7 Keuntungan Melakukan Latihan Plank Setiap Hari

by

Latihan plank adalah salah satu jenis olahraga kebugaran yang sederhana namun memiliki banyak manfaat. Latihan plank berguna untuk memperkuat otot perut. Otot inilah yang bemanfaat untuk menopang tulang belakang.

7 Keuntungan Melakukan Latihan Plank Setiap Hari
Dengan demikian, otot perut juga memainkan peran penting dalam mencegah cedera. Namun, agar hasilnya maksimal, Anda harus melakukannya secara rutin. Berikut manfaat penting melakukan latihan plank setiap hari.

1. Meningkatkan kekuatan tulang belakang

Plank adalah latihan yang ideal untuk otot perut karena mereka melibatkan semua kelompok otot inti utama termasuk abdominus melintang, rektus abdominus, otot oblik eksternal, dan glutes. Pentingnya penguatan setiap kelompok otot tidak dapat diremehkan.

2. Mengurangi risiko cidera di punggung dan tulang belakang
Melakukan plank adalah jenis latihan yang memungkinkan Anda untuk membangun otot sementara juga memastikan bahwa Anda tidak menempatkan terlalu banyak tekanan pada tulang belakang atau pinggul. Menurut American Council on Exercise, melakukan plank teratur tidak hanya secara signifikan mengurangi sakit punggung tetapi juga memperkuat otot-otot Anda dan memastikan dukungan yang kuat untuk seluruh punggung Anda, terutama di daerah sekitar punggung bagian atas.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Plank adalah cara terbaik menantang seluruh tubuh Anda karena melakukannya setiap hari akan membakar kalori lebih dari latihan perut tradisional lainnya, seperti sit-up. Otot-otot Anda diperkuat dengan melakukan latihan ini pada sehari-hari dan memastikan bahwa Anda membakar lebih banyak energi.

Hal ini penting terutama jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda duduk di depan komputer. Juga, membuatnya menjadi 10 sampai 1 menit latihan di rumah setiap hari sebelum atau setelah bekerja tidak hanya akan memberikan tingkat metabolisme tetapi juga akan memastikan bahwa tingkat metabolisme tetap tinggi sepanjang hari.

4. Memperbaiki postur tubuh

Melakukan plank dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berdiri dengan postur tegak dan stabil. Melalui penguatan otot perut, Anda akan mampu mempertahankan postur tubuh yang tepat setiap saat karena otot-otot di perut memiliki efek mendalam pada kondisi keseluruhan leher, bahu, dada dan punggung.

5. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Pernahkah Anda merasa bahwa ketika Anda mencoba berdiri dengan satu kaki, Anda tidak bisa berdiri tegak selama lebih dari beberapa detik? Ini bukan karena Anda mabuk, melainkan karena otot perut Anda tidak cukup kuat untuk memberikan keseimbangan yang Anda butuhkan.

6. Lebih fleksibel dari sebelumnya

Fleksibilitas adalah manfaat utama dari melakukan plank secara teratur, untuk bentuk mengembang dan membentang semua kelompok posterior otot bahu, tulang belikat, dan tulang selangka, juga peregangan paha belakang, lengkungan kaki Anda, dan jari-jari kaki.

7. Meredakan stres
Latihan plank memiliki efek tertentu pada saraf kita, membuat cara yang sangat baik untuk meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Sebab latihan plank berguna untuk mengencangkan kelompok otot yang berkontribusi untuk meredakan stres dan ketegangan dalam tubuh.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dan keuntungan melakukan plank secara rutin. Selain murah karena tidak membutuhkan alat tertentu, latihan plank juga bisa Anda lakukan kapanpun bahkan di ruangan sempit sekalipun.

Baca juga: 
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *