10 Bahan Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel

by

Ketombe, juga dikenal sebagai dermatitis seboroik adalah gangguan kulit kepala yang umum dialami banyak orang. Hal ini dapat terjadi karena kulit kering, kulit berminyak yang teriritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala, kondisi kulit yang inflamasi dan faktor-faktor lainnya.

Ketika ketombe muncul, kulit kepala Anda akan terasa gatal luar biasa bersama dengan pembentukan berlebihan serpihan kulit kering. Tentu akan membuat Anda risih dan tidak nyaman, bukan?

10 Bahan Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel
Padahal sebenarnya ketombe dapat dikontrol dengan mengikuti rutinitas perawatan rambut yang sehat. Anda juga dapat mencoba beberapa pengobatan rumah alami sederhana. Memang benar bahwa solusi alami membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil, tetapi cara ini dapat secara efektif mengobati masalah dan tak akan membuat ketombe Anda kembali lagi.

Berikut adalah 10 bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengusir ketombe.

1. Daun nimba

Sifat antijamur dan antibakteri dari nimba, membantu mengobati ketombe serta banyak masalah rambut lainnya seperti kulit kepala jerawat, kulit kepala gatal, dan rambut rontok secara efisien.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa membantu menghilangkan ketombe karena kandungan sifat antijamur. Hal ini juga melembabkan kulit kepala kering dan memberikan bantuan untuk meringankan rasa gatal.

3. Cuka sari apel

Perawatan kulit kepala dengan cuka sari apel efektif dalam menyingkirkan ketombe. Ini mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan jamur. Cuka sari apel juga bekerja sebagai clarifier rambut alami dan membantu membersihkan pori-pori tersumbat dan folikel rambut.

4. Baking soda

Berperan sebagai exfoliant ringan, baking soda membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menyerap kelebihan minyak. Hal ini juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH pada kulit kepala dan mengurangi pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

5. Cuka putih

Cuka putih adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk ketombe. Cuka memiliki asam asetat yang mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala Anda dan mengurangi gatal.

6. Minyak zaitun

Oleskan minyak zaitun untuk mengobati ketombe. Kulit kepala kering dapat disembuhkan dengan penggunaan rutin minyak zaitun extra-virgin, pelembab alami yang efektif.

7. Tea tree oil

Tea Tree Oil memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga menjadi salah satu pengobatan yang baik untuk ketombe. Cukup tambahkan beberapa tetes tea tree oil untuk sampo biasa ketika Anda mencuci rambut Anda.

8. Lemon

Lemon mengandung asam yang melawan jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Hal ini juga membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

9. Aspirin

Aspirin mengandung asam salisilat yang dapat membantu mengontrol ketombe dengan pengelupasan kulit kepala Anda. Hancurkan dua aspirin untuk menjadi bubuk halus dan campur dengan cairan sampo. Cuci rambut Anda dengan campuran tersebut, dan pijat kulit kepala Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas rambut Anda dengan baik.

10. Biji fenugreek

Ramuan fenugreek memiliki sifat antijamur dan sifat yang menenangkan yang dapat membantu mengontrol ketombe untuk sebagian besar. Rendam 2-3 sendok makan biji fenugreek dalam air semalam. Di pagi hari, giling biji tersebut menjadi pasta halus. Anda juga dapat menambahkan beberapa sendok teh yoghurt.

Nah, itulah bahan-bahan alami yang bisa Anda pakai untuk mengusir ketombe yang membandel. Selain aman untuk kesehatan rambut, cara alami terbukti tidak memiliki efek samping serta murah meriah. 


Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *