10 Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki yang Membandel

by

Bau kaki secara ilmiah dikenal sebagai bromhidrosis. Kondisi ini tentu dapat membuat mereka yang menderita masalah ini minder ketika bersama orang lain. Hal ini biasanya terjadi ketika kaki Anda berkeringat. Namun proses penguapan keringat terganggu karena Anda mengenakan sepatu atau kaus kaki.

Bakteri alami terdapat pada kulit Anda tumbuh karena mereka memakan keringat dan sel kulit mati. Alhasil, muncullah bau busuk yang tak tertahankan.
10 Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki yang Membandel
Sebenarnya, ada banyak obat alami yang bisaAnda coba untuk menyingkirkan bau kaki yang mengganggu. Anda harus rajin mengaplikasikan bahan alami ini untuk jangka waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang baik.
Cara ini mampu menyelesaikan masalah bau kaki dalam seminggu atau lebih. Misalnya, Anda dapat menerapkan bedak pada kaki Anda untuk menyingkirkan bau kaki. Bedak membantu menghancurkan bakteri dan menghilangkan bau.
Jika Anda tidak memiliki bedak, Anda dapat menggunakan antiperspirant baik pada kaki Anda untuk menjaga mereka kering dalam jangka waktu yang lama. Selain kedua cara di atas, ada banyak perawatan rumah mudah dan sederhana lainnya untuk menyingkirkan bau kaki. Berikut adalah 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai solusi mengatasi bau kaki.

10 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Kaki

Baking soda

Natrium bikarbonat atau yang biasa dikenal sebagai baking soda, merupakan obat yang efektif untuk menghilangkan bau kaki. Bahan ini menetralkan pH keringat dan mengurangi bakteri.

Resepnya, tuangkan baking soda dalam air hangat (satu sendok makan untuk setiap liter air) dan rendam kaki Anda di dalamnya selama 15 sampai 20 menit setiap malam selama sekitar satu minggu. Anda juga dapat taburi baking soda di kedua sepatu dan kaus kaki sebelum memakainya.

Minyak lavender

Minyak lavender tidak hanya memiliki bau yang baik tetapi juga membantu membunuh bakteri. Bahan ini juga memiliki sifat anti jamur yang efektif dalam mengobati bau kaki. Masukan beberapa tetes minyak esensial lavender dalam air hangat. Rendam kaki Anda di dalamnya selama 15 sampai 20 menit. Ulangi dua kali sehari selama beberapa hari.

Bubuk tawas

Bubuk tawas memiliki sifat astringent dan antiseptik. Kedua zat ini sangat ampuh menghambat pertumbuhan bakteri. Campurkan satu sendok teh bubuk tawas dalam satu cangkir air hangat. Cuci kaki Anda dengan solusi ini. Setelah 15 sampai 20 menit, keringkan kaki Anda secara menyeluruh dan kemudian taburi bubuk tawas pada mereka. Lakukan ini sekali sehari.

Garam epsom

Garam epsom juga dapat meminimalkan bau yang datang dari kaki Anda karena melawan infeksi mikroba dan menetralkan bau kaki. Detoksifikasi kaki dengan garam Epsom juga menenangkan untuk sakit kaki.

Cara membuatnya, campur dua sendok teh garam epsom dalam setengah ember air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan selama 10 sampai 15 menit. Untuk hasil terbaik, lakukan ini sebelum pergi tidur sehingga Anda tidak perlu memakai kaus kaki atau sepatu untuk beberapa jam.

Teh hitam

Teh hitam memiliki asam tanat yang membantu membunuh bakteri yang menghasilkan bau kaki. Bahan ini juga membantu menutup pori-pori di kaki Anda, sehingga mengurangi jumlah keringat yang memberi makan bakteri.

Rebus dua kantong teh hitam dalam tiga gelas air panas. Tambahkan setengah ember air biasa untuk menurunkan suhu larutan. Rendam kaki Anda di dalamnya selama 15 sampai 20 menit. Lakukan setiap hari ini selama sekitar satu minggu.

Cuka

Cuka sangat bermanfaat dalam menyingkirkan bau kaki karena menciptakan lingkungan asam di mana bakteri tidak dapat bertahan hidup. Anda dapat menggunakan jenis cuka, terutama cuka sari apel untuk obat rumah ini. Siapkan campuran setengah cangkir cuka dan enam sampai delapan gelas air panas. Rendam kaki Anda di dalamnya selama 10 sampai 15 menit.

Boraks

Boraks adalah disinfektan yang membunuh bakteri penyebab bau, sehingga menghilangkan bau kaki. Campurkan satu-setengah cangkir setiap boraks dan cuka dalam dua gelas air. Semprot bagian dalam sepatu Anda dengan itu. Atau, Anda dapat menghilangkan debu bagian dalam sepatu Anda dengan bubuk boraks sebelum memakai sepatu Anda.

Scrub gula 

Menghapus kulit mati dan kapalan juga akan membantu menghilangkan bau kaki karena mereka juga dapat berkontribusi untuk bau kaki. Biasa menggunakan scrubber untuk membersihkan kaki Anda akan mencegah pembentukan kapalan.

Daun sage

Daun Sage mengandung asam tannic yang membantu mengurangi keringat yang memberikan kontribusi untuk bau kaki. Plus, rempah memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Masukan daun sage kering ke dalam sepatu dan kaus kaki. Ini akan menyerap bau dan meninggalkan aroma hijau yang bagus.

Jahe

Jahe juga merupakan solusi efektif untuk bau kaki karena menghambat pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan racun.
Baca juga: 11 Manfaat Serbaguna Jahe untuk Kesehatan

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang berkhasiat menyingkirkan bau kaki. Anda dapat dengan mudah mengontrol atau menghilangkan bau kaki dengan pengobatan rumahan ini. Mencoba banyak bahan yang berbeda sampai Anda menemukan obat yang benar-benar cocok untuk Anda. Jika bahan-bahan alami di atas kurang ampuh, Anda dapat menghubungi dokter. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *