10 Manfaat Ajaib Buah Mangga Bagi Kesehatan

by

Konon, mangga dianggap sebagai ‘raja buah’. Sebab mangga dicintai oleh banyak orang dari segala usia. Rasa manis dan aromatik mangga juga dapat menyegarkan pikiran dan membuat Anda merasa bahagia. Bentuk dan ukurannya pun sangat beragam. Bahkan, ada lebih dari 1.000 varietas yang berbeda dari buah mangga di seluruh dunia.

10 Manfaat Ajaib Buah Mangga Bagi Kesehatan
Manfaat kesehatan dari mangga sendiri berasal dari daging buahnya yang kaya nutrisi, senyawa bioaktif dan serat. Mangga adalah salah satu sumber terkaya vitamin A, C dan E, serta mineral termasuk kalium, magnesium, tembaga, kalsium dan fosfor. 
Oleh sebab itu, tak heran jika buah mangga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari buah mangga yang akan semakin membuat Anda mencintai buah murah meriah ini.

Manfaat Kesehatan Buah Mangga

1. Menurunkan kolesterol

Makan mangga secara teratur dapat menjaga tingkat kolesterol. Mangga kaya akan Vitamin C yang tinggi, pektin dan serat yang hadir untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol ‘buruk’ LDL serta trigliserida dalam darah. Pada saat yang sama, mangga membantu meningkatkan kolesterol ‘baik’ HDL.

2. Meremajakan kulit

Mangga memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kulit Anda dan sering digunakan dalam masker wajah dan scrub. Mangga menjadi sumber antioksidan, khususnya vitamin C, mangga membantu menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya.

Vitamin A dan beta-karoten dalam buah ini dapat mengembalikan, meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda. Mangga juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap, noda dan jerawat.

3. Mencegah heat stroke

Untuk mengurangi risiko Anda terkena heat stroke, penting untuk mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh Anda. Mangga menjadi sumber buah yang kaya kalium, dan membantu menjaga tingkat natrium, yang nantinya mengatur kadar cairan tubuh dan melindungi Anda dari serangan heat stroke.

4. Meningkatkan penglihatan

Mangga juga ‘makanan’ untuk mata Anda. Tingginya jumlah vitamin A yang hadir dalam buah mangga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A mempromosikan penglihatan yang baik dan mencegah berbagai gangguan, seperti mata rabun senja, katarak, degenerasi makula, mata kering, kornea rusak dan ketidaknyamanan okular. 
Juga, flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan beta-cryptoxanthin di mangga sangat penting untuk penglihatan yang baik.

5. Alkalisasi tubuh

Buah musim panas ini juga memiliki efek alkalisasi pada tubuh. Asam tartrat, asam malat serta sejumlah kecil asam sitrat ditemukan dalam mangga membantu mempertahankan tingkat basa sehat dalam tubuh.

6. Menjaga pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam mangga membantu pencernaan dan penghapusan produk limbah, serta menormalkan buang air besar. Mangga juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Gastroenterology pada tahun 2013.
Simak juga: 10 Cara Alami Membersihkan Usus Besar

7. Mencegah kanker

Sifat anti-karsinogenik menjanjikan mangga berasal dari serat dan vitamin konten C yang tinggi, seiring dengan hadirnya beberapa fenol dan enzim. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyawa anti-karsinogenik dan antioksidan di mangga dapat mencegah terjadinya kanker usus besar, payudara, paru-paru, kulit, leukemia dan kanker prostat.

Beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam mangga yang membantu melawan kanker adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan metil Gallat.

8. Meningkatkan sistem kekebalan

Jumlah yang tinggi vitamin C dan A di mangga memainkan peran kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Vitamin A sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. 
Mangga juga meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan tingkat konsentrasi. Asam glutamin yang pada mangga juga dikenal untuk meningkatkan memori dan mempromosikan kewaspadaan mental. Juga, mangga mengandung vitamin B6, yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak.

10. Meningkatkan gairah

Mangga merupakan buah yang kaya vitamin E. Mangga membantu mengatur hormon gairah dan meningkatkan libido. Mangga memiliki magnesium dan kalium, nutrisi penting yang diperlukan dalam produksi hormon libido. Mangga juga meningkatkan produksi histamin pada pria.

Nah, itulah 10 manfaat kesehatan buah mangga yang perlu Anda ketahui. Banyak cara menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur. 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *