10 Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Kelelahan

by

Kelelahan, lesu dan gelisah, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan umum ketika tubuh menjadi lemah. Hal ini dapat berhubungan dengan kelelahan fisik atau mental. Merasa lelah tidak sama dengan perasaan mengantuk, kendati gejalanya hampir sama.

Beberapa faktor gaya hidup, kondisi medis atau masalah psikologis dapat menyebabkan kelelahan. Adapun faktor lain yang menyebabkan kelelahan diantaranya konsumsi alkohol, kafein, aktivitas fisik yang berlebihan, kurang aktif, kurang tidur dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

10 Makanan Ini Ampuh untuk Mengatasi Kelelahan
Anda dapat merasa lelah karena gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, sedih dan stres. Bahkan kondisi medis tertentu dapat membuat Anda lelah, seperti gagal hati, anemia, kanker, penyakit ginjal, penyakit jantung, gangguan tiroid, obesitas, serta diabetes.

Gejala utama dari kelelahan adalah lesu, terutama setelah aktivitas fisik atau mental. Beberapa tanda-tanda lain termasuk sakit otot, kurangnya motivasi, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, gampang marah, nafsu makan menurun, murung dan kekurangan energi. Berikut adalah 10 makanan yang dapat Anda konsumsi untuk melawan kelelahan atau gampang capek.

Pisang

Pisang mengandung kalium yang diperlukan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Selain itu, pisang kaya akan banyak nutrisi penting, seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak omega-3, omega-6 asam lemak, serat dan karbohidrat, yang membantu mengalahkan kelelahan, dehidrasi dan gejala kelelahan lainnya.

Green tea

Secangkir teh hijau juga dapat berkhasiat dalam melawan kelelahan, terutama stres dan kelelahan yang berhubungan dengan pekerjaan. Green tea mengandung polifenol yang membantu mengurangi stres, meningkatkan energi dan meningkatkan fokus mental.

Biji labu

Biji labu adalah camilan yang ideal untuk memerangi kelelahan. Makanan ini juga sarat dengan protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3 dan vitamin B1, B2, B5 dan B6, serta mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, zat besi dan tembaga. Semua nutrisi ini bekerja sama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan energi dan melawan gejala kelelahan.

Oatmeal

Makanan yang sempurna untuk memerangi kelelahan adalah oatmeal. Makanan ini juga kaya akan karbohidrat berkualitas yang disimpan dalam tubuh sebagai glikogen dan menyediakan bahan bakar untuk otak dan otot sepanjang hari.

Yogurt

Tingginya jumlah protein, karbohidrat dan probiotik usus dalam yoghurt dapat menjadi kekuatan besar dalam melawan gejala kelelahan. Bahkan, proses tubuh menyerap yogurt lebih cepat daripada makanan padat, dan karena itu bekerja sebagai sumber energi cepat kapanpun Anda membutuhkannya.

Semangka

Jika Anda merasa lelah di hari yang terik atau setelah latihan karena dehidrasi, Anda bisa mendapatkan energi Anda kembali dengan mengonsumsi semangka. Semangka mengandung banyak air dan elektrolit yang mencegah dehidrasi dan membantu Anda tetap aktif dan bebas dari gejala kelelahan.

Kenari

Kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat dengan mudah menangkal gejala kelelahan. Jenis kacang ini juga dapat membantu meringankan gejala depresi ringan. Kenari mengandung protein dan serat, yang membantu meningkatkan energi setelah latihan. Kacang ini juga memiliki jumlah yang layak mangan, magnesium, fosfor, besi, tembaga dan vitamin.

Kacang-kacangan

Kacang disebut makanan ajaib bagi banyak alasan yang baik. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu melawan kelelahan. Mereka tinggi serat, mengandung karbohidrat kompleks dan protein, dan berbagai mineral termasuk kalium, magnesium, fosfor, tembaga dan besi. Komposisi ini memiliki nutrisi yang unik dan memberikan energi yang tahan lama dan mencegah Anda dari perasaan lelah.

Paprika merah

Paprika merah adalah salah satu sumber terbaik vitamin C. Antioksidan ini tidak hanya memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga membantu mengurangi hormon stres kortisol yang memberikan kontribusi terhadap rasa lelah.

Bayam

Bayam adalah makanan yang paling banyak mengandung zat besi yang membantu darah memberikan oksigen ke sel-sel tubuh. Bayam pada gilirannya membantu menghasilkan energi dan memerangi kelelahan dan gejala kelelahan lainnya. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *