10 Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Harus Anda Pahami

by

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling umum yang diderita wanita di seluruh dunia. Kanker serviks terjadi dalam sel-sel leher rahim, bagian bawah rahim yang menghubungkan ke vagina. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh virus yang disebut Human Papillomavirus (HPV). Perempuan dari segala usia berisiko terkena kanker ini setelah mereka mulai melakukan hubungan seksual.

10 Tanda dan Ciri-Ciri Kanker Serviks yang Harus Anda Pahami
Faktor risiko lain yang memicu kanker serviks yaitu hubungan intim yang tidak aman, berganti-ganti pasangan, kelebihan berat badan, penggunaan kontrasepsi oral, keturunan, merokok, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kehamilan kembar dan kehamilan pertama pada usia muda.

Salah satu hal paling menakutkan tentang kanker ini adalah kanker ini biasanya tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Baru setelah penyakit telah menyebar ke kandung kemih, hati, usus atau paru-paru, gejala akan lebih menonjol. Berikut adalah 10 tanda-tanda peringatan kanker serviks yang harus Anda ketahui.

Tanda, Ciri-Ciri, dan Gejala Kanker Serviks

1. Perdarahan vagina yang abnormal

Kebanyakan wanita yang didiagnosis kanker serviks memiliki pengalaman perdarahan tidak teratur. Kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya, menciptakan kapiler abnormal yang mudah pecah dan menyebabkan perdarahan. Perdarahan tersebut dapat terjadi antara periode menstruasi, setelah hubungan seksual, setelah menopause dan bahkan setelah pemeriksaan panggul.

2. Keputihan berbau tidak normal

Jika keputihan berbau busuk atau tidak teratur, itu bisa menjadi tanda infeksi dari kanker serviks atau endometrium. Ketika menderita kanker serviks, keputihan bisa menjadi berat, pucat, berair, coklat atau bahkan bercampur darah. Jika Anda mengalami gejala ini, laporkan ke dokter segera.

3. Nyeri saat hubungan intim

Hubungan intim yang menyakitkan adalah tanda peringatan penting dari kanker serviks. Gejala ini menunjukkan kanker serviks stadium lanjut, yang berarti kanker telah menyebar ke seluruh jaringan dan organ reproduksi. Terlepas dari rasa sakit, Anda juga mungkin mengalami gejala lain keputihan yang berbau busuk.

4. Nyeri panggul

Nyeri panggul umum diderita di kalangan wanita. Kram dan nyeri adalah bagian normal dari siklus menstruasi dan biasanya tidak menunjukkan adanya kanker atau kondisi serius lainnya. Namun, rasa sakit yang berlangsung selama waktu yang cukup lama dan terjadi lebih sering bisa menjadi tanda kanker serviks.

5. Ketidaknyamanan saat kencing

Kanker serviks juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Bahkan, itu adalah salah satu gejala yang paling jelas dan umum dari penyakit mematikan ini. Ketidaknyamanan saat kencing ini meliputi rasa sakit, rasa berat atau sensasi air seni susah keluar saat kencing. Gejala seperti ini terjadi ketika kanker telah menyebar ke jaringan di dekatnya.

6. Periode menstruasi yang lebih lama

Periode menstruasi yang lebih lama dari normal adalah tanda peringatan umum lain dari kanker serviks. Iritasi pada leher rahim, mungkin karena penyebaran kanker serviks, dapat menyebabkan masalah ini.

7. Sering buang air kecil 

Kontrol kandung kemih adalah masalah utama ketika menderita kanker serviks. Ini biasanya menunjukkan bahwa kanker telah menyebar di luar area lokal dan mempengaruhi kandung kemih atau bagian lain dari saluran kemih. Orang yang didiagnosis dengan kanker ini sering mengalami kehilangan kontrol kandung kemih ditambah dengan darah dalam urin.

8. Penurunan berat badan yang signifikan

Seperti bentuk lain dari kanker, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat menunjukkan kanker serviks. Ketika menderita kanker, sistem kekebalan tubuh bekerja keras untuk melawannya. Tubuh memproduksi protein kecil yang disebut sitokin, yang memecah lemak di tingkat yang lebih tinggi dari biasanya. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan.

9. Kelelahan berlebihan

Jika Anda sering merasa lemah atau kekurangan energi, meskipun Anda telah beristirahat, itu bisa menjadi penyebab dari kanker serviks. Ketika menderita kanker, sel-sel darah merah yang sehat digantikan oleh sel darah putih untuk melawan penyakit. Hal ini menyebabkan anemia yang menyebabkan kelelahan, kekurangan energi dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, ada penurunan pasokan oksigen ke tubuh.

10. Kaki terasa sakit

Wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks sering mengalami pembengkakan dan rasa sakit di kaki mereka. Ketika kanker menyebar, itu menghalangi aliran darah, yang menyebabkan pembengkakan di kaki. Kaki bengkak sering membuat sakit, sensasi yang menyakitkan, sehingga sulit untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari Anda.

Nah, itu tadi beberapa gejala dan tanda kanker serviks. Jika Anda mengalami dua atau bahkan lebih dari tanda-tanda di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Penanganan sejak dini akan mencegah kanker menyebar luas yang membahayakan keselamatan jiwa. 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • apa kencing darah ciri ciri kanker serviks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *