10 Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

by

Merokok lebih dari sekedar kebiasaan buruk. Merokok dapat menyebabkan kecanduan dan itu sangat buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan, merokok adalah penyebab nomor satu kematian yang dapat dicegah di dunia.

Merokok menyebabkan sepertiga dari semua kematian akibat kanker dan seperempat dari serangan jantung fatal di dunia, menurut American Lung Association.

10 Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok
Alasan utama mengapa orang mulai merokok adalah ajakan teman sebaya, lingkungan sosial, sebagai simbol status, untuk menangani stres atau canggung karena situasi, dan efek media. Dengan merokok, tubuh membangun keinginan untuk menikmati nikotin, komponen adiktif, dan karena itu orang-orang mulai merokok lebih dan lebih.

Nikotin, dalam asap yang dihirup dan dihembuskan, menyebabkan banyak masalah kesehatan, diantaranya masalah pernapasan, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, sistem kekebalan tubuh yang lemah, jumlah sperma rendah pada pria, mengurangi kesuburan pada wanita, siklus menstruasi yang tidak teratur, menopause lebih awal, dan kanker paru-paru serta jenis kanker lainnya.

Nah, untuk mengatasi kecanduan dari merokok, berikut ini adalah 10 bahan alami yang rupanya ampuh untuk digunakan sebagai bantuan agar berhenti merokok.

1. Lobelia

Lobelia mengandung bahan yang disebut lobeline aktif yang diyakini untuk membantu mengurangi efek nikotin dalam tubuh, terutama pelepasan dopamin neurotransmitter. Lobelia tersedia di pasar dalam bentuk tingtur cuka. Dosis khas adalah 20 sampai 60 tetes tingtur tiga kali sehari.

2. Licorice

Licorice adalah ekspektoran dan ramuan yg menawar rasa sakit yang dapat membantu Anda berhenti merokok secara alami. Rasa sedikit manis licorice membantu membunuh keinginan untuk merokok. Selain itu, mengurangi batuk pada perokok.

Plus, ramuan ini merupakan tonik adrenal dan dapat membantu menyeimbangkan kadar kortisol, mengurangi kelelahan dan mengembalikan energi.

3. Cabe rawit

Cabe rawit juga desensitizes sistem pernapasan untuk tembakau dan kimia iritan yang terkandung dalam asap. Plus, properti antioksidan yang menstabilkan membran paru-paru, yang pada gilirannya mencegah kerusakan.

Cabe rawit dapat digunakan dalam berbagai bentuk termasuk lada segar, bubuk merica, kapsul atau teh untuk berhenti merokok. Namun, pilihan terbaik adalah dengan menambahkan beberapa dari cabe rawit untuk segelas air dan minum sehari-hari.

4. St. John Wort

Ramuan obat ini juga dapat membantu orang berhenti merokok. Ramuan ini memberikan sifat menenangkan untuk membantu melawan efek tegang dan stres disebabkan karena berhenti.

5. Oats hijau

Oat hijau, juga dikenal sebagai Avena sativa atau gandum liar, adalah pengobatan herbal yang efektif untuk membantu Anda berhenti merokok. Sebuah studi 1971 menemukan bahwa oat hijau dapat mengurangi keinginan untuk menghisap nikotin dan meringankan gejala penarikan. Hal ini juga dapat membantu mempromosikan detoksifikasi nikotin selama proses penarikan.

6. Ginseng

Ginseng juga dapat membantu meringankan frekuensi mengidam rokok. Ginseng ini dianggap sebagai tonik untuk kelenjar adrenal dan membantu membangun kembali kadar kortisol yang tepat dalam aliran darah.

7. Valerian

Valerian adalah tanaman berbunga yang bekerja sebagai obat penenang dan anti-kecemasan, dan dianggap sangat efektif dalam membantu orang berhenti merokok. Tanaman ini dikenal untuk berinteraksi dengan reseptor GABA di otak, menyebabkan efek obat penenang.

8. Passion Flower

Dengan mempromosikan relaksasi, passion flower dapat membantu memerangi kecemasan dan mudah tersinggung yang menyertai berhenti merokok. Hal ini juga membantu bagi mereka yang mengalami insomnia dan kegelisahan selama periode penarikan dan bahkan membantu mengurangi ketagihan nikotin.

9. Akupunktur

Akupunktur juga membantu perokok berhenti merokok. Akupunktur menggunakan teknik yang unik di mana jarum halus dimasukkan ke dalam satu set lima titik akupunktur di telinga untuk membantu menahan keinginan merokok.

10. Pijat telinga

Pijat telinga adalah cara lain untuk mengatasi ngidam rokok. Telinga dianggap sebagai wilayah kunci dari tubuh untuk membantu berhenti merokok. Ketika Anda memijat telinga, merangsang titik-titik akupunktur, yang pada gilirannya mengurangi keinginan untuk merokok. Memberikan diri pijat telinga sekitar dua menit setiap hari akan membantu mengurangi keinginan merokok. 

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *