10 Cara Alami Mengatasi Nyeri Dada Tak Tertahankan

by

Nyeri dada adalah salah satu jenis keluhan yang menyebabkan banyak orang dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit. Nyeri dada yang disebabkan oleh aliran darah yang berkurang ke jantung dikenal sebagai angina pectoris atau hanya angina.

Nyeri dada digambarkan sebagai perasaan sesak, meremas, berat, pembakaran dan tekanan di belakang tulang dada. Gejala angina yang khas lainnya adalah sakit di perut bagian tengah atas, punggung, leher, rahang atau bahu serta mual, kelelahan, sesak napas, berkeringat dan pusing. Wanita mungkin mengalami gejala ini bahkan tanpa nyeri dada atau dengan ketidaknyamanan dada.
10 Cara Alami Mengatasi Nyeri Dada Tak Tertahankan
Faktor pemicu utama nyeri dada atau angina yaitu merokok, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gaya hidup dan riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung. Karena gejala yang sama, berkali-kali angina dan serangan jantung keliru untuk satu sama lain.
Perbedaannya adalah bahwa nyeri angina biasanya tidak seburuk serangan jantung dan tidak berlangsung lebih lama dari 5 sampai 10 menit. Angina datang saat Anda beraktivias, dan biasanya akan hilang begitu beristirahat. Selain itu, biasanya hilang setelah mengambil obat resep, seperti nitrogliserin.
Angina biasanya merupakan gejala dari penumpukan plak di arteri ke jantung. Nyeri dada, namun juga bisa menjadi gejala dari kejang otot, infeksi saluran pernapasan atas, ulkus lambung, gangguan pencernaan dan penyakit kandung kemih.
Untuk mengobati angina, Anda mungkin perlu obat yang diresepkan oleh dokter. Tetapi, tak hanya resep obat dari dokter, Anda juga dapat menggunakan beberapa pengobatan rumahan atau alami untuk mengurangi penyumbatan di arteri. Dengan demikian, frekuensi nyeri dada akan berkurang atau bahkan hilang. Berikut adalah 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengobati nyeri dada atau angina.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu obat alami yang paling efektif untuk nyeri dada. Menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, konsumsi rutin bawang putih bisa mencegah dan menunda penyakit kardiovaskular. Bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri, yang pada gilirannya nanti meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen ke jantung Anda.

Jahe

Jahe adalah obat rumahan lain yang telah terbukti untuk nyeri dada. Gingerol, senyawa kimia dalam jahe, membantu mengurangi kadar kolesterol. Karena mengandung antioksidan yang tinggi, jahe juga terbukti dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan dari kolesterol. 
Ketika menderita nyeri dada, minum secangkir teh jahe. Caranya, tambahkan 1 sendok makan jahe parut untuk secangkir air panas. Tutup dan curam selama 5 menit, kemudian saring. Untuk kesehatan jantung, makan sepotong kecil jahe mentah pada perut kosong setiap hari.

Kunyit

Kunyit juga dianjurkan untuk mengobati nyeri dada. Bahan aktif yang disebut curcumin membantu mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak dan pembentukan bekuan. Zat anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit di dada.

Cabe rawit

Cabe rawit dapat memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit dada. Cabe rawit juga mengandung konsentrasi tinggi capsaicin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Ia juga bekerja sebagai regulator darah untuk membantu memulihkan aliran darah ke jantung.

Kemangi

Kemangi juga obat rumah yang baik untuk nyeri dada. Magnesium dalam kemangi dapat membantu melancarkan aliran darah dengan membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih relaksasi. Vitamin A dan antioksidan dalam kemangi mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah.

Alfalfa

Alfalfa efektif dalam mengurangi nyeri dada karena membantu mengurangi kadar kolesterol dan penumpukan plak dan menjamin aliran darah lancar menuju jantung. Alfalfa memiliki klorofil yang membantu melembutkan arteri dan mengurangi timbulnya nyeri dada jantung.

Fenugreek

Biji fenugreek dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah angina. Fenugreek mengandung antioksidan dan melindungi jantung serta bersifat mengurangi kolesterol dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Almond

Almond kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi kolesterol darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Almond juga kaya sterol, serat dan magnesium, yang akan membantu membantu mencegah serangan angina.

Asam lemak omega-3

Jika Anda memiliki penyakit jantung, kolesterol tinggi atau riwayat keluarga yang mengidap penyakit jantung, maka Anda perlu meningkatkan asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Asam lemak ini sehat dan membantu trigliserida lebih rendah (lemak dalam darah) dan mencegah angina. Karena antioksidan dan anti-inflamasi, omega-3 lemak memiliki efek mendalam pada kesehatan jantung.

Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk menangani nyeri dada. Hal ini meningkatkan aliran darah dan oksigen di seluruh tubuh dan bahkan memperlambat denyut jantung. Meditasi membuat Anda santai dan dengan demikian mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat meningkatkan risiko nyeri dada.
Nah demikian 10 cara ampuh meredakan nyeri dada secara alami. Anda tak boleh begitu saja meremehkan nyeri dada yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Bila Anda mengalami nyeri dada yang berlanjut, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter. Selamat mencoba!

Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • mengatasi dada sakit
  • cara alami mengatasi dada
  • cara alami mengatasi nyeri dijantung
  • cara mengatasi nyeri dada
  • dokter yg menangani sakit di dada
  • obat alami pereda nyeri dada
  • obat nyeri dada alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *