10 Manfaat Ajaib Kantong Teh Celup Bekas

by

Kantong teh dikemas dengan sederhana sehingga membuat Anda begitu mudah untuk menikmati secangkir teh di sore hari bersama keluarga. Apapun jenis tehnya, entah itu teh hijau, teh hitam, teh chamomile, teh peppermint atau teh herbal lainnya, meminum beberapa cangkir teh sehari memberikan banyak manfaat kesehatan.

Seperti contohnya adalah teh herbal. Teh herbal memiliki antioksidan, anti-inflamasi, astringent dan antibiotik yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

 10 Manfaat Ajaib Kantong Teh Celup Bekas
Selain manfaat kesehatan, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat tambahan dari kantong teh Anda. Setelah menikmati secangkir teh, ada baiknya Anda tak langsung membuang kantong teh Anda, karena ternyata, kantong teh tersebut memiliki banyak kegunaan.

Nah, berikut 10 manfaat kantong teh bekas yang dapat sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, dari kesehatan kulit hingga kesehatan tubuh Anda. 

10 Kegunaan Kantong Teh Celup Bekas

Mengobati jerawat ringan

Kantong teh hijau dapat membantu melindungi dan mempercantik kulit Anda dalam beberapa cara, salah satunya dengan membantu mengobati jerawat ringan. Katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjadi pengobatan yang efektif dan aman untuk jerawat ringan.
Teh hijau memiliki zat untuk anti-penuaan dan sifat antioksidan yang membantu memperbaiki kulit dan elastisitas kulit. Bahkan teh hijau dapat berkhasiat melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kerutan. Anda dapat menggunakan kantong teh hijau sisa Anda membuat teh sebagai masker.

Menghilangkan bau mulut

Anda dapat menikmati kesegaran napas rasa mint menggunakan obat kumur sederhana dan ringan yang dibuat dengan peppermint dan kantong teh hijau. Sifat antiseptik dan antibakteri dalam teh ini membantu melawan bakteri jahat di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut.

Membuat rambut hitam berkilau

Kantong teh hitam atau hijau dapat membantu mengatasi keluhan rambut kering dan kusam Anda. Antioksidan dalam teh meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan ketombe.

Mengatasi mata panda

Hampir semua jenis kantong teh dapat membantu meredakan bengkak dan iritasi mata. Teh memiliki anti-iritasi dan sifat antioksidan yang membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mengurangi kelelahan dan peradangan.
Simak juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Mata Panda

Mengobati luka bakar

Kantong teh hijau celup yang lembab dapat meredakan luka bakar, karena api ataupun karena sinar matahari. Teh hijau mengandung tanin dengan sifat anestesi zat dan ringan yang dapat membantu memerangi gatal dan nyeri.

Melawan jamur kuku

Alih-alih membuang kantong teh digunakan, Anda dapat menggunakannya untuk mengobati jamur kuku. Tanin dalam teh membantu membunuh jamur yang bertanggung jawab dalam infeksi jamur, sedangkan sifat antibiotik dan zat lainnya dapat mengurangi gejala seperti rasa terbakar, pembengkakan dan iritasi kulit.

Digunakan untuk eksfoliasi kulit

Tekstur sedikit kasar pada isi kantong teh dapat digunakan dan sangat bagus untuk membantu pengelupasan kulit Anda. Ini membantu menyingkirkan sel kulit mati, dan kotoran lainnya. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi membantu mencerahkan dan membuat kulit Anda bersinar alami.

Melindungi tanaman dari hama dan infeksi

Sebelum dibuang, celupkan kantong teh Anda pada air dingin, masukkan ke dalam semprotan dan semprotkan pada tanaman Anda secara rutin. Hal tersebut akan membantu tanaman Anda terhindar dari hama dan infeksi.

Sebagai tambahan pupuk kompos

Kantong teh terbuat dari kertas atau kain kasa, daripada polypropylene. Kantong teh dapat digunakan dan dapat dikomposkan untuk mempercepat proses dekomposisi bahan tanaman. Kantong teh juga mendorong bakteri ramah untuk tumbuh, yang membantu mencegah masalah jamur dan hama.

Nah, itulah beberapa manfaat kantong teh bekas. Jadi, sebelum dibuang, manfaatkan terlebih dahulu kantong teh Anda. Selamat mencoba! 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *