10 Cara Alami Memutihkan Kuku Kuning

by

Banyak orang menderita masalah kuku kuning. Masalah ini bisa dialami baik wanita maupun pria. Kuku yang berwarna kekuning-kuningan biasanya muncul karena penggunaan cat kuku terlalu keseringan. Pigmen yang terdapat dalam cat kuku, terutama warna cat yang gelap, dapat menodai kuku Anda jika dipakai dalam jangka panjang.

10 Cara Alami Memutihkan Kuku Kuning
Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah untuk selalu menggunakan base coat sebelum menerapkan cat kuku favorit Anda. Penyebab lain dari perubahan warna kuku bisa karena infeksi jamur, penyakit hati kronis, kecanduan rokok dan kebiasaan gaya hidup yang buruk.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di rumah Anda, yang berfungsi untuk menyingkirkan kuku kuning, lho. Apa saja? Nah, berikut 10 cara dan bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan kuku yang menguning.

10 Bahan Alami Mengatasi Kuku Kuning

1. Lemon

Lemon adalah agen pemutihan alami dan efektif dapat membersihkan noda kuning dari kuku Anda. Isi setengah mangkuk dengan jus lemon segar. Rendam kuku Anda yang bernoda di dalamnya selama 10 sampai 15 menit.

Kemudian gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok warna kuning dari kuku Anda. Lalu, bilas tangan Anda dengan air hangat dan kemudian gunakan pelembab lotion untuk melembabkan kuku Anda. Lakukan ini dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

2. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida telah menjadi agen pemutih yang bekerja pada kuku bernoda kuning Anda. Pastikan untuk menggunakan ini hanya 3 persen saja. Tuangkan 3-4 sendok makan hidrogen peroksida dalam satu-setengah cangkir air dan campur dengan baik.

Rendam kuku Anda dalam larutan selama dua menit. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok kuku Anda. Lalu bilas dengan air. Lakukan ini seminggu sekali selama beberapa bulan.

3. Baking soda

Pemutihan dan pengelupasan adalah dua sifat baking soda yang dapat membantu menghilangkan noda dari kuku. Campur tiga setengah sendok makan baking soda dan satu sendok makan 3 persen hidrogen peroksida dalam mangkuk kecil.

Gunakan kapas untuk menerapkan campuran pada kuku yang bernoda. Biarkan selama 3-4 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Pasta gigi

Selain dapat memutihkan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada kuku. Untuk noda ringan, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan-bahan whitening termasuk hidrogen peroksida.

Caranya, taruh sedikit pasta gigi pada kuku Anda. Biarkan selama 5 sampai 10 menit. Menggunakan sikat kuku, gosok kuku Anda dengan lembut, lalu bilas.

5. Denture Cleaning Tablet

Bahan lain yang efektif untuk kuku agar lebih putih adalah pemutih gigi tiruan. Larutkan dua atau tiga tablet zat pemutih gigi tiruan dalam mangkuk air hangat. Rendam kuku Anda selama 15 menit. Tepuk kuku Anda hingga kering, lalu oleskan pelembab.

6. Tea tree oil

Jika kuku Anda menguning karena beberapa jenis infeksi yang berhubungan dengan jamur, tea tree oil adalah bahan yang tepat untuk Anda coba guna mengatasinya. Tea tree oil merupakan fungisida alami dan memiliki antiseptik serta sifat antimikroba yang akan membantu melawan infeksi dan mengembalikan warna alami kuku Anda.

Oleskan tea tree oil murni pada kuku Anda menggunakan penetes mata. Biarkan selama beberapa menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari selama beberapa bulan sampai Anda melihat perubahannya.

7. Cuka sari apel

Malat dan asam asetat dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi perubahan warna pada kuku. Bahan ini juga memiliki sifat antijamur yang akan membantu mengobati segala jenis infeksi kuku yang menyebabkan perubahan warna.

Campurkan satu-setengah cangkir cuka sari apel dan air hangat. Rendam kuku Anda dalam campuran selama sekitar 20 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

8. Listerine

Listerine adalah obat lain yang juga efektif untuk mengatasi kuku berubah warna yang disebabkan oleh infeksi jamur. Listerine berisi bahan aktif seperti mentol, eucalyptol, metil salisilat dan thymol yang semuanya kaya sifat antijamur.

Rendam kuku yang terinfeksi dalam cairan Listerine selama setengah jam. Lakukan setiap hari ini selama seminggu, istirahat selama satu minggu, dan kemudian ulangi minggu berikutnya. Kulit di sekitar kuku mungkin berubah menjadi hijau tetapi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

9. Kulit jeruk

Jumlah tinggi vitamin C yang hadir dalam kulit jeruk akan membantu menghilangkan noda kuning dari kuku Anda. Gosok kuku Anda dengan kulit jeruk segar dua atau tiga kali sehari. Dalam beberapa minggu, Anda akan melihat hasil yang efektif.

10. Buah berry

Berry bertindak sebagai desinfektan yang kuat dan efektif yang dapat mengobati kuku berubah warna disebabkan oleh infeksi jamur. Tambahkan satu sendok teh buah berry hancur di semangkuk air hangat. Rendam kuku kuning Anda di dalamnya selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah memutihkan kuku secara alami. Jika penyebab kuku menguning bukan karena pewarnaan, bisa jadi penyebabnya karena kondisi kesehatan Anda terganggu. Segera periksakan ke dokter! 


(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • kuku tangan kuning 3 bulan lebih tidak hilang
  • gambar membuat masker tomat
  • produk pemutih kuku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *