10 Manfaat Ajaib Air Lemon Bagi Kesehatan

by

Anda mungkin sering mendengar para ahli kesehatan mengatakan bahwa minum segelas air lemon hangat setiap pagi hari, baik untuk kesehatan. Air putih sangat baik untuk kesehatan Anda karena merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi, dan membantu membuang racun berbahaya.

Sedangkan lemon merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, C dan B kompleks serta serat pektin, protein, dan juga karbohidrat. Asam sitrat dalam lemon merupakan zat antibakteri yang kuat, antivirus yang tak kalah kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

10 Manfaat Ajaib Air Lemon Bagi Kesehatan
Tak perlu susah-susah, Anda hanya perlu memeras jus dari setengah buah lemon, lalu campurkan dalam segelas air hangat. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan sedikit madu untuk menambah cita rasa yang nikmat. Cara meminumnya di pagi hari adalah pada waktu perut kosong, dan tunggu 30 menit sebelum makan Anda sarapan. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari minum air lemon yang patut Anda ketahui.

10 Khasiat Minum Air Lemon Hangat

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Beberapa komponen di lemon merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak empedu yang dibutuhkan untuk pencernaan. Selain itu, lemon membantu sistem pencernaan dalam pembilasan zat-zat yang tidak diinginkan dan membuang racun keluar dari tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda saat ini sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, minum segelas air lemon hangat dengan madu setiap pagi akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Lemon tinggi serat pektin, yang membantu melawan rasa ingin makan, kelaparan dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

3. Menjaga kesehatan kulit

Konsumsi air lemon hangat rutin setiap hari dapat mempercerah kulit Anda. Air lemon membantu membersihkan darah dan mendorong pertumbuhan sel-sel darah baru. Juga, kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan lainnya dalam lemon membantu menjaga kulit bebas dari kerutan dan noda, serta membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air lemon hangat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena kaya vitamin C, lemon membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan pilek dan flu. 
Lemon juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, gizi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Lemon juga mengandung saponin, yang memiliki sifat antimikroba yang membantu menjaga agar tak ada infeksi di dalam tubuh.

5. Menghilangkan bau mulut

Sifat asam dari lemon, dikombinasikan dengan madu dan air, dapat membantu menghilangkan bau mulut. Campuran ini dapat membersihkan mulut dan mengaktifkan produksi air liur yang membunuh bakteri penyebab bau.

6. Menjaga keseimbangan pH

Lemon adalah salah satu makanan terbaik bagi tubuh karena mengandung kedua sitrat dan asam askorbat yang membantu menjaga tingkat pH dalam tubuh. Tingkat pH yang baik penting karena terlalu banyak keasaman dalam tubuh dapat menimbulkan inflamasi.

7. Meningkatkan tenaga

Unsur-unsur bergizi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein dan karbohidrat hadir di lemon membuatnya menjadi agen energi alami. Lemon mengandung ion negatif yang memberikan energi instan di saluran pencernaan. Aroma lemon dapat meningkatkan suasana hati dan bersifat meningkatkan energi.

8. Mengobati infeksi tenggorokan

Sifat antibakteri lemon dapat membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Bahkan, orang yang minum segelas air jeruk nipis hangat setiap pagi berisiko lebih rendah menderita infeksi tenggorokan. Minuman sehat ini bahkan membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma.

9. Mengontrol tekanan darah tinggi

Mereka yang menderita tekanan darah tinggi bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari minuman sehat ini. Lemon membantu membersihkan sistem limfatik dan menjaganya tetap terhidrasi.

Kandungan kalium yang tinggi dalam lemon juga membantu Anda tidur lebih baik, mengurangi stres dan meningkatkan fungsi mental Anda, yang nantinya membantu menjaga tekanan darah Anda dalam level normal.

10. Membersihkan saluran kemih

Air lemon hangat bertindak sebagai diuretik. Oleh karenanya, minum air lemon secara rutin dapat membantu membersihkan saluran kemih dan mendorong produksi urine. Minuman sehat ini dapat mengubah tingkat pH saluran kemih, yang nantinya mengecilkan proliferasi bakteri jahat.

Itu tadi 10 manfaat luar biasa mengonsumsi air lemon hangat setiap hari. Selain murah dan mudah didapatkan, buah lemon juga terbukti kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba!

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *