Tak Pernah Olahraga? Ini Bahaya Kesehatan yang Akan Anda Rasakan

by

Melakukan olahraga teratur terbukti meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Olahraga juga merangsang tubuh mengonsumsi jauh lebih banyak vitamin, mineral, zat gizi lainnya serta oksigen dalam tubuh Anda.

Nah, jika latihan dan olahraga yang konsisten sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, apa jadinya jika Anda jarang melakukan olahraga atau bahkan sama sekali tidak pernah olahraga?

Tak Pernah Olahraga? Ini Bahaya Kesehatan yang Akan Anda Rasakan
Tak lama setelah Anda mulai berhenti olahraga, akan ada perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda. Salah satunya mempercepat proses penuaan. Dan juga mempengaruhi kesehatan jantung, struktur otot, fungsi otak, emosi dan konsentrasi. Serta mengembangkan risiko tinggi penyakit kronis.

Dan sebagai pengingat sekaligus memotivasi Anda agar giat berolahraga, berikut bahaya dan dampak negatif jarang olahraga yang patut Anda waspadai.

1. Sistem kardio dalam tubuh melemah

Latihan kardio dalam olahraga berguna untuk memperkuat kinerja jantung dan paru-paru. Saat Anda jarang olahraga, otot jantung akan melemah. Dengan latihan kardio secara teratur, Anda tidak akan mudah kelelahan meski bekerja lebih keras dalam waktu yang cukup lama..

2. Tekanan darah tinggi

Olahraga secara konsisten akan menurunkan tekanan darah mereka. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mempunyai tekanan darah yang normal, lakukan aktivitas fisik beberapa kali seminggu sangat disarankan.

3. Meningkatkan glukosa darah

Konsumsi gula berlebihan menyebabkan kadar glukosa Anda meningkat. Hal ini meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Ketika Anda gagal untuk berolahraga, otot dan jaringan lain tidak dapat menyerap gula dari gula darah Anda untuk energi. Akibatnya, glukosa darah Anda naik tajam. Hal ini menyebabkan perut semakin besar, serta hilangnya potensi pembakaran lemak dan metabolisme menjadi lebih lambat.

4. Degenerasi otot

Tubuh Anda mulai kehilangan otot dan mengembangkan otot atrofi, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga. Seberapa cepat Anda kehilangan massa otot tergantung pada usia Anda. Semakin tua Anda, semakin cepat Anda akan kehilangan otot.

5. Menurunnya ketahanan fisik

Ketika Anda berhenti berolahraga, kekuatan ketahanan fisik Anda menurun. Kehilangan kekuatan terjadi di sebagian besar orang setelah sekitar dua setengah sampai tiga minggu tidak aktif berolahraga.

6. Peningkatan berat badan dan lemak

Kurang olahraga berarti metabolisme lebih rendah dan kurang pembakaran lemak. Akibatnya, Anda akan mengalami kenaikan berat badan.

7. Kesehatan pikiran menurun
Tanpa olahraga, Anda tidak akan mampu menyampaikan oksigen ke otak secara efektif. Tubuh Anda tidak dapat menekan zat kimia yang menyebabkan depresi. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *