10 Bahan Alami Ini Berguna untuk Merelaksasi Otot

by

Nyeri otot adalah suatu keadaan yang bisa sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Ada beberapa penyebab nyeri otot, termasuk adanya ketegangan mendadak, cedera, tekanan saraf dan sendi yang rapuh. Nyeri otot juga dapat terjadi dari kondisi kesehatan yang buruk, seperti multiple sclerosis, sindrom kelelahan kronis, fibromyalgia, hipotiroidisme, lupus, rheumatoid arthritis dan lain-lain.

10 Bahan Alami Ini Berguna untuk Merelaksasi Otot
Setiap jenis nyeri otot jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi nyeri otot tersebut, sebagian dari Anda pasti pernah menggunakan obat relaksan otot sintetis, yang memiliki beberapa efek samping dan tubuh Anda mungkin akan menjadi kecanduan.

Padahal sebenarnya, Anda dapat mencoba relaksan otot alami. Solusi alami ini membantu menenangkan saraf, melepaskan ketegangan otot, mengurangi stres dan melawan peradangan. Namun, untuk membantu obat alami realaksan otot ini bekerja, pastikan Anda juga mendapatkan istirahat dan tidur yang nyenyak, menjaga tubuh Anda jauh dari dehidrasi, melakukan pijat, dan juga melakukan peregangan. 

Berikut ini adalah 10 bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai relaksan otot.

1. Chamomile

Chamomile adalah ramuan obat kuno yang bekerja sebagai agen alami untuk meringankan nyeri otot. Chamomile mengandung sekitar 36 flavonoid dengan sifat anti-inflamasi. Selain itu, chamomile juga memiliki efek menenangkan dan santai pada tubuh untuk memfasilitasi penyembuhan lebih cepat dari jaringan otot.

2. Buah ceri

Ceri kaya antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga memiliki efek positif pada nyeri otot. Karena ceri membantu mengendurkan otot-otot secara alami, ceri sangat bermanfaat bagi orang yang menderita nyeri otot, arthritis atau fibromyalgia.

3. Peppermint

Peppermint sangat efektif dalam mengobati otot yang sakit, sakit punggung, sakit kaki dan sakit kepala karena ketegangan. Peppermint mengandung zat analgesik, sifat anti-inflamasi dan antispasmodic yang membantu meredakan nyeri otot dan peradangan. Peppermint juga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengurangi rasa sakit dan kejang.

4. Cabai rawit

Capsaicin, senyawa alami yang ditemukan dalam cabai rawit, bekerja sebagai relaksan otot alami. Capsaicin memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri otot, kekakuan dan peradangan.

5. Garam 

Garam membantu mengobati kram otot dan membantu meningkatkan kadar magnesium Anda, yang penting untuk otot-otot Anda untuk bekerja dengan baik. Biasanya, kejang otot dan kram adalah gejala terlihat dari defisiensi magnesium.

6. Rosemary

Ramuan rosemary yang aromatik memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif membantu jaringan otot menjadi tenang dan mengurangi rasa sakit serta nyeri. Selain itu, rosemary membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk mendukung pemulihan dengan cepat.

7. Minyak esensial 

Minyak esensial telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meredakan ketegangan leher serta nyeri otot. Ramuan yang mengandung minyak atsiri ini membantu mengendurkan otot-otot Anda dan meredakan ketegangan.

8. Minyak arnica

Minyak arnica mengandung zat anti-inflamasi dan analgesik yang efektif dalam mengurangi nyeri, peradangan dan kerusakan otot. Minyak ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk mendukung pemulihan cepat.

9. Minyak lavender

Lavender juga salah satu relaksan otot alami yang sangat efektif. Lavender memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan. Aroma menenangkan dari lavender juga menginduksi tenang, santai, yang nantinya mendukung penyembuhan.

10. Bunga Pasiflora

Karena efek antispasmodic dan sedatif, Pasiflora dapat bekerja sebagai solusi alami untuk sakit otot. Pasiflora juga membantu meredakan kram pramenstruasi dan sakit kepala karena tegang. Ada bahan kimia tertentu dalam bunga ini yang meringankan kejang otot dan nyeri sendi. 

Tak hanya itu, pasiflora bahkan bisa membantu melawan stres, dan kecemasan yang sering menyebabkan rasa sakit.
Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • minyak pelemas otot
  • obat pelemas otot alami
  • herbal pelemas otot
  • jamu pelemas otot
  • jamu tradisional pelemas otot
  • minuman herbak oelemas otot
  • obat alami pelemas otot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *