10 Manfaat Super Tanaman Astringent untuk Kesehatan

by

Tanaman astringent kerap dijadikan bahan untuk membuat berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Tak hanya dalam kosmetik, astringent juga harus ada di kotak-kotak P3K di rumah. Sebab, astringent ternyata memiliki banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan.

Kulit, ranting dan daun tumbuhan astringent ternyata umum digunakan dalam pengobatan tradisional. Bahkan menurut penelitian, salah satu tanaman herbal ini mengandung anti-inflamasi, antimikroba dan antivirus.

10 Manfaat Super Tanaman Astringent untuk Kesehatan
Produk-produk yang berbahan dasar astringent ternyata juga memiliki kandungan yang tinggi tanin, flavonoid dan minyak atsiri. Ekstrak ini juga digunakan sebagai bahan dalam berbagai macam produk perawatan kulit komersial. Nah, berikut ini 10 manfaat ajaib tanaman astringent untuk berbagai keperluan.

Mengobati jerawat

Astringent adalah obat rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya, seperti eksim dan psoriasis. Astringent memiliki kemampuan dalam menyempitkan pembuluh darah dan pori-pori di bawah permukaan kulit Anda. Kontraksi atau menyusutnya pori-pori Anda dapat membantu mengurangi pori-pori besar, sehingga mencegah jerawat. 

Baca juga: 10 Mitos Menyesatkan Tentang Jerawat

Selain itu, astringent memiliki sifat antimikroba yang membantu menyembuhkan jerawat. Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Dermatology and Aesthetic menganalisis 52 produk untuk perawatan jerawat. Hasilnya, zat anti peradangan lidah buaya dan astringent adalah zat yang paling banyak ditemukan di kosmetik.

Menghapus komedo

Tanin dalam astringent membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit, sehingga mungkin berguna dalam mengobati komedo dan noda lainnya. Selain itu, sifat zat yang mengurangi ukuran pori-pori terbuka tersebut meminimalkan risiko matinya sel-sel kulit, bakteri dan sebum yang menyumbat pori-pori.

Mengobati luka bekas cukur

Anda dapat menggunakan astringent sebagai aftershave lotion jika Anda terkena ruam bekas cukur. Sifat anti-inflamasi mengurangi sensasi terbakar serta rasa sakit dan gatal. Selain itu, zat yang ada di astringent ini menciptakan penghalang parsial terhadap infeksi.

Mengontrol keringat berlebih

Sifat astringent dan antiperspirant di astringent membantu mengendalikan keringat berlebih, yang juga dikenal sebagai hiperhidrosis. Asam tannic di dalamnya membantu penyempitan bukaan saluran, dan menghambat kelebihan keringat. Anda dapat menggunakan astringent untuk mengontrol keringat berlebih di wajah Anda, kaki, telapak tangan dan ketiak.

Mengobati varises

Tanaman ini bahkan bisa dipakai untuk mengobati varises. Polifenol di dalamnya membantu memperkuat pembuluh darah, yang pada gilirannya mengurangi munculnya menggembungnya urat, salah satu gejala yang paling umum dari varises. Tidak hanya itu, sifat zat yang membantu mengurangi pembengkakan maupun rasa sakit.

Mengobati wasir

Astringent dapat membantu mengobati pembuluh darah yang rusak, yang bertanggung jawab menyebabkan wasir, terutama karena zat anti-inflamasi dan sifat penyembuhannya. Astringent bahkan membantu mengurangi rasa sakit dan gatal.

Mengobati kulit terbakar sinar matahari

Astringent bahkan dapat digunakan untuk menenangkan dan mengobati sengatan matahari dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB) radiasi dari matahari. Aksi anti-inflamasi membantu mengurangi kemerahan kulit, mengelupas dan gatal.

Meredakan gatal

Astringent juga baik untuk menghilangkan gatal-gatal, berkat sifat zat dan anti-inflamasi. Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan gigitan serangga, sengatan serangga, dan ruam popok.

Mengobati ketombe

Jika Anda melihat serpihan putih di rambut Anda karena ketombe, Anda dapat menghilangkannya dengan astringent. Astringent juga membantu menyeimbangkan pH kulit kepala untuk mengobati ketombe dan kulit kepala kering. Selain itu, dapat membantu meringankan kulit kepala gatal.

Menyembuhkan sariawan

Anda dapat menyingkirkan sariawan serta luka di mulut dan bibir dengan menggunakan astringent. Astringent juga membantu mengeringkan lapisan luar lemak yang luka karena sel-sel virus, sehingga memerangi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.
Simak juga: 10 Cara Cepat Mengobati Sariawan Secara Alami

Itu tadi 10 manfaat tak terduga tanaman Astringent untuk berbagai keperluan, baik kesehatan maupun kecantikan. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *