10 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Tartar Gigi

by

Plak adalah kotoran yang lembut dan lengket oleh bakteri yang menumpuk pada gigi Anda, tambalan gigi, gusi, lidah, dan gigi palsu. Ketika beberapa lapisan plak bercampur dengan mineral di dalam air liur Anda dan mengeras menjadi putih, maka akan terbentuk zat kalsifikasi kapur yang tersebut disebut tartar.

Plak di mulut nantinya akan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri mulut yang memakan gula dari makanan yang Anda makan. Juga membentuk asam yang memecah email gigi, dan mengarah ke rongga gigi. Bakteri tersebut juga menghasilkan racun yang menyebabkan berbagai masalah periodontal (gusi).

10 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Tartar Gigi
Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap penumpukan plak diantaranya karena cara membersihkan mulut yang tidak tepat, teknik menyikat gigi yang salah, pilihan makanan yang buruk, faktor keturunan dan jarang memeriksakan gigi ke dokter.

Nah, berikut adalah 10 cara dan bahan alami untuk menghilangkan plak dan tartar pada gigi Anda.

1. Minyak wijen

Minyak wijen adalah zat yang mendukung kesehatan mulut dan membantu menghilangkan plak dari gigi. Minyak wijen tinggi asam laurat yang memiliki efek anti-inflamasi dan antimikroba.

2. Baking soda

Baking soda, juga disebut natrium bikarbonat, adalah obat rumah untuk menghilangkan plak. Ini menetralkan asam di mulut, sehingga mengurangi jumlah bakteri berbahaya. Baking soda juga membantu memutihkan dan mencerahkan gigi Anda.

3. Jambu

Buah jambu biji dan daunnya dianggap agen antiplak yang sangat baik untuk membantu menghilangkan akumulasi plak pada gigi dan gusi. Dan juga mereka memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di gusi.

4. Aloe vera

Lidah buaya efektif dalam menangani penyakit gusi yang disebabkan oleh plak dan tartar. Bersifat antimikroba, lidah buaya membunuh bakteri yang menyebabkan penumpukan plak. Selain itu, lidah buaya juga membantu mengatasi masalah bau mulut.

5. Cengkeh

Cengkeh telah banyak digunakan sebagai obat rumah untuk meredakan sakit gigi. Cengkeh ini juga dapat digunakan untuk melawan mikroba di mulut Anda yang dapat menyebabkan plak dan tartar.

6. Cuka putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu mencegah demineralisasi enamel serta mencegah dan mengurangi akumulasi plak. Ia juga memiliki sifat antibakteri.

7. Kulit jeruk

Kulit jeruk sering digunakan sebagai pemutih alami untuk menghilangkan noda dari gigi Anda. Limonene di kulit jeruk membantu memecah plak tanpa mengikis enamel Anda, sementara vitamin C di dalamnya membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme pada gigi Anda.

8. Minyak esensial

Minyak esensial rosemary seperti disinfektan mampu membasmi bakteri mulut. Bahan ini dapat mencegah penumpukan plak, gigi berlubang dan membantu menyingkirkan bau mulut.

9. Teh hitam

Berkumur dengan teh hitam dapat mengontrol bakteri mulut dan membantu mengurangi risiko pembentukan plak, berkat antioksidan dan sifat antimikroba. Teh hitam juga merupakan sumber yang kaya fluoride.

Mineral ini membantu mencegah kerusakan gigi karena mendorong lebih baik kualitas enamel gigi dan mengurangi kemampuan bakteri mulut menghasilkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi.

10. Keju

Keju membantu dalam produksi air liur alkali yang membantu menetralkan asam plak. Ini membantu menciptakan lapisan pelindung di sekitar gigi Anda yang membuat asam plak bakteridi mulut. Keju juga mengandung kalsium dan fosfat yang membantu remineralisasi.

Tak hanya itu, cobalah untuk makan makanan pedas untuk merangsang kelenjar ludah Anda. Air liur membantu membersihkan gigi dan gusi, sehingga memerangi penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Selain itu mengunyah apel mentah satu jam setelah makan makanan juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Ini akan membersihkan gigi Anda dan membantu menyembuhkan gusi. Batasi juga konsumsi makanan olahan yang mengandung gula dan pati. Sebab, bakteri mulut berkembang pada makanan manis. 

Simak juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara membersihakan tartar
  • cara mengatasi plak dan tartar pada gigi
  • cara menghilangkan plak dan tartar pada gigi
  • menghilangkan tartar
  • Menghilangkan tartar higi
  • tartar gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *