Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet GM

by

Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan munculnya tren diet baru. Diet GM namanya. Untuk Anda yang belum tahu, Diet GM atau General Motors Diet adalah sebuah program manajemen berat badan yang awalnya dirancang oleh General Motors Corporation, sebuah perusahaan di Amerika Serikat, untuk kesehatan dan kebugaran karyawannya. Sistem diet ini berfokus pada konsumsi makanan tertentu per hari dan mencakup rentang waktu 7 hari.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet GM
Seperti diet lainnya, penurunan berat badan adalah tujuan utama dari diet ini, ditambah dengan manfaat tambahan untuk meningkatkan kesehatan mental. Pada dasarnya, diet ini dirancang untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda dan membuat Anda lebih sehat dari sebelumnya.

Lalu seperti apa mekanisme kerja diet GM? Apakah diet ini memiliki efek samping? Bagaimana tata caranya? Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita simak dahulu tujuan diet ini.

Tujuan GM Diet

Manajemen berat badan adalah salah satu tujuan utama dari diet GM. Hal itu dimaksudkan untuk membantu pelaku diet; terutama mereka yang termasuk kelompok usia menengah untuk menjaga diri tetap fit dan memiliki kesehatan yang lebih baik. Namun demikian, diet ini memiliki risiko kesehatan tertentu yang dapat mengganggu pekerjaan mereka.

Nah, berikut ini adalah aturan dari Diet GM yang tak boleh Anda lewatkan:

  1. Anda harus tetap terhidrasi. Oleh karena itu, pelaku diet harus minum setidaknya 10-15 gelas air setiap hari.
  2. Alkohol harus dihindari selama diet. Hal ini karena alkohol membatalkan efek dari diet dan memicu air yang mencegah pelaku diet untuk menyingkirkan kelebihan cairan dari sistem tubuh mereka.
  3. Minuman seperti soda, kopi hitam, teh hitam tanpa gula dan jus buah (hanya pada hari ke-7) dapat dikonsumsi saat menjalankan diet ini.

Tata Cara Diet GM

Nah, berikut adalah tatacara menyusun menu harian untuk Anda yang sedang melakukan diet GM dalam seminggu.

Hari-1: Anda dapat menggunakan buah-buahan untuk asupan harian Anda, kecuali pisang. Untuk rekomendasi, Anda bisa menggunakan buah melon. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi sisa hari nanti.

Hari-2: Cobalah sayuran baik mentah yang sudah dicuci bersih, maupun yang telah dimasak. Anda dapat mencoba kentang rebus, yang dibumbui atau dilumuri mentega untuk menu sarapan Anda.

Hari-3: Masih berkutat dengan buah dan sayur. Namun, Anda harus mulai membatasi jumlah asupan buah dan sayur, dan cobalah jenis buah dan sayur lain, selain pisang dan kentang.

Hari-4: 3 gelas susu dan 8 pisang patut Anda jadikan menu diet GM di hari ke-4 ini. Anda mungkin dapat menambah asupan Anda di hari ke-4 ini dengan sup GM. Jangan lupa untuk mengurangi asupan gula, ya.

Hari-5: Buatlah menu satu porsi kecil dari daging sapi tanpa lemak, 6 buah tomat segar dan satu liter air untuk memurnikan tubuh Anda dari dalam.

Hari-6: Hari ke-6 ini buatlah menu diet yang berbahan daging tanpa lemak (bisa ayam atau ikan) ditambah keju dan sayuran. Tapi ingat, Anda harus tetap membatasi jumlahnya.

Hari-7: Hari ke-7 ini dapat Anda isi dengan beras merah, jus buah, dan sayuran.

Catatan: Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa mengganti daging dengan beras merah.

Efek Samping Diet GM

Tak hanya keuntungan, ternyata Diet GM juga memiliki efek samping, lho. Meskipun diet GM menghasilkan dampak positif dalam bentuk kebugaran dan penurunan berat badan, diet GM ternyata menimbulkan risiko tertentu yang mungkin lebih besar daripada manfaatnya. Seperti setiap diet pada umumnya, ada beberapa efek samping dari diet GM yang patut Anda waspadai.

  • Pembatasan makanan: Diet ini bekerja pada beberapa keterbatasan dan pembatasan. Diet seperti ini tidak cocok dalam jangka panjang.
  • Tidak cocok untuk semua orang: Diet ini tidak cocok untuk anak-anak dan wanita hamil serta mereka yang menderita penyakit tertentu.
  • Menyebabkan beberapa risiko kesehatan: Kebanyak orang yang memulai rencana diet ini telah mengeluhkan beberapa masalah seperti tiba-tiba rambut rontok, ditambah dengan sakit kepala dan kulit kering selama beberapa hari pertama diet ini. Itulah mengapa dianjurkan untuk minum banyak air untuk mencegah dehidrasi pada saat tertentu. Tak hanya itu orang-orang tersebut juga mengeluhkan anemia, kelelahan dan kelemahan umum risiko kesehatan lainnya.
  • Diet ketat: Diet ini sering dikritik karena dianggap terlalu ketat. Karena pembatasan yang berlebihan pada makanan, orang sering merasa sulit untuk mengikuti dan sering menderita pusing dan kelaparan hingga berhari-hari. 
  • Dapat menyebabkan perlambatan metabolisme: Salah satu masalah yang terkait dengan Diet GM adalah bahwa diet ini dapat menyebabkan perlambatan metabolisme karena membatasi pilihan makanan Anda.
  • Membatasi asupan gizi: Dengan menempatkan pembatasan pada pilihan makanan, hal itu akan memotong nutrisi berharga yang dibutuhkan sehari-hari dan menyebabkan kekurangan gizi.
  • Membutuhkan toleransi: Toleransi diperlukan untuk mengikuti struktur yang ketat dari aturan diet ini. 
  • Tidak ada program olahraga: Diet ini tidak berfokus pada olahraga yang merupakan komponen penting dari manajemen berat badan. Efektivitas diet ini sebenarnya dapat ditingkatkan dengan olahraga teratur.
  • Monoton: Hanya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran di awal rencana diet dan menjaga terus menerus asupan air mungkin membuat pelaku diet merasa monoton.
  • Dapat menyebabkan kelemahan otot secara mendadak: Selama hari-hari awal dari diet, jaringan otot yang tidak memiliki jumlah protein cukup mengakibatkan kelemahan otot. 
Namun efek samping dari diet GM dapat dikelola secara efektif apabila Anda disiplin dan diikuti dengan olahraga teratur.

Nah itulah penjelasan seputar diet GM. Setelah mengetahui keuntungan serta efek samping dari diet ini, sekarang pilihan ada di tangan Anda apakah ingin tetap lanjut atau mencoba mencari alternatif diet lainnya. Apapun jenis dietnya, yang harus Anda ingat adalah tujuan diet itu menyehatkan dan membuat Anda bahagia, bukan menyengsarakan dan membuat Anda merasa terkekang. 

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *