10 Manfaat Kesehatan dari Cuka Sari Apel

by

Satu buah apel sehari dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda. Manfaat apel itulah juga bisa Anda dapatkan dari cuka sari apel. Cuka sari apel adalah jenis cuka yang terbuat dari apel dan memiliki warna kuning yang khas.

Selama berabad-abad, cuka sari apel telah digunakan untuk berbagai tujuan: membuat acar, membunuh gulma, membersihkan kopi, mengilapkan senjata, dan sebagai cuka pada salad. Cuka sari apel juga salah satu bahan yang paling serbaguna di dapur Anda, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan alami.

10 Manfaat Kesehatan dari Cuka Sari Apel
Cuka sari apel kaya mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan tembaga, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid, dan pektin. Selain itu, karena kandungan asam asetat yang tinggi, cuka sari apel membantu tubuh Anda menyerap mineral penting dari makanan yang Anda makan. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari cuka sari apel. Untuk hasil terbaik, gunakan cuka sari apel organik, baku dan tanpa filter.

10 Manfaat Serbaguna Cuka Sari Apel

Kontrol gula darah

Tubuh Anda memproduksi insulin untuk mengatur tingkat gula dalam darah Anda. Efek antiglycemic dari cuka sari apel membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Orang yang memiliki resistensi insulin sebaiknya mengonsumsi cuka sari apel.

Memutihkan gigi

Jika Anda malu karena Anda memiliki gigi kuning, cuka sari apel adalah cara alami yang murah dan sederhana untuk mengembalikan mutiara alami kemilau putih gigi Anda. Cuka sari apel membantu menghilangkan noda dan membunuh bakteri di mulut dan gusi. Yang perlu Anda lakukan adalah berkumur dengan cuka sari apel setiap pagi dan kemudian menyikat gigi seperti biasa. 
Baca juga: 10 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami

Mengatasi sembelit

Cuka sari apel mengandung pektin, serat larut air yang mempromosikan gerakan usus. Hal ini membuat pengobatan alami yang mampu untuk mengatasi sembelit.

Meenurunkan berat badan

Konsumsi secara teratur cuka sari apel mentah, tanpa filter juga dapat membantu menurunkan berat badan. Cuka sari apel merupakan sumber yang baik dari asam asetat.

Studi telah menemukan bahwa orang obesitas yang mengonsumsi asam asetat setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan yang signifikan dalam berat badan, lemak perut, lingkar pinggang, dan trigliserida. Asam asetat juga membantu mencegah penumpukan lemak tubuh dan lemak hati tertentu.

Memelihara rambut

Suatu larutan cuka sari apel dan air, dicampur dalam proporsi yang sama, mampu menjadi kondisioner rambut alami yang akan membuat rambut Anda indah. Kandungan ini membantu menyuburkan rambut, menjadikan rambut bersinar dan memiliki tekstur yang lembut.

Menjadikan kulit berkilau

Cuka sari apel dapat membantu menyamarkan noda, mengurangi keriput dan mencerahkan warna kulit Anda. Caranya, rendam kapas dalam cuka sari apel diencerkan dan oleskan pada noda kering Anda.

Mengatasi kram kaki

Banyak orang menderita sakit kaki waktu malam hari yang disebut kram kaki. Kandungan mineral yang kaya pada cuka sari apel membantu mengurangi frekuensi, intensitas dan nyeri kram kaki.

Mengatasi pilek dan batuk

Cuka sari apel adalah obat favorit untuk pilek, batuk atau sakit tenggorokan. Campurkan satu sendok teh setiap cuka sari apel, madu dan air hangat. Menambahkan beberapa jahe tumbuk pada campuran ini lebih meningkatkan khasiat obat.

Mengatasi infeksi

Sifat antiseptik cuka sari apel yang membuatnya efektif terhadap infeksi bakteri dan jamur. Hal ini berguna, misalnya, dalam mengobati infeksi telinga, infeksi kandung kemih, dan juga kandidiasis.

Menurunkan kolesterol darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu meningkatkan profil lipid darah Anda dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein kolesterol (LDL) atau kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan tingkat high-density lipoprotein kolesterol (HDL) atau kolesterol baik. Hal ini sangat penting untuk mengelola atau mencegah komplikasi akibat diabetes.
Simak juga: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Itulah beberapa manfaat ajaib cuka sari apel untuk kesehatan. Ada banyak manfaat kesehatan yang lebih dari bahan dapur murah ini. Jadi lain kali ketika Anda pergi berbelanja, jangan lupa untuk mengambil sebotol cuka sari apel, sehingga Anda memilikinya di rumah ketika Anda mungkin membutuhkannya suatu saat nanti.


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *