10 Cara Alami Mengatasi Bau Rambut yang Tak Sedap

by

Rambut bau ditandai dengan bau yang tidak menyenangkan dan tidak sedap yang berasal dari rambut dan kulit kepala. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut sindrom rambut bau. Rambut berminyak lebih rentan terhadap kondisi ini.

10 Cara Alami Mengatasi Bau Rambut yang Tak Sedap
Faktor-faktor seperti stres dan ketidakseimbangan hormon juga berkontribusi untuk masalah ini yang mempengaruhi rasa percaya diri Anda ini. Psoriasis kulit kepala dan infeksi, terutama infeksi jamur, juga menjadi salah satu penyebabnya.

Tak perlu khawatir, 10 bahan alami berikut dapat menjadi solusi mudah dan murah untuk mengatasi rambut yang berbau tak sedap.

1. Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan murah dan mudah yang paling banyak digunakan untuk rambut bau karena membantu menetralisir bau busuk dan mengurangi kulit berminyak.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel bekerja sebagai clarifier rambut alami dan menghilangkan penumpukan produk yang dapat berkontribusi untuk rambut bau dan berminyak. Bahan ini juga membantu mengembalikan pH yang normal rambut Anda, membuatnya bersinar bersinar, dan mencegah rambut Anda lepek karena minyak. 
Anda juga dapat menggunakan cuka sari apel setelah obat baking soda. Jangan menggunakannya lebih dari dua kali seminggu.

3. Jus lemon

Jus lemon sangat baik untuk kulit Anda serta rambut Anda. Jus lemon akan membuat rambut Anda berbau segar dan bersih. Tak hanya itu, jus lemon akan membantu rambut Anda lebih halus, berkilau dan melawan masalah seperti infeksi ketombe dan kulit kepala.

4. Jus tomat

Jus tomat membantu menghilangkan bau busuk dari rambut Anda. Selain itu, keasaman dalam tomat membantu menyeimbangkan tingkat pH pada rambut Anda.

5. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba yang membantu menyembuhkan masalah rambut bau yang disebabkan oleh infeksi kulit kepala. Bahan ini juga akan mengurangi masalah kulit kepala, jerawat dan ketombe.

6. Daun nimba

Minyak pada daun nimba dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit kepala dan rambut yang mengakibatkan bau karena sifat antiseptik. Anda bisa menggunakan minyak nimba seperti tea tree oil dengan menambahkannya ke sampo Anda.

Atau, Anda dapat menerapkan beberapa tetes minyak ini pada kulit kepala, pijat, dan biarkan semalam. Lalu keramas rambut Anda keesokan harinya.

7. Aloe vera

Aloe vera menenangkan dan menyembuhkan masalah kulit kepala, sehingga mengurangi rambut bau. Bahan ini juga membantu menjaga kondisi rambut Anda tetap sehat, mengurangi ketombe, dan mencegah rambut rontok. Anda dapat menggunakannya seminggu sekali.

8. Kulit jeruk

Kulit jeruk berfungsi untuk menghilangkan bau rambut Anda. Bahan ini juga akan membantu mengontrol ketombe dan kelebihan minyak pada kulit kepala. Anda dapat menggunakannya seminggu sekali atau dua kali.

9. Alkohol

Alokohol berfungsi sebagai obat rumah yang efektif untuk menghilangkan penumpukan produk dan menghilangkan bau busuk dari rambut Anda. Hal ini juga akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.

10. Madu dan kayu manis

Masker rambut dari madu dan kayu manis dianggap efektif dalam menyingkirkan rambut bau karena sifat antibakteri dan antijamur di kedua bahan tersebut. Anda juga dapat mengkonsumsi satu sendok makan madu dicampur dengan seperempat sendok teh bubuk kayu manis untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan melawan infeksi.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami untuk menyingkirkan bau rambut yang tak sedap. Baca juga artikel menarik lainnya seputar perawatan rambut berikut ini:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • Cara menghilangkan bau pada rambut
  • cara menghilangkan bau rambut tanpa keramas
  • cara menghilangkan bau trasi di rambut
  • ramuan alami untuk rambut bau
  • Tips menghilangkan bau ram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *