10 Cara Mudah Membersihkan Usus Besar Secara Alami

by

Usus besar merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan yang bertanggung jawab untuk mengekstraksi air, garam, vitamin dan nutrisi dari materi makanan yang dicerna. Usus besar juga bertugas untuk mengolah makanan yang tidak dicerna di usus halus, dan menghilangkan limbah padat dari tubuh.

Namun, ketika usus besar tidak berfungsi dengan baik, ia mulai menyerap racun dan bukan menghilangkannya. Alhasil, muncul berbagai gangguan pencernaan yang menyebabkan masalah seperti sakit kepala, kembung, sembelit, gas, berat badan, lemas, kelelahan, dan penyakit kronis.

10 Cara Mudah Membersihkan Usus Besar Secara Alami
Masalah-masalah ini juga bisa disebabkan oleh makanan yang tidak tercerna (kebanyakan makanan yang kita makan hari ini yang sarat dengan aditif, pengawet dan bahan kimia lainnya) yang mengarah ke penumpukan lendir di usus besar. Kebiasaan buruk tersebut akan menumpuk racun dalam tubuh.

Oleh karena itu, sudah selayaknya usus besar harus dibersihkan secara teratur. Yakni dengan menyingkirkan racun berbahaya dan mempromosikan bakteri usus yang sehat. Cara ini juga akan membantu meningkatkan energi Anda dan meningkatkan penyerapan tubuh dari vitamin dan nutrisi.

Berikut adalah 10 bahan alami untuk pembersihan usus besar Anda. Sebelum memulai program pembersihan usus, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk bimbingan yang tepat.

10 Bahan Alami Pembersih Usus Besar

1. Air

Untuk pembersihan usus, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah minum banyak air. Penting untuk minum setidaknya 10 sampai 12 gelas air dalam sehari. Konsumsi secara teratur air akan memberikan tubuh Anda cairan dan pelumasan yang diperlukan untuk membuang racun berbahaya dan limbah dari tubuh secara alami.

Minum banyak air juga akan merangsang tindakan peristaltik alami, membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan. Juga, air sangat penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Sambil melakukan diet air putih, Anda juga bisa minum jus buah dan sayuran segar rutin setiap hari.

2. Jus apel

Jus apel segar adalah salah satu minuman terbaik dalam membersihkan usus. Minum jus apel secara teratur mendorong gerakan usus, membuang racun dan meningkatkan kesehatan hati serta sistem pencernaan. Membuat jus apel sendiri akan memberikan hasil terbaik. Namun jika tidak sempat, Anda dapat mengonsumsi jus apel yang dikemas organik.

3. Jus lemon

Lemon memiliki sifat antioksidan dan kandungan tinggi vitamin C yang baik untuk sistem pencernaan. Oleh karena itu, jus lemon dapat digunakan untuk pembersihan usus.

Campur jus lemon, garam dan sedikit madu dalam segelas air suam-suam kuku. Minum solusi ini pada waktu perut kosong di pagi hari. Ini akan membantu Anda untuk menikmati lebih banyak energi, buang air besar lebih baik dan kondisi kulit yang lebih baik.

4. Jus sayuran hijau

Untuk pembersihan usus, adalah penting untuk menjauhkan diri dari makanan olahan yang dimasak selama satu atau dua hari. Alih-alih makanan padat, minum jus sayur segar beberapa kali sehari sangat dianjurkan.

Sayuran hijau, khususnya mengandung klorofil dapat membantu mengeluarkan racun. Juga, vitamin, mineral, asam amino, dan enzim yang ada di dalamnya akan menjaga tubuh Anda sehat dan berenergi.

5. Makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat akan membantu membersihkan usus besar dari racun berbahaya. Serat membantu menjaga dan meningkatkan gerakan usus, yang pada akhirnya mendorong tubuh untuk mengusir produk limbah. Pada saat yang sama, makanan kaya serat juga akan membantu menyingkirkan masalah di apapun usus.

6. Yogurt

Makan yoghurt segar secara teratur adalah cara yang baik untuk menjaga usus besar yang sehat. Menjadi makanan probiotik, yoghurt, terutama dengan budaya hidup dan aktif, akan memperkenalkan bakteri “baik” dalam usus yang mempromosikan pencernaan. Hal ini juga akan memerangi penyakit radang usus.

7. Biji rami

Biji rami merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3, antioksidan dan serat alami, sehingga menambah biji rami untuk asupan Anda adalah cara yang bagus untuk membersihkan usus Anda. Biji rami akan menyerap air dan berkembang di usus besar, dan akan membantu dalam menghilangkan racun dan lendir sebagai masalah di usus besar. Selain itu, biji rami akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan diabetes.

8. Garam

Bahan lain yang efektif untuk membersihkan usus besar adalah garam karena sifat detoksifikasinya. Campurkan satu sendok makan garam dalam segelas air minum dan didihkan. Minum minuman ini hangat atau dingin, terutama di pagi hari.

9. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya dikenal untuk kemampuan detoksifikasi dan bertindak sebagai pencahar, karena dianggap sebagai pembersih usus yang efektif. Sifat obat hadir dalam gel lidah buaya tidak hanya akan meningkatkan kesehatan usus Anda, tetapi juga akan mengobati masalah kesehatan lain seperti sakit kepala, infeksi kulit, diare, nyeri lambung dan sembelit.

10. Jahe

Jahe adalah bahan tersedia yang dapat membantu mengurangi kembung dan merangsang fungsi usus untuk tetap bebas dari limbah dan racun berbahaya. Jahe membantu pencernaan dengan merangsang sekresi cairan pencernaan.

Nah, itu tadi 10 cara alami membersihkan usus besar. Menjaga kesehatan pencernaan sama pentingnya menjaga kesehatan jantung, paru-paru maupun organ lainnya. Jadi, jangan pernah sepelekan kesehatan usus besar Anda jika tidak ingin mengalami masalah pencernaan yang bisa berujung di meja operasi.


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara alami membuang faces kering di dalam usus
  • makanan/ minuman pembersih usus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *