Cara Membuat Hand Sanitizer Alami Sendiri di Rumah

by

Kebersihan tangan sangat penting untuk menangkal infeksi dan membuat Anda tetap sehat. Bahkan ketika daya tahan Anda atau imunitas Anda turun, mencuci tangan Anda adalah kunci untuk mencegah infeksi dari mausknya penyaki ke dalam tubuh Anda sendiri, serta meminimalkan penyebaran kuman kepada orang lain.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan mencuci tangan dengan air mengalir, air bersih dan sabun selama 20 detik untuk hasil terbaik. Jika air mengalir dan sabun tidak tersedia, pembersih tangan berbasis alkohol adalah pilihan berikutnya.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami Sendiri di Rumah
Pembersih tangan komersial telah marak digunakan akhir-akhir ini. Produk tersebut sudah tersedia di berbagai toko dan sering ditempatkan di dekat kasir sehingga memudahkan Anda untuk menambahkannya ke keranjang Anda tanpa berpikir sebelum membayar belanjaan Anda di kasir.

Namun, produk-produk pembersih tangan atau hand sanitizer di pasaran umumnya mengandung bahan kimia berbahaya. Hal inilah yang terkadang membuat Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Nah ketimbang Anda ragu, kenapa Anda berniat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami?

US Food and Drug Administration (FDA) menyuarakan keprihatinan yang mengkhawatirkan tentang keamanan sabun dan produk-produk terkait antibakteri, seperti pembersih tangan. Menurut FDA, semua produk pembersih berlabel antibakteri mengandung bahan kimia yang disebut triclosan dan triclocarban yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Selain itu, efek negatif dari penggunaan jangka panjang antibakteri pada pembersih tangan komersial cenderung lebih besar daripada keuntungan jangka pendek. Dengan pemakaian teratur, triclosan dalam pembersih tangan dan produk pembersih tangan lain membuat bakteri kulit dan mikroorganisme lainnya mengalami resistensi atau lebih kebal.

Dampak negative lainnya penggunaan triclosan secara terus-menerus dapat membuat seseorang kebal terhadap efek antimikroba obat, seperti yang digunakan dalam obat-obatan yang mengobati bakteri yang sangat menular seperti E. coli dan salmonella.

Penyakit ini tidak hanya mempengaruhi individu dan kesehatan keluarga atau rumah tangga saja, namun memiliki kapasitas yang mempengaruhi seluruh masyarakat. Dengan demikian, penggunaan triclosan menimbulkan risiko menjadi masalah kesehatan masyarakat.

Bahan kimia lainnya dalam pembersih tangan komersial juga dapat secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan Anda. Banyak mengandung bahan kimia seperti miristat isopropil dan propilen glikol yang meningkatkan kemampuan penyerapan obat pada kulit untuk mempromosikan pengiriman yang lebih baik dari obat yang digunakan dalam produk perawatan kulit.

Bahan kimia ini membuat kulit rentan terhadap menyerap kontaminan lingkungan yang tak terhitung jumlahnya.

Anda mungkin sering kali terjebak pada situasi, Anda ingin mencuci tangan tapi tak ada air mengalir ataupun sabun, sehingga mau tidak mau Anda harus menggunakan hand sanitizer. Kuncinya adalah menggunakan pembersih yang bebas dari bahan kimia berbahaya tapi masih cukup ampuh untuk mengalahkan kuman.

Berikut cara membuat hand sanitizer Anda sendiri yang bebas bahan kimia. Siapkan bahan-bahannya:

  • Alkohol dapat mencegah dari degenerasi dan efektif membunuh kuman.
  • Minyak vitamin E adalah agen pelembab yang dapat mengcounter kerasnya alkohol saat Anda menggosoknya di tangan. Anda juga dapat menggunakan gliserin atau minyak ssayur bukan minyak vitamin E.
  • Gel lidah buaya adalah agen antibakteri yang sangat efektif dan juga membantu melembabkan kulit Anda.
  • Tea tree oil, kayu manis, cengkeh, rosemary dan eucalyptus semua agen antibakteri yang efektif. Bahan-bahan ini juga memberikan sanitizer aroma yang menyegarkan. Tea tree oil sangat efektif pada percepatan memusnahkan beberapa bakteri. Kayu manis, cengkeh dan minyak esensial rosemary berada di antara 19 dari 21 minyak ditemukan efektif melawan bakteri secara ampuh.
  • Minyak esensial Eucalyptus ditemukan menunjukkan aktivitas antibakteri yang signifikan terhadap E. coli dan S. aureus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 2012 di Asia Pasifik Journal of Tropical Biomedik.

Setelah semua bahan siap, lakukan langkah-langkahnya:

  1. Tambahkan 2 sendok makan alkohol dalam 1 cangkir air suling.
  2. Tambahkan 1 sendok makan gel lidah buaya.
  3. Tambahkan ½ sendok teh minyak vitamin E.
  4. Tambahkan 10 tetes tea tree oil.
  5. Tambahkan 10 tetes minyak kayu manis.
  6. Tambahkan 5 tetes minyak cengkeh, rosemary dan minyak kayu putih.
  7. Aduk bahan bersama-sama.
  8. Gunakan corong untuk menuangkan campuran ke dalam botol semprot.
  9. Kencangkan tutup dan kocok isi.

Voila! Hand sanitizer buatan sendiri Anda siap digunakan. Semprot beberapa di telapak tangan dan gosok seluruh tangan Anda. Atau, Anda dapat menempatkan sanitizer ke botol biasa, botol nonspray dan menggunakannya sebagai gel. Selamat mencoba!

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • bahan pembuatan hand sanitizer
  • hand sanitizer lidah buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *