus, bulat, bulu miring atau zigzag. Dokter gigi mengatakan bahwa bulu miring umumnya yang terbaik, karena mereka membantu membersihkan semua gigi dengan baik terlepas dari posisi mereka.
Baca juga: 10 Cara Jitu Memutihkan Gigi Secara Alami

Menggunakan teknik menyikat yang salah

American Dental Association telah menyiapkan pedoman teknik menyikat gigi yang benar: Sejajarkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke garis gusi Anda. Gunakan sikat dengan bulu lembut, gerakkan sikat gigi bolak-balik di sekitar gigi Anda. 
Kemudian sikat sirkuler atau vertikal sekitar permukaan luar, dalam dan semua gigi Anda. Setelah selesai, sikat lidah Anda untuk menghilangkan bakteri dan mencegah bau mulut. Kemudian, bilas mulut Anda secara menyeluruh.

Waktu menyikat

Untuk kesehatan mulut dana gigi secara menyeluruh, American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dan sebaiknya tiga kali dalam sehari. Anda harus sikat di pagi hari, sebelum tidur dan, jika diperlukan, setelah makan. Ini akan membantu menghilangkan plak dan menetralkan pH mulut, menjaga gigi Anda bersih dan sehat.

Menyikat terlalu sering

Beberapa orang terlalu kebersihan sadar dan akhirnya menyikat gigi mereka terlalu sering. Jika Anda menyikat lebih dari 3 kali sehari, dapat membahayakan gigi Anda. Hal ini dapat menyebabkan resesi garis gusi serta erosi percepatan dari enamel gigi.

Menyikat di spot yang sama setiap waktu

Sebagian besar dari kita mulai menyikat gigi kita di tempat yang sama. Ini kesalahan umum yang sering dilakukan. Ketika kita mulai pada titik tertentu setiap kali kita menggosok gigi, ada kemungkinan tinggi mulai malas setelah mencapai kuadran terakhir gigi kita. Ini berarti pembersihan yang tepat tidak dilakukan.

Mengabaikan inner permukaan gigi

Ketika kita menyikat gigi di pagi hari yang sibuk, pikiran kita mungkin sibuk dan kita bisa lupa untuk menyikat gigi di permukaan. Kesalahan seperti itu dapat menyebabkan penumpukan plak pada permukaan bagian dalam. Ini bisa sama merusaknya seperti plak di bagian depan gigi Anda.

Tidak membilas sikat gigi anda setelah digunakan

Terburu-buru untuk keluar dari rumah di pagi hari atau pergi tidur di malam hari, kita sering tidak mengambil waktu untuk membilas sikat gigi dengan benar setelah menggunakannya. Karena ini, bakteri dan sisa-sisa makanan tetap pada bulu, yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit gusi nanti. Plus, dapat menyebabkan bulu pada sikat untuk menjadi keras.

Menyimpan sikat gigi dalam keadaan basah

Sikat gigi yang basah menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Dan pada saat Anda menggunakannya, Anda tidak sadar memperkenalkan bakteri ke dalam mulut Anda, yang dapat menyebabkan bau mulut dan penyakit gusi lainnya.

Terlambat mengganti sikat gigi 

Banyak dari kita tidak tahu kapan harus mengganti sikat gigi. Inilah kesalahan besar yang harus Anda hindari. Setelah menggunakan sikat gigi selama beberapa bulan, bulu mulai membungkuk dan robek. Sikat gigi dalam kondisi ini tidak akan membersihkan gigi Anda dengan benar. Ahli gigi menyarankan mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan.
Simak juga: 10 Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

Nah, itu tadi beberapa kesalahan menggosok gigi yang harus Anda hentikan mulai dari sekarang. Jangan pernah abaikan masalah gigi. Sebab sehat tidaknya gigi Anda, tergantung cara Anda merawatnya. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *