10 Cara Alami Mengatasi Kuku Jamuran

by

Jamur kuku, juga dikenal sebagai onikomikosis, adalah masalah kesehatan yang sering diderita banyak orang. Gejala kuku jamuran biasanya peradangan, pembengkakan, warna menguning, penebalan serta kuku pecah. Jamur kuku biasanya tidak menyakitkan, kecuali bila infeksi menyebar.

10 Cara Alami Mengatasi Kuku Jamuran
Jamur cenderung berkembang di bawah kondisi tertentu, seperti kadar pH pada kulit, sistem kekebalan tubuh yang lemah, paparan terus menerus untuk lingkungan yang lembab termasuk sepatu berkeringat dan kaus kaki kotor, kebersihan yang buruk serta penyakit diabetes.

Jika tidak diobati, jamur dapat menyebabkan kuku pecah. Paling parah, Anda dapat kehilangan kuku. Nah, sebelum semuanya terlambat, atasi segera jamur yang berkembang di kuku Anda. Berikut 10 cara alami menyingkirkan jamur kuku hanya dengan bahan rumahan.

10 Obat Alami Kuku Jamuran

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah zat yang asam dan dapat membantu mencegah jamur kuku menyebar. Pada saat yang sama cuka sari apel juga membunuh bakteri dan jamur.

Campur cuka sari apel dan air dengan takaran yang sama. Rendam kuku Anda dalam larutan ini selama 30 menit setiap hari. Setelah selesai, keringkan kuku Anda secara menyeluruh.

2. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik serta antijamur yang banyak membantu dalam pengobatan jamur kuku. Minyak ini juga digunakan untuk mengobati jenis lain dari infeksi kulit.

Campur beberapa tetes tea tree oil di salah satu sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran pada kuku yang terkena. Biarkan selama 10 menit, dan kemudian gunakan sikat gigi dengan lembut menggosok kuku yang terkena.

3. Baking soda

Baking soda adalah bahan dapur yang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan jamur kuku. Baking soda juga akan membantu menetralisir bau kaki. Tambahkan satu setengah cangkir baking soda, secangkir seperempat dari 3% hidrogen peroksida dan satu-setengah cangkir garam Epsom untuk empat cangkir air panas.

Campur bahan secara menyeluruh, dan kemudian tambahkan satu seperempat cangkir cuka putih. Rendam kuku yang berjamur dalam larutan ini selama sekitar 10 menit.

4. Cuka putih

Cuka putih adalah salah satu bahan terbaik untuk mengobati jamur kuku karena melawan infeksi dan membantu mengembalikan pH kulit. Campurkan satu bagian cuka putih dengan dua bagian air hangat. Rendam kuku yang berjamur dalam larutan ini selama 10 sampai 15 menit.

5. Minyak oregano

Minyak oregano memiliki antiseptik, antibakteri, antiparasit, antivirus, analgesik dan anti jamur. Hal ini membuat minyak oregano menjadi pengobatan yang efektif untuk jamur kuku.

Campur dua tetes minyak oregano dalam satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada yang kuku yang jamuran. Biarkan selama setidaknya 30 menit.

Baca juga: 10 Cara Alami Memutihkan Kuku Kuning

6. Listerine

Listerine obat kumur, yang membunuh bakteri dan kuman di mulut, juga dapat digunakan untuk mengobati jamur kuku. Obat kumur memiliki beberapa senyawa serta alkohol yang bertindak sebagai antiseptik yang kuat untuk mengusir bakteri berbahaya dan jamur.

Isi ember atau baskom dengan Listerine obat kumur, atau kombinasi Listerine dan cuka putih dengan takaran 1:1. Rendam kuku yang terkena dalam larutan ini selama sekitar 30 menit, kemudian gosok kuku yang terinfeksi dengan lembut.

7. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa seperti allicin dan ajoene yang memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengobati jamur kuku. Campur minyak bawang putih dengan jumlah yang sama dengan cuka putih.

Oleskan campuran ini pada dan di sekitar kuku yang terinfeksi dan lalu tutup dengan perban. Biarkan selama beberapa jam sebelum melepaskan perban.

8. Jus lemon

Jus lemon memiliki kedua sifat antiseptik dan antijamur. Asam sitrat dalam jus lemon juga akan membantu menghentikan jamur kuku menyebar. Terapkan jus lemon segar pada kuku yang terinfeksi. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

9. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki beberapa senyawa volatil dan sifat antiseptik yang dapat melawan segala jenis infeksi dan mencegah iritasi kulit. Campur lima tetes minyak lavender dengan tea tree oil.

Gunakan bola kapas untuk mengoleskan campuran ini di bawah tepi atas kuku yang terkena dan daerah sekitarnya. Biarkan selama setidaknya 10 menit, setelahnya bilas dan keringkan kaki Anda secara menyeluruh.

10. Air jeruk

Air jeruk juga memiliki sifat antijamur, dan dengan demikian dapat digunakan untuk mengobati kuku kaki yang terinfeksi jamur. Air jeruk dapat menyebabkan reaksi alergi dan dapat memiliki efek samping. Oleh karena itu, sebelum memakai air jeruk, pastikan kulit Anda tidak teriritasi.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami untuk menyembuhkan jamur kaki. Sebelum kondisi kuku Anda semakin parah dan aromanya mengganggu orang-orang di sekitar Anda, segera obati dengan resep-resep alami di atas. Selamat mencoba! 


(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *