Waspada! 10 Penyakit Ini Bisa Diam-Diam Membunuh Anda

by

Banyak penyakit yang diberi label sebagai “pembunuh”. Maksudnya adalah, penyakit ini sering disepelekan, padahal mereka bisa menjadi silent killer yang sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Penyakit-penyakit ini ditandai dengan gejala halus yang sering tidak terdeteksi atau tidak diperhatikan. Jika penyakit tersebut tidak segera diobati, risiko komplikasi serius akan meningkat dan dapat menyebabkan kematian.

10 Penyakit Ini Bisa Diam-Diam Membunuh Anda
Kemungkinan besar ada sejumlah orang mungkin hidup dengan penyakit berbahaya namun tidak menyadarinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit ini. Selain itu, Anda harus melakukan pemeriksaan medis yang teratur dengan dokter Anda, sehingga gejala yang tidak jelas atau samar dapat didiagnosis sejak dini sehingga nyawa Anda dapat terselamatkan. Nah, berikut ini adalah 10 penyakit silent killer yang Anda harus tahu.

10 Penyakit Silent Killer Berbahaya

Tekanan darah tinggi

Seseorang menderita tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, ketika tekanan darah mereka 140/90 mm Hg atau lebih tinggi. Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan oleh stres, merokok, asupan garam yang tinggi, kecemasan, kecanduan alcohol. Adapun penyebab lainnya diantaranya obesitas, faktor genetik, penggunaan pil KB atau penghilang rasa sakit, penyakit ginjal dan penyakit adrenal.

Diabetes

Ada dua jenis diabetes. Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin apapun. Diabetes tipe 2 adalah gangguan metabolisme di mana tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup insulin, atau tidak dapat menggunakannya dengan benar.

Inilah sebabnya mengapa diabetes dianggap sebagai silent killer. Beberapa gejala umum diabetes diantaranya rasa haus yang berlebihan, kelaparan, penurunan berat badan secara drastis, sering buang air kecil, kelelahan, luka yang lama sembuh, serta penurunan penglihatan.

Penyakit arteri koroner

Penyakit arteri koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri. Terlalu banyak penumpukan plak mempersempit arteri dari waktu ke waktu, yang sebagian atau seluruhnya bisa memblokir aliran darah ke seluruh tubuh Anda. Selama periode waktu tertentu, penyakit ini juga dapat melemahkan otot jantung sehingga memicu gagal jantung.

Fatty Liver Disease

Penyakit hati ini adalah suatu kondisi di mana hati mengalami kesulitan memproses lemak, yang menyebabkan penumpukan di jaringan hati. Ada dua jenis lemak hati, yakni penyakit lemak hati alkoholik dan penyakit hati lemak nonalkohol.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang keropos, membuatnya tipis dan rapuh. Penyakit ini juga merupakan ‘silent disease’ yang sering tidak memiliki gejala pada tahap awal.
Baca juga: 10 Makanan Sehat untuk Mencegah Osteoporosis

Kanker usus besar

Kanker usus besar juga merupakan silent killer. Sebuah tumor di rektum atau kolon biasanya berkembang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sering dimulai sebagai pertumbuhan kecil yang dikenal sebagai polip. Sebagian besar polip ini bukan kanker, tetapi ketika diabaikan atau tidak diobati, beberapa dari mereka dapat berubah menjadi kanker setelah beberapa tahun.

Kanker kulit nonmelanoma

Kanker kulit nonmelanoma berkembang perlahan-lahan di lapisan atas kulit Anda karena sering terpapar langsung sinar ultraviolet (UV), atau radiasi dari matahari, atau sumber dari tanning indoor, seperti tanning bed dan sunlamps.

Trypanosomiasis

Penyakit Chagas, atau trypanosomiasis, adalah penyakit parasit yang menjangkiti 10 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan parasit yang dikenal dengan nama Trypanosoma cruzi.

Hepatitis

Hepatitis mengacu pada kondisi peradangan hati dan infeksi virus yang menjangkiti ribuan orang di seluruh dunia. Virus hepatotropic yang berbeda menyebabkan berbagai jenis penyakit ini, termasuk hepatitis A, B, C, D dan E. Hepatitis A dan E disebabkan oleh makan makanan yang terkontaminasi atau air minum yang tercemar. Hepatitis B, C dan D disebarkan melalui transfusi darah yang terkontaminasi, kontak seksual dan ketika melahirkan.

Kanker serviks

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kanker serviks adalah kanker paling umum keempat dan penyebab kematian kanker pada wanita, terutama di negara-negara berkembang. Kanker ini terjadi pada sel-sel leher rahim, dan biasanya tidak menimbulkan gejala selama tahap awal. Jika tidak didiagnosis, kanker segera menyebar ke kandung kemih, hati, usus atau paru-paru. 

Simak juga: Gejala dan Tanda Kanker Serviks yang Harus Diketahui Wanita

Demikian beberapa penyakit yang mendapat julukan sebagai “silent killer”. Oleh sebab itu, mulailah melakukan pola hidup sehat serta rutin melakukan medical checkup untuk pencegahan penyakit-penyakit “pembunuh” tersebut. 

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • apa saja yg di namakan penyakit silent killer itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *