10 Manfaat Super Minum Air Hangat Secara Teratur

by

Kita semua tentunya tahu dan paham bahwa keberadaan air sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini. Mungkin, Anda juga pernah mendengar bahwa air memiliki manfaat yang sangat banyak. Apalagi komposisi tubuh manusia sebagian besar adalah air. Karena alasan itulah kita dianjurkan untuk meminum air paling tidak delapan gelas sehari.

10 Manfaat Super Minum Air Hangat Secara Teratur
Namun, yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa air hangat dan air panas ternyata memiliki beberapa manfaat yang tidak Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsi air dingin. Mulai dari masalah pencernaan hingga kecantikan, air hangat rupanya mampu dan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan Anda. Berikut adalah 12 manfaat tak terduga dari mengonsumsi air hangat secara rutin.

Khasiat Minum Air Hangat untuk Kesehatan 

1. Membantu menurunkan berat badan

Air panas atau air hangat sangat bagus untuk menjaga metabolisme yang sehat, serta sangat baik untuk membantu proses penurunan berat badan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memulai pagi dengan meminum segelas air panas atau air hangat dan lemon. Sebagai bonus tambahan, air panas akan membantu untuk memecah jaringan adiposa (lemak) dalam tubuh Anda.

2. Mengobati flu & gangguan tenggorokan 

Minum air panas atau air hangat adalah obat alami yang sangat baik untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Selain melarutkan dahak dan minum air hangat juga berfungsi untuk membantu menenangkan saluran pernapasan Anda.

3. Mengurangi kram karena menstruasi

Air hangat juga dapat membantu dalam mengurangi kram menstruasi. Panas dari air memiliki efek menenangkan dan menyamankan otot-otot perut, yang akhirnya dapat membantu untuk menyembuhkan kram dan kejang.

4. Detoksifikasi tubuh

Air hangat sangat baik untuk membantu tubuh Anda dalam proses detoksifikasi. Ketika Anda minum air panas, suhu tubuh Anda mulai naik, dan menghasilkan keringat. Keringat ini akan membantu untuk melepaskan racun dari tubuh Anda dan membersihkan organ-organ di tubuh Anda. Untuk hasil yang optimal, tambahkan perasan lemon sebelum diminum.

5. Mencegah penuaan dini

Selain membantu dalam proses detoksifikasi, rupanya minum air hangat baik untuk mencegah proses penuaan dini. Selain itu, minum air panas membantu untuk memperbaiki sel-sel kulit, meningkatkan elastisitas kulit Anda yang dipengaruhi oleh radikal bebas berbahaya.

6. Mencegah jerawat

Selain membantu mencegah proses penuaan dini, air panas dapat membersihkan tubuh Anda dan menghilangkan akar penyebab infeksi terkait jerawat. Selain itu, kulit Anda akan terlihat cerah karena terhidrasi dengan baik.

7. Menjaga kesehatan dan kekuatan rambut

Air panas juga baik untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau. Mengonsumsi air hangat secara berkala memberi energi pada ujung saraf di akar rambut Anda dan membuat mereka aktif. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan kembali vitalitas alami rambut Anda dan menjaganya agar tetap sehat.

8. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Selain mengaktifkan akar rambut Anda, air panas mempromosikan proses dari akar dan kemudian mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Air hangat juga membuat kulit kepala Anda terhidrasi terus menerus dan membantu memerangi kulit kepala kering atau ketombe.

9. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat lain yang penting dari minum air panas adalah meningkatkan sirkulasi darah Anda, yang penting untuk otot dan aktivitas saraf. Selain itu, menjaga sistem saraf Anda sehat dengan memecah timbunan lemak di sekitarnya.

10. Baik untuk sistem pencernaan

Air panas sangat bermanfaat untuk pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makan dapat mengeraskan minyak dalam makanan yang dikonsumsi.

Hal ini dapat menciptakan deposit lemak pada dinding usus Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker usus. Namun, jika Anda mengganti segelas air dingin dengan air hangat, Anda dapat menghindari masalah ini. 

Berbicara pencernaan, air panas dapat membantu untuk membuat gerakan usus Anda sehat dan bebas rasa sakit. Dehidrasi dapat mengakibatkan masalah kronis dengan sembelit. Tinja dapat terakumulasi dalam usus Anda, sehingga pergerakan usus menjadi lebih lambat. 
Untuk itu selalu disarankan kepada Anda untuk mengonsumsi segelas air panas atau hangat setiap pagi saat perut Anda kosong. Hal tersebut akan membantu mengurai setiap sisa bahan makanan dan membuat gerakan partikel menjadi halus di usus.
Setelah membaca berbagai khasiat kesehatan meminum air hangat secara rutin, sekarang tak ada lagi keraguan bagi Anda mengonsumsi air hangat, terlebih jika ditambah air perasan lemon. Selamat mencoba! 
Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *