10 Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak

by

Ketika rambut Anda mudah berminyak hanya satu atau dua hari setelah berkeramas, itu tanda rambut Anda memang mempunyai tekstur berminyak. Minyak adalah sekresi alami dari kulit kepala yang membantu menjaga kesehatan rambut. Nah, rambut berminyak adalah hasil produksi minyak yang berlebihan.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti faktor keturunan, perubahan hormon, stres yang berlebihan, terlalu banyak makan makanan berminyak dan perawatan rambut yang buruk. Rambut berminyak juga lebih rentan terhadap ketombe dan gatal-gatal.

10 Cara Alami Mengatasi Rambut Berminyak
Untuk mencegah rambut berminyak Anda perlu menjaga kulit kepala yang bersih. Namun, keramas setiap hari bukanlah solusi mengatasi rambut berminyak. Bahan kimia di beberapa shampo justru dapat memperburuk masalah rambut Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa bahan yang dapat Anda gunakan untuk menjaga minyak tak berlebih dan menjaga rambut Anda tampak segar untuk setiap hari. Berikut bahan-bahannya:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat yang efektif untuk mengatasi rambut berminyak. Asam asetat di dalamnya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, yang pada gilirannya membantu sekresi kendali minyak berlebih dan mengurangi minyak pada rambut Anda. Selain itu, cuka sari apel bekerja sebagai hair tonic ampuh bagi Anda untuk menikmati rambut lembut dan mengkilap.

2. Lemon

Lemon sangat bagus untuk berbagai jenis masalah kulit kepala dan rambut, termasuk rambut berminyak. Lemon mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang mempromosikan rambut sehat. Kandungan asam dari lemon membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan kontrol sekresi minyak.

3. Teh hitam

Teh hitam memiliki zat yang dikenal sebagai asam tanat yang membantu mencegah penumpukan minyak berlebih di kulit kepala dengan mengencangkan pori-pori.

4. Aloe vera

Vitamin, mineral dan enzim hadir dalam lidah buaya sangat membantu untuk menyingkirkan rambut berminyak. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan sekresi minyak, tak hanya itu, aloe vera juga mempunyai gizi yang baik untuk akar rambut Anda. Sifat lembut dan menenangkan lidah buaya akan menjaga rambut Anda tetap sehat.

5. Baking soda

Kualitas menyerap minyak dari baking soda membuatnya menjadi obat yang baik untuk rambut berminyak. Juga, sifat alkali dari baking soda membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan akan mengurangi bau busuk.

6. Tanah merah

Tanah merah adalah bahan alami untuk menyerap minyak, lebih lengkap dapat digunakan untuk memecahkan masalah rambut berminyak. Sifat mineralnya yang dapat menyeimbangkan tingkat pH alami kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

7. Masker telur

Telur baik untuk pengkondisian rambut Anda tetap sehat. Putih telur dapat mengatasi berminyaknya rambut dan kuning telur yang dikemas dengan protein dapat digunakan untuk memperkuat rambut.

8. Tomat

Sifat asam dari tomat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda, yang pada gilirannya mengontrol sekresi minyak berlebihan. Tomat juga membantu menghilangkan bau busuk.

9. Alkohol

Alkohol merupakan tonik rambut yang ideal yang dikenal untuk mempertahankan tingkat pH kulit kepala dan menutup pori-pori yang mengeluarkan minyak.

10. Pisang dan madu

Rambut bisa berminyak saat Anda menggunakan sampo yang keras. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan kondisioner buatan sendiri dengan campuran pisang dan madu yang akan menyuburkan rambut Anda dan tetap bebas minyak.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut berminyak. Untuk tips-tips seputar perawatan rambut lainnya, Anda bisa membaca artikel-artikel berikut ini:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *