10 Kondisi Lidah dan Artinya Terhadap Kesehatan Anda

by

Jika Anda bertanya-tanya mengapa dokter atau dokter gigi secara teratur meminta untuk melihat lidah Anda selama pemeriksaan rutin, inilah jawabannya. Lidah Anda mencerminkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan cara yang Anda mungkin tidak sadari.

Ya, lidah Anda sebenarnya memiliki tujuan yang lebih besar dari sekedar memfasilitasi rasa. Lidah berfungsi sebagai jendela untuk setiap kekurangan yang mungkin Anda miliki, dan juga penanda gejala fisik dari berbagai macam penyakit. Selain gusi, lidah adalahorgan yang paling umum sebagai tempat penampungan penyakit di mulut.

10 Kondisi Lidah dan Artinya Terhadap Kesehatan Anda
Dengan melihat kondisi lidah Anda ketika bercermin, Anda kini bisa mengetahui kondisi kesehatan Anda secara dini. Mengidentifikasi gejala adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi penyakit yang tak terhitung jumlahnya dan menjaga kesehatan yang optimal. Berikut ini adalah 10 rahasia lidah Anda yang mampu mengungkapkan tentang kesehatan Anda.

Kondisi & Warna Lidah Terhadap Kesehatan

Cerah kemerahan

Lidah orang yang sehat adalah biasanya berwarna pink. Ketika lidah mempunyai warna merah cerah, itu bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi, seperti anemia, penyakit Kawasaki dan demam berdarah. Lidah merah bisa menjadi gejala dari kekurangan vitamin B12. Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk membuat sel-sel darah merah.

Kekurangan dapat menyebabkan kelelahan dan anemia. Lidah merah terang, awalnya mewujudkan dirinya dalam bentuk bintik-bintik merah atau patch, diidentifikasi sebagai salah satu gejala fisik kunci dalam seseorang didiagnosis dengan anemia, menurut sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Dental Association Kanada.

Putih seperti krim

Warna lapisan putih pada lidah, yang biasanya terjadi pada patch dan bisa disertai dengan lesi, adalah salah satu gejala yang paling umum dari kandidiasis oral, infeksi jamur mulut. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang tua, bayi dan orang-orang dengan kekebalan yang kurang. Hasil infeksi dari pertumbuhan berlebih dari jamur di lidah, biasanya disebabkan oleh obat-obat tertentu (misalnya pil KB dan antibiotik), obesitas atau kondisi kesehatan seperti sistem kekebalan tubuh lemah, psoriasis dan diabetes.

Lidah halus

Lidah normal memiliki rambut seperti struktur kecil (papila) pada permukaannya yang membuatnya kasar. Lidah halus (patch) tanpa kekasaran tersebut tidak normal. Kondisi ini disebut glositis atrofik. Lidah halus juga dapat disertai dengan rasa sakit, nyeri dan sensasi terbakar. Glositis atrofi biasanya berhubungan dengan kekurangan gizi dari beberapa jenis.

Kekuning-kuningan

Lapisan kuning di lidah Anda hanya bisa terjadi hasil dari overheating tubuh Anda atau kelebihan bakteri. Menurut pengobatan tradisional Cina, lapisan kuning pada lidah merah merupakan indikasi dari terlalu banyak panas tubuh.

Benjolan menyakitkan

Sebuah benjolan menyakitkan yang muncul di sisi lidah dan hilang dalam dua minggu atau kurang tidak berbahaya. Namun, jika hal itu terus berlanjut lebih lama dari itu, itu bisa menjadi tanda awal dari kanker mulut.

Benjolan ini cenderung kecil, putih atau kadang berwarna merah. Erithoplakia adalah gejala kanker mulut yang mungkin terjadi pada permukaan lidah dan mungkin tidak disertai dengan benjolan putih, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Australian Dental Journal.

Luka

Luka kecil yang menyakitkan di lidah atau mulut luka, juga dikenal sebagai ulkus, biasanya terjadi pada permukaan bagian dalam dari pipi tetapi juga dapat muncul pada bagian bawah lidah. Kondisi ini memungkinkan Anda mengalami sariawan.

Lidah pecah-pecah

Pecah-pecah dapat digambarkan sebagai alur atau retak yang terjadi pada permukaan lidah. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun beberapa orang mungkin mengalami sensasi terbakar. Lidah pecah-pecah mungkin menjadi indikasi penyakit yang mendasarinya. Lidah pecah-pecah adalah gejala umum di sekitar 6 sampai 20 persen pasien dengan psoriasis, kelainan kulit autoimun.

Sensasi terbakar di lidah

Jika Anda merasakan sensasi terbakar di mulut Anda, terutama di lidah Anda, tanpa benar-benar terbakar atau tersiram air panas, Anda mungkin menderita apa yang praktisi medis sebut “sindrom mulut terbakar”. Gejala umum lainnya termasuk kesemutan, mulut kering dan persepsi rasa yang berubah secara keseluruhan.

Lidah hitam dan berbulu

Lidah hitam dan berbulu mungkin mengkhawatirkan, tapi yakinlah itu adalah suatu kondisi yang tidak berbahaya. Merokok berlebihan dan kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan kondisi ini.

Lidah berwarna ungu

Lidah ungu merupakan indikasi dari sirkulasi yang buruk dan aliran darah terhambat di lidah. Ketika aliran darah dalam beberapa kasus dari lidah ungu dibandingkan dengan kasus lidah normal, mereka dengan lidah ungu memiliki lebih sedikit dan mengurangi sirkulasi darah, menurut sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of China Integrative Medicine.
Demikian tadi 10 kondisi lidah dan artinya terhadap kesehatan Anda. Jika kondisi lidah Anda termasuk dalam kategori yang memprihatinkan, maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.
Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • bintik di lidah
  • lidah bintik2 merah
  • lidah bintik merah kenapa
  • lidah bintik merah apa hiv
  • lidah bintik merah
  • lidah bintik
  • lesi merah di lidah
  • ciri ciri penyakit kawasaki
  • Bintik merah pada lidah
  • penyakit apakah di lidah ada bintik bintik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *